CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e37428fa72768374d4d0bf0/dilanjutkannya-baton-estafet-kehidupan-oleh-para-mamalia---part-10-paleogen

Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen

Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen

*semua gambar yang tercantum bukan punya ane yak, sumber2nya ane taro di akhir thread

Kalo belum baca part 0-9, disarankan dengan sangat agan2 untuk ngebaca part2 tersebut biar nyambung.emoticon-Angkat Beer

Spoiler for Part2 sebelumnya:


Setelah horornya MEE kelima di akhir Kretaseus aka K-Pg Extinction yang ngeludesin 75% spesies makhluk hidup, termasuk seluruh dinosaurus non-avian, pterosaurus, dan aneka reptil laut, dimulailah halaman kehidupan baru. Sebuah halaman besar lain yang berupa kertas sejarah kosong, yang saking kosongnya, cerita dari goresan2 pena fosil selanjutnya ini bisa terkesan beda banget dari masa sebelumnya.emoticon-Belo

Yak, sama kayak halaman pembuka dimulainya Triasik, masa ini emang udah dimulainya sebuah era baru gan. Dan hmm.. kalimat2 pembuka ini pun kayaknya bisa aja sih copas dari Triasik.emoticon-Shutup

Yah, inti pokoknya.. welcome to the new era. Suatu era lanjutan dari baton estafet flora-fauna yang selamat dari Mesozoikum, di mana kali ini kita juga ikut andil di dalamnya. Be hold agan-agan sekalian.. (sfx: drum sound) Kenozoikum!emoticon-Selamat

Masa pertama dari era terakhir ini dinamai Paleogen gan, yang mulainya dari 66-23 juta tahun yang lalu. Oke, bentar. Buat yang mungkin kelupaan sama pembagian waktu geologi, bisa baca spoiler di bawah dulu.
Dan btw, sekarang zaman prasejarah the series ane singkat aja jadi zpts biar lebih.. ya singkat.

Spoiler for geologic_time_scale_complete_fixbanget:


Paleogen... Ngesampingin dulu terkenalnya periode ini dengan perkembangan pesat mamalia, Paleogen merupakan masa saat bumi paling anget dari pada 2 periode setelahnya gan.emoticon-Belo Yak, jadi Ice Age-nya Manny, Diego, dan Sid masih belum terbentuk sampe akhir periode ini.
Dan btw ane bilang anget di sini itu artinya emang beneran anget banget. Bisa diliat, hampir keseluruhan daratan saat itu beriklim tropis. Gurun jarang, es di kutub pun gk ada.

Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen


Pemecahan benua terus berlangsung gan. Kalo diusut dari periode sebelumnya, Australia dan Antartika udah putus, Afrika sama Amerika Selatan udah cerai, dan kumpul kebonya benua2 atas mulai bubar.
Oh iya, ngelanjutin kehangatan yang barusan ane bicarain, sebuah peristiwa di awal Paleogen yang disebut Paleocene-Eocene Thermal Maximum (PETM) terjadi.emoticon-Belo
Sesuai namanya, ada termal2nya gitu, terjadi peningkatan suhu dengan cukup drastis dalam waktu yang 'lumayan' singkat gan. Terukur, kisaran peningkatannya dari 5 sampe 8 derajat selama beberapa puluhan ribu tahun peristiwa ini terjadi. Bahasa modernnya global warming lah.

hehe. Tapi tenang. Pemanasan bumi ini gk separah yang kita buat. Penyebab global warming terburuk masih ada di tangan spesies kita. hehe.

Meanwhile..

Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen


Gk kayak kehebatan kita dalam merusak bumi, peningkatan suhu ini malah lebih ke jalur positif gan, yakni ngebuat seluruh daratan punya iklim yang bisa dibilang  konsisten nan sama.emoticon-Add Friend (S) Alhasil, daratan2 tersebut secara keseluruhan hampir dipenuhi hutan hujan tropis. Bahkan di kedua daerah kutub, suhunya bisa 23 derajat C (suhu umum kamar agan) dan perairannya 20 derajat C.
Like, woah.emoticon-Amazed
Bayangin dah.. liburan, berenang di pantai tropis Antartika. Trus kalo bosen, bisa neduh masuk ngejelajahin hutan hujan tropis dengan aneka flora-fauna di dalamnya. Mantap dah.emoticon-Belo Time-travelable banget.

Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen


Next, let's talk about life.
Hmm.. Btw menurut agan apa aja sih yang paling bisa dikaitin dengan iklim tropis?

Tumbuhan hijau pastinya, kan.

Salah satu contohnya ya hutan hujan tropis di Antartika yang barusan ane bilang.
Iya.
Daerah yang kita kenal sebagai habitat dingin penguin dan beruang kutub aja dipenuhi tumbuhan hijau pada masa ini.emoticon-Belo Dan di daerah dingin lainnya, bagian atas2 kayak Arktika, Greenland, dan Kanada, pun ditemuin banyak fosil tumbuhan hijau kayak paku-pakuan, pinus, dan yang di part sebelumnya ane singgung, ginkgo.

Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen
Fosil ginkgo di batuan Paleogen


Untuk para fauna, reptil2 alumnus KPg kayak buaya, uler, sama kura2 ikut berkembang dengan sangat baik di iklim ini gan.emoticon-Add Friend (S)

Namun sayangnya, ketenangan dan keindahan daratan Paleogen tidak berlaku sama di lautannya. Emang sih, di bagian kutub perairan anget2 enak layaknya kolam renang jam 3 sore. Tapi semakin ke bagian tengah, air laut bisa sepanas hape pas lagi main mobel lejen. Belum lagi banyaknya gas penyebab global warming aka co2 yang ngebuat air jadi asam.
Alhasil, koral2 yang gk tahan sama asam tersebut banyak yang hilang jejak fosilnya, diikuti juga keluarga pencuri resep kraby patty yang gk tahan air bersuhu segini.emoticon-Berduka (S)

Big F for Paleogene's planktons.

Eittss.. Meski begitu, koral2 di Paleogene bisa digantikan oleh seagrass.
Iyak.
Rumput laut.emoticon-Peace
Ehm. Emang gk sebagus koral sih. Tapi boleh lah. Seenggaknya jibunan rumput laut di laut Paleogen ini bisa jadi hiburan buat agan2 yang diver.emoticon-Peace

Oke, selesai ngebahas kehidupan di masa ini in a nutshell, mari kita mulai aja sesi perkenalan bintang tamu Paleoge-

"Lah, woi, ini mana cerita perkembangan mamalianya?! Nunggu setahun biar tau perkembangan pesat nenek moyang para mamalia, eh malah gk diceritain!!!"

Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen


Ampun2.emoticon-Peace
Oke. Sesuai judul, yang bahkan gk usah dikasi tau juga, mamalia2 kecil mantan pejuang Kretaseus berkembang sangat pesat dari periode ini gan.
Sangat2 pesat.emoticon-Add Friend (S)
Kuda, badak, babi, kelelawar, dll2. Dan tentunya juga keluarga besar kita, primata, berkembang dengan sangat2 baik di dataran yang telah lepas dari kuasa para dinosaurus.emoticon-Add Friend (S) Gk cuma itu, lautan pun yang dulunya ditirani oleh bangsa mosa, juga mulai dihidupi oleh para mamalia gan. Bisa nebak kan apa?
Platypus.
hehe.
(digebukin lagi)

Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen


Para cetacean bisa berenang dan lompat2 di lautan, bahkan bisa jadi hewan paling gede sepanjang sejarah, karena di masa ini, seekor mamalia imut segede kambing kurban nyoba peruntungan di perairan gan.emoticon-Belo Dan ya, tentu aja kekerenan para mamalia perenang ini bakal ane ceritain di thread khusus, bonus part ini.emoticon-Angkat Beer

Oh. Dan berkurangnya para plankton tadi, gk ngebuat kehidupan di lautan bener2 kosong tentunya. Hiu salah satunya dan keluarga cumi2 salah beberapa lainnya masih dengan keukeuh ngisi rantai makanan lautan pasca KPg.emoticon-Add Friend (S)

Kemudian tak lupa juga penguasa angkasa. Yang bukan lagi reptil terbang kayak Pteranodon dan Quetzalcoatlus, melainkan para nenek moyang burung kuntul dan burung pentet lah yang mulai terbang di atmosfer Paleogen. Diikuti juga wakil dari mamalia, You-Know-Who (apaan dah, kayak voldemot aja), mulai ikut mengepakkan sayap di udara.emoticon-Belo
Yaps, kelelawar/kalong/apalah.

Hmm.. oke. Cukup lah ya trailer-nya. Mari kita bahas secara intens guest-star2 hangat di masa hangat ini.

1. Otodus
Spoiler for hiu purba is bacc:


Tradisi hiu purba sebagai angka pembuka ane lestariin lagi nih.emoticon-Malu (S) Hmm, but..
Rupanya tradisi para hiu purba unik nan gokil berhenti gan. Terakhir si gigi gerinda Helicoprion di Permian.emoticon-Berduka (S) Mulai masuk Meso sampe sekarang, hiu2 makin normal aja dah.

Back to the laptop. Kehebatan hiu yang sebelumnya sampe bisa berkompetisi sama preman2 reptil laut, kayak si Mosa, masih berlanjut gan. Ditambah dengan masih bertahannya hiu dari KPg jelas2 ngebuktiin kalo keluarga besar ikan ini emang super dah.emoticon-Add Friend (S)

Di awal2 Paleogen, lautan bisa dibilang masih sepi banget gan, kayak shaf masjid pas subuh. Dan kekosongan ini dimanfaatin dengan baik oleh para survivor, yang salah satunya Otodus. Dengan ukuran sampe 9 meter dan gigi hampir dua kalinya hiu putih, laut bagaikan prasmanan dah bagi hiu ini.emoticon-Takut (S)

Tapi......... Menjelang akhir Paleogen, kuasa Otodus perlahan kendor juga. Yak, pastinya karena adanya saingan yang lebih superior yang tidak lain sepupunya sendiri yang lebi-
Eh, keceplosan.emoticon-Shutup
Hmm, lanjut nomer 2.

2. Enchodus
Spoiler for ikan saber:


Ukurannya cukup mini sih kalo dibandingin sama Otodus dan eyang2nya di Kretaseus. Tapi jangan salah gan, Enchodus merupakan salah satu alumnus Kretaseus yang masih hidup sampe pertengahan Paleogen.emoticon-Belo
Keliatan jelas di gambar, hal unik yang jadi andalan Enchodus yakni salah dua giginya yang ngebuat ikan ini punya julukan.. Ikan saber-tooth.

Gigi ini spesialis buat nangkep mangsa sekali serang gan, sesuai namanya yang punya arti gigi tombak. Yah, meski dengan ukuran segini dia masih jadi santapan ikan2 gede di Kretaseus, beralih ke Paleogen awal pangkatnya naik jadi predator atasan.emoticon-Add Friend (S)

3. Boverisuchus
Spoiler for buaya pecicilan:


Gk kayak si Otodus yang ngelanjutin jalur buyut2nya dengan ukuran bongsor, Boverisuchus aka Pristichampus (nama lamanya) ngecilin ukurannya gan. Bandingin dah sama para supercroc Meso, si Sarco dan Deinosuchus. Jauh.emoticon-Belo

Dan gk cuma dalam hal ukuran. Boverisuchus ini bisa dibilang.. salah satu rebel di klan buaya. Sepenuhnya hidup di darat, coba deh liat baik2 lagi gambarnya gan. Boverisuchus punya kaki cukup panjang dengan kaki belakang yang lebih panjang dari depannya, dan keduanya ini bisa berdiri tegak dengan dasar.. kuku (hooves), yang umumnya cuma ada di mamalia kayak kuda dan sapi.

Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen


Jadi layaknya kuda dan sapi juga, kedua kaki si Boveri ini dimungkinkan buat lari kenceng. Yah.. meski nyeleneh, tetep serem juga sih ngebayangin buaya bisa lari sekenceng kuda.emoticon-Takut (S)
Dan ada lagi. Gigi Boverisuchus juga gk kayak buaya pada umumnya. Kalo buaya biasa mengerucut tajem aja (buat nyengkram mangsa terus dibawa ke air), gigi2 Boverisuchus tajemnya lebih kayak hiu, tipis (buat ngelukai mangsa). Wah, boleh nih. Nihilnya kenyelenehan hiu purba digantikan sama buaya purba.emoticon-Ngakak (S)

4. Carbonemys
Spoiler for sesepuh asli tmnt:


Masih dengan reptil, klan bercangkang juga masih ngelanjutin ukuran gedenya gan. Meski gk segede moyang Kretaseusnya yang hidup di laut, si Archelon, Carbonemys setidaknya masih bisa membanggakan dengan rahang kuatnya.
Yak, saking kuatnya, Carbonemys sangat mungkin jadi karnivora gan. Bahkan mangsanya bisa para buaya 1-2 meteran.emoticon-Takut (S)

5. Titanoboa
Spoiler for aktor tulen pelem Anaconda:


Ehm. Oke. Salah satu yang cukup terkenal nih.emoticon-Add Friend (S)
Di awal2 ane bilang beberapa kali kalo iklim di Paleogen itu anget. Nah, keangetan ini tentunya ngebuat hewan ektoterm kayak reptil darat, apalagi saat itu makhluk darat cuma tersisa beberapa persen aja, kembali nemuin sinarnya.emoticon-Belo Salah satunya ya si Carbonemys tadi yang bisa segede itu.emoticon-Amazed

Dan yang satu lainnya ini sinarnya terang banget. Be hold! Ular terbesar sepanjang sejarah, Titanoboa.emoticon-Belo

Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen


Lagi2 gk bosen2nya ane ngomong, rantai makanan yang sepi ditinggalin para dino ngebuat predator Paleogen jadi super dah gan.emoticon-Belo Bersama Gigantophis yang hidupnya lebih belakangan, ular tipe constrictor (tukang lilit) jadi makmur nan obesitas di masa ini.
Cara makan sampe struktur tubuh Titanoboa 11 12 sama anakonda dan piton,.11 11,5 malah. Bedanya cuma ukuran yang bikin geleng2 kepala.emoticon-Amazed 13 meter! Mangsanya pun jadi beraneka banget, bahkan termasuk si Carbonemys.emoticon-Takut (S)

Ngelebihin limitemoticon-Nohope
Lanjutannya di bawah yak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjezzt dan 24 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
6. Inkayacu

Spoiler for (insert 'Kowalski, tafsir' meme):


Dinosaurus avian yang sukses bertahan dari kejamnya KPg jadi mulai beragam gan di Paleogen. Hmm.. meski keberagamannya yang satu ini agak gimana ya..

Dari pada punya skill terbang yang mainstream di kalangan aves, Inkayacu ini lebih milih jadi perenang handal gan. Yak, sesuai wujudnya dalem gambar, mulai dari paruh sampe sayapnya, Inkayacu merupakan penguin purba.emoticon-linux2 Dan lagi2, ukurannya ini bisa dibilang cukup bongsor dibanding penguin Antartika di zaman sekarang.emoticon-Belo

Ada satu hal unik yang ngebuat Inkayacu ane masukin list guest-star dari pada yang tertua atau yang terbesar, yang tiga2nya ini sama2 hidup di Paleogen. Bisa tau sendiri gk dari gambarnya?emoticon-Ngacir

Yaps, fosil bulu Inkayacu nunjukin kalo warna badannya coklat kemerahan gan.emoticon-Belo Dan ini nyimpulin kalo warna hitam putih khas penguin yang kita kenal sebenarnya baru2 ini aja diinovasikan. Yang fyi buat kamuflase di wilayah putih Antartika. Istilah kerennya countershading.

7. Tsidiiyazhi

Spoiler for lovebird purba:


Bisa gk sih agan2 ngebayangin kalo dino Meso yang bisa sesuperior T-rex bisa berakhir punya cucu kayak ayam?

Gk perlu jauh2 sampe puluhan juta tahun, keberagaman bangsa burung di masa ini udah ngerubah klad dino yang terkenal garang jadi imut2 lucu.emoticon-Kiss (S) Hidup di awal Paleogen, perkenalkan, salah satu lovebird tertua, Tsidiiyazhi. Infonya gk terlalu lengkap. Yang pasti ukurannya gk beda jauh dari burung emprit dan makannya gk segarang burung elang.
Btw yang penting, namanya ini imut max, artinya burung kecil pagi.emoticon-heart

Ane gk tau istilah Indonya apa, Tsidiiyazhi tergolong mousebird gan. Mungkin agan2 yang suka burung bisa ngasi contoh burung modern yang masuk golongan ini.
I mean, genuine birds, literally.

8. Icaronycteris

Spoiler for engkongnya batman:


Nemenin para burung, seekor mamalia mungil ikut ngepakin sayapnya gan.emoticon-Add Friend (S) Icaronycteris merupakan salah satu kelelawar purba yang ngebuka jalan bagi nantinya para codot makanin mangga mateng.
Meski ada yang lebih primitif, Icarnycteris punya hal yang ngebedainnya dari kelelawar modern, kayak gk adanya lapisan kulit di antara kaki. Di samping itu, bloatware khas kelelawar kayak skill ekolokasi dan tidur kebalik kemungkinan udah dipunyai Icaronycteris ini.emoticon-Add Friend (S)

9. Enaliarctos

Spoiler for bukan otter purba:


Balik lagi ke laut.
Wah, kayaknya laut Paleogen nyaman banget dah. Barusan penguin, sekarang mamalia.emoticon-Belo
Bukan2, keluarga lumba2 sama paus gk dibahas di sini. Kenalin gan, Enaliarctos, embahnya para singa laut, walrus, dan anjing laut, atau bahasa taksonnya pinniped.emoticon-Add Friend (S) Masih berenang make keempat kaki, Enaliarctos ini kayak Pakicetus sama Ambulocetus-nya pinniped (sekalian teaser cetacean di thread bonus nanti, biar penasaranemoticon-Big Grin). Tapi selebihnya, kemampuan khas pemburu perairan kayak kumis sama kuping yang bekerja baik di bawah air udah ada di Enaliarctos.emoticon-Add Friend (S)
Untuk info ukuran gk ane temuin, maap.emoticon-Nohope

10. Uintatherium

Spoiler for absolutely alien..:


Bayangin agan ketemu hewan berbadan kuda nil dengan ukuran super, bertanduk kayak badak tapi kecil2 nan tumpul, dan dua giginya panjang layaknya Smilodon.emoticon-Amazed Uintatherium, mamalia herbivora bongsor yang bisa dibilang.. aneh banget.emoticon-Nohope

Kalienan wujud Uintatherium ngebuatnya susah mau dimasukin kemana dalam taksonomi gan. Ada yang bilang badak purba, ada juga yang bilang golongan ungulate (mamalia yang berdiri pake kuku, kayak yang ane singgung di boveri tadi), meski gk diketahui juga kesamaan ini hewan sama anggota2 grup tersebut.emoticon-Nohope

Skip dah. Mending ngebahas keunikan bloatware2 campuran Uintatherium. Pertama 3 pasang tanduk nyelenehnya. Bentuknya gk runcing, jadi diyakini ini cuma buat caper atau adu antar jantan. Lalu kedua gigi Smilodonnya. Uintatherium itu herbivora, jadi diyakini..
(ngecep ulang skrip)
juga cuma buat kontes antar jantan.

Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen

Hmm.. Okay. That's it. I'm out.


11. Paraceratherium

Spoiler for kuda super bongsor:


Next ada Paraceratherium.
Huhh.. Oke, kali ini cukup jelas. Dan cukup enak juga buat dibahas.emoticon-Nohope
Pertamatama, dari penemuan fosil tengkoraknya, Paraceratherium diyakini mirip banget sama badak tanpa cula gan. Yak, maskot minuman penyegar ini awal2nya emang gk bercula. Dan bentuk tubuh Paraceratherium ini pun teradaptasikan buat lari, jadi lebih mirip kuda.
Ehm.emoticon-Nohope

Oke, terus keduadua, berdiri dengan empat kaki setinggi 5 meter dari ujung kaki sampai ujung kepala, Paraceratherium sampe sekarang megang gelar sebagai mamalia darat terbesar sepanjang sejarah gan.emoticon-Belo As a note, mamalia herbivora di Paleogen umumnya pencari nafkah tanaman2 bawah.
Paraceratherium, beda.
Ngembangin kaki tinggi, badan bongsor, dan leher panjang buat makanin dedaunan pohon2 tinggi yang bejibun, Paraceratherium jadi satu2nya kaum petinggi di dataran Paleogen.emoticon-Add Friend (S)

12. Miacis

Spoiler for another tikus lead the world:


Herbivora nyeleneh bin ajaib udah, yang terbongsor pun juga udah. Sekarang masuk para pemangsanya. Kenalin agan2 sekalian.. Miacis, leluhur dari para Carnivora.emoticon-Add Friend (S)
Ehm. Jangan cuma ngeliat ukurannya aja lo. Tau sendiri kan, si Paraceratherium bisa segede itu dari makhluk segede tikus juga.

Oh, btw.. (C)arnivora ini beda dari (k)arnivora (inggrisnya carnivore) gan. Karnivora itu julukan hewan yang makan daging, sedangkan Carnivora itu nama ordo spesifik dari mamalia berplasenta yang 'umumnya' karnivora.
Poin penting yang perlu diingat, gk semua mamalia karnivora tergolong ordo Carnivora.
Lanjut.

Mirip juga kasusnya kayak Megazostrodon sebagai mamalia pertama, Miacis sebagai pionir masih punya masalah buat masuk ordo eksklusif Carnivora ini gan. Alasan utamanya karena gigi2 Miacis masih 44 total di mana para Carnivora umumnya cuma kurang dari 30 puluhan.
Tapi balik lagi. Sebagai leluhur, dia lah makhluk yang ngebuat mamalia2 predator umum saat ini ada.emoticon-Add Friend (S) Termasuk para koceng oren ganas.

Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen
Umm.. I can explain


13. Hyaenodon

Spoiler for bos preman:


Tadi predator imut, sekarang top tier-nya. Yang lumayan terkenal juga nih kayaknya, Hyaenodon.

Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen


Tengkorak gede dengan gigi tajem yang spesialis potong memotong merupakan dua aspek penting alasan Hyaenodon memuncaki rantai makanan Paleogen gan.emoticon-Takut (S) Gabungan dua hal tersebut ngebuat gigitan Hyaenodon singkat cerita horor dah. Banyak banget ditemuin korban2nya yang berupa fosil tengkorak berlubang yang lubangnya ini cocok dengan gigi ni hewan.emoticon-Takut (S)

Diam2 mematikan jadi metode berburu Hyaenodon. Bukan dengan lari2 ngejar mangsanya, Hyaenodon ini lebih milih serangan tiba2 yang sekali sikat mokat. Ditambah penciumannya yang diyakini setajam bangsa kucing, gk heran dah Hyaenodon bisa dibilang jadi singanya Paleogen.emoticon-Takut (S)

Btw fyi, dengan arti nama gigi hyena, Hyaenodon gk ada hubungannya sama hyena sama sekali gan.emoticon-Shutup

14. Entelodon

Spoiler for babi savana:


Di pertengahan Paleogen, suatu golongan pesaing Hyaenodon muncul. Klannya ini punya nama yang cukup badass btw, hell pigs.emoticon-Belo Salah satu di antaranya bernama Entelodon. Dan ya, wujudnya kayak babi hutan, tapi dengan ukuran lebih super dan tengkorak lebih serem.

Eh, tapi ngomong2 gk pesaing Hyaenodon juga sih.emoticon-Big Grin Dari susunan giginya, diyakini para anggota klan ini bukan karnivora murni gan, lebih ke omnivora lah. Tapi2, dengan ukuran segede ini, Hyaenodon tentunya mikir dua kali buat jadiin Entelodon makan malam. Belum lagi gigi seremnya, yang tentunya gk dibuat pajangan doang.emoticon-Takut (S)

And another btw fyi, meski berwujud babi hutan dan punya julukan yang babi banget, Entelodon gk terlalu berhubungan sama keluarga besar babi, tapi lebih berelasi ke kuda nil.emoticon-Shutupemoticon-Shutup

15. Hoplophoneus

Spoiler for Smilodon kw:


Selanjutnya ada Hoplophoneus (beneran dah, ini namanya susah batemoticon-Nohope) yang juga termasuk mamalia predator yang baru join di pertengahan Paleogen. Beda dari punyanya si alien Uintatherium, gigi saber Hoplophoneus ini bener2 buat nusuk mangsa ya gan.emoticon-Nohope

Meski lebih slim, metode berburu Hoplophoneus gk beda jauh dari  Hyaenodon. Sama2 ngandelin diam2 hap.emoticon-Takut (S) Tapi ya.. pasti dengan ukuran slimnya ini, keleluasaan Hyaenodon buat milih menu mangsa gk bisa didapetin Hoplophoneus.

Anotheranother btw fyi, apa dia ini keluarganya Smilodon?
Hehe, bukan. Smilodon dkk. masih lama munculnya. Hoplophoneus tergolong grup nimravids gan, atau lebih dikenal sebagai kucing saber-tooth kw (lmao).emoticon-Shutupemoticon-Shutupemoticon-Shutup

16. Hyracotherium

Spoiler for bukan karakter my little pony:


Guest-star mamalia predator abis. Sekarang masuk ke.. mangsa yang paling sering jadi korban.emoticon-Berduka (S)
Kejem bat ane yak.emoticon-Ngakak (S)

Tapi bentar. Kesampingin bentar fakta tesebut dulu, Hyracotherium ini imut banget omg.emoticon-Kiss (S) Kalo masih hidup sampe sekarang dijamin dah keberadaannya bakal sepopuler anjing sama kucing. Ane sendiri pertama liat gk nyangka banget kalo buyutnya kuda bisa semungil dan seimut ini.emoticon-Kiss (S)

Lanjut. Yah.. meski dengan ukurannya ini ngebuat Hyracotherium jadi sasaran terempuk para predator Paleogen, diyakini ukuran otaknya yang relatif besar ngebuat Hyracotherium cukup cerdas gan.emoticon-Add Friend (S) Dan di sisi lain dari punya ukuran mini yakni speed dan agility-nya tinggi. Jadi pastinya lebih gampang lolos dari terkaman Hyaenodon atau Hoplophoneus.

Btw ada yang kangen sama si Dicynodon?emoticon-Malu (S)

17. Aegyptopithecus

Spoiler for pitekus has come:


Angka penutup diisi sama pitekus2. Tidak lain dan tidak bukan.. (sfx: drum sound) primata purba. Muncul di akhir2 Paleogen di daratan Mesir (Egypt), Aegyptopithecus merupakan salah satu primata pertama yang wujudnya udah keliatan monyet banget gan.emoticon-Malu (S) Bisa dibilang Aegyptopithecus ini juga merupakan pionir golongan Old World Monkeys yang kita termasuk di dalamnya.emoticon-Add Friend (S)

Gk kayak monyet yang kita kenal, tangan dan kaki Aegyptopithecus cukup pendek, jadi gk sepecicilan monyet modern. Tapi meski begitu, rangkanya diyakini udah cukup kuat buat cengkram-mencengkram. Jadi kemungkinan besar hidupnya udah arboreal (hidup di hutan), manjat2in pepohonan, makan2in bebuahannya.emoticon-Add Friend (S)

Spoiler for honorable mentions:


Setelah PETM mencapai puncaknya, suhu bumi menurun dan terus menurun sampe akhir Paleogen gan. Pendinginan iklim berangsur2 ngegantiin daratan hutan hujan jadi daratan rumput. Perubahan ini ngebuat banyak herbivora punah.emoticon-Berduka (S) Terutama yang udah terlalu nyaman bisa makanin tumbuhan biasa, gk bisa nyerna rumput yang strukturnya lebih kasar.
Dan tentunya ini berantai sampe ke predator. Hyaenodon spesialis mangsa memangsa pun juga jadi salah satu yang nyerah, menyisakan predator2 yang makanannya lebih dinamis kayak si babi Entelodon.emoticon-Berduka (S)

Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen


Dari titik terpanas di pertengahan Paleogen, pendinginan beruntun yang cukup lama sampe akhir periode ngebuat iklim beda banget gan. Dan yak, rentetan 'Ice Age' terakhir yang kita kenal sekarang dimulainya dari sini.emoticon-Belo

Ada beberapa spekulasi yang jadi alesan penurunan suhu setelah PETM di titik tertingginya gan, yang bahkan sampe2 ngebentuk es di daratan kutub lagi.emoticon-Belo Salah satu yang ane pilih yakni karena banyaknya bangkai tanaman paku imut bernama Azola. Tanaman air ini ditemuin bejibun di daerah Arktik yang anget saat itu. Karena cukup sensitif, perubahan iklim ngebuat tanaman ini mati berjamaah.emoticon-Belo
Jatuhnya bangkai2 Azola di dasar laut nyerap ton2an karbon. Yang hasilnya.. suhu bumi turun dengan cukup drastis.

Gk sampe MEE, dinginnya lautan dan daratan bumi ini ngehasilin peristiwa 'Grande Coupure' atau kepunahan skala kecil di pertengahan akhir Paleogen, yang beberapanya ane sebut barusan.emoticon-Berduka (S) Tapi di lain sisi, makhluk2 survivor canggih yang lebih adaptif selanjutnya bakal berkembang lebih baik. Uniknya, yang termasuk kaum minor di masa ini bakal berkembang baik di periode selanjutnya, Neogen. Termasuk juga kaum primata yang di akhir Neogen makin mirip aja sama kita2.emoticon-Add Friend (S)

Sekian sudah thread pertama selama setahun ini ane tulis. Buat agan2 yang nunggu update-nya, mohon maap banget yak dibuat nunggu lama.emoticon-Belo Dan sekaligus makasi banyak mau nunggu zpts ini. You guys are the best!emoticon-Add Friend (S)

Seperti biasa, kalau ada sanggahan, komentar, juga pertanyaan bisa langsung disampein di bawah. Gk ada pun dipersilahkan buat komen2 aja.emoticon-Big Grin Dan jangan lupa rate sesuai penilaian agan, serta share kalo menurut agan bermanfaat. Gweld chi..emoticon-Ngacir

Thanks to: ahmad_a (1cak)

Spoiler for Sauce (legit):

Spoiler for sumber gambar:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cryingbrutal dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh radcliffezky
weh balik lagi kemana ajah brew
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Tenggelem dalem kesibukan gan..emoticon-Nohope
Pas udah naik, ganti ditimpa kemalesan..emoticon-Ngakak

Yah.. Akhirnya balik ngelanjutin lagi dah ni.emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
wah wah jaman yang membingungkan, ada hyena bukan keluarga hyena, ada babi bukan keluarga babi emoticon-Ngakak (S)
anyway Purgatorius cocok banget bawain lagu metal emoticon-Metal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Untuk pertama kalinya ane gak kesiangan mampir emoticon-Gotta catch 'em all!
nyumbang gambar gan, sekalian nyumbang cendol emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen
Sumber
(Ane rekomen maksimal tuh blog buat cari sumber)

Boverisuchus di op kakinya kurang jinjit.


beberapa hewan cool yang ente kelongkap:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Spoiler for Trenggiling primitif:

Spoiler for Ikan-ikan Punk:

emoticon-Najis (S) G̶u̶m̶u̶h̶ ̶a̶n̶e̶ ̶k̶a̶l̶o̶ ̶r̶e̶k̶o̶m̶e̶n̶i̶n̶ ̶h̶e̶w̶a̶n̶ ̶a̶n̶e̶h̶ ̶M̶i̶o̶s̶e̶n̶ ̶b̶u̶a̶n̶y̶a̶k̶ ̶b̶a̶n̶g̶e̶t̶,̶ ̶s̶i̶s̶a̶n̶y̶a̶ ̶i̶n̶i̶ ̶a̶j̶a̶ ̶
edit: baru inget Miosen bukan masuk Paleogen emoticon-Hammer (S)
Spoiler for Kancil Kancil Miosen:


BTW Titanoboa katanya gak makan reptil gan, berdasarkan giginya mereka lebih sering makan ikan.

Ini kaskus kenapa sih kalo embed gambar dari luar gak muncul di previewnya, kan ane bingung gambarnya error atau nggak emoticon-Marah
edit2: ganti spoiler jadi quote biar gambarnya lebih keliatan, jangan kalah eksis sama TS emoticon-army
edit3: nambah sebecus dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hyperzectrooper
wah dah part 10 aja neh.
itu pas gurun gobi masih laut itu jaman apabya gan??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Ini dia yang ditunggu2. Saran aja gan, dijelasin jg tahun brp eksisnya tiap binatang yang disebut2in sm agan itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
threadserver dan 4 lainnya memberi reputasi
akhirnya dilanjut juga emoticon-Ultah emoticon-Ultah
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Quote:

Wah, baru tau nih.
Siap gan, mantep2 gambarannya..emoticon-cystg

Quote:

Giginya gimana gan?emoticon-Bingung
Bukannya constrictor itu gk terlalu ngandelin gigi? Jadi bentuk gigi pun kayaknya gk terlalu ngaruh ke diet mereka imo..

Plus, rasanya agak aneh aja gan kalo cuma makan ikan. Di daerah yang sama, reptil2 pada tumbuh bongsor dan makmur juga, terutama para buaya. Jadi main dish Titanoboa kemungkinan besar ya para buaya ini, yang lebih gampang dari pada kura2 jumbo kayak Carbonemys. Sedangkan di lain sisi, ikan air tawar agak seret kehidupannya, cuma sisa dari lungfish. Itu pun penemuan fosilnya seret juga. Cek..
Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen

Quote:

Legenda2 gurun gobi yang pernah makmur itu bukan sih gan?
Imho, kayaknya kemungkinan gurun gobi jadi laut di masa manusia udah muncul itu kecil banget deh gan. Efek tingginya himalaya terhadap itu daerah kuat banget.emoticon-No Hope
Tapi menurut geologis ada kok bukti gobi pernah lautan. Ditemuin fosil2 koral yanv lumayan banyak. Tapi itu jauh 400 juta tahun yang lalu, di jaman2nya ikan berbaju perang.emoticon-Jempol
Cek

Quote:

Ini pernah ane pikirin nih gan, di masa2nya dino, buat nguatin juga kalo para dino itu gk hidup di masa yang sama.
Tapi.. Ane pikir2 lagi nantinya bakal lebih rumit deh gan. Soalnya beberapa hewan itu gk terlalu jelas dari berapa sampe berapa juta yang lalu. Lebih jelasnya dari epoch ke epoch. Nah, di sini sendiri kan cuma ane jelasim sebatas periode. Biar gk terlalu ngebingungin aja sih.emoticon-Angkat Beer

Ada saran mungkin?emoticon-Nyepi

Quote:

Iya gan, bangkit dari kubur nih.emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
isu152 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post radcliffezky
Quote:

Ada papernya gan taun 2013, dikutip juga sama wikipedia (tapi si penulis gak ngasih gambar fosilnya).

"Cranial elements of Titanoboa possess unique features relative to other boids, including high palatal and marginal tooth position counts, low-angled quadrate orientation, and reduced palatine-pterygoid and pterygoid-quadrate articulations. These characters, combined with weakly ankylosed teeth in Titanoboa, are characteristic of piscivorous feeding ecology in extant caenophidian snakes. Preservation in the large-scale fluvial depositional environments of the Cerrejón Formation, combined with the recovery of associated fossils of large dipnoan and osteoglossomorph fishes, also suggests a dominantly piscivorous feeding ecology for Titanoboa, which is unique among living and fossil boids."
Head, dkk. 2013

Gak mustahil juga sih Titanoboa makan buaya ato mamalia, tapi Spinosaurus yg jumbo aja makan utamanya juga ikan kan (kebetulan makannya sama2 lungfish) emoticon-Big Grin

Ditunggu thread bonus 1 dan 2nya(atau mungkin 3) gan hehehe emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hyperzectrooper
Quote:

Nice gan. Ane nemu artikel aslinya, dan baru ane baca2 juga.emoticon-cystg
Mungkin ini lebih ke subjektif, tapi beneran.. tetep aja aneh imho.emoticon-Nohope
Ane paham buktinya jelas dari fosil gigi. Tapi ane coba ngambil bukti dari fosil2 di wilayahnya Titanoboa ini..

Pertama setau ane, ikan air tawar gk seberagam reptil di daerah Cerrejon, kampungnya Titanoboa ini. Uler kan makannya cuma sekali2 yak. Jadi buat menuhin kebutuhan otomatis langsung makan yang gede juga. Ikan di daerah tsb sendiri yang cukup gede ada sih, lungfish 3 meteran, gk tau namanya siapa. Tapi kedua..
Untuk uler constrictor, makan ikan juga gk segampang makan hewan darat. Maksud lebih gampangnya kalo yang darat2 kayak reptil kan bisa ditarik ke air biar cepet mati. Tapi kalo ikan, kayaknya unlikely dah dibawa ke darat. Jadi perlu ngambil resiko nelen hidup2.

Nah, ini juga ngikut ane gk terlalu setuju kalo agan ngebandingin sama Spinosaurus. Ya dari menu ikannya gk sebanyak Kreta sampe cara makan yang gk seaktif Spino.

Oh, ditambah juga.. Titanoboa punya saingan ketat kalo cuma makan ikan, si Acherontisuchus. Buaya gede yang diyakini piscivorous juga.

Tapi yah.. Bacotan2 ane ini berakhirnya jadi lebih ke subjektif sih...emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tridnya bagus, tpi nda sngup ane bcanya, nyicil dulu
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan radcliffezky memberi reputasi
kombek gan?
emoticon-Ngakak


akhirnya nih part lanjutan rilis.
emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan radcliffezky memberi reputasi
mantap neh yread kaya gini
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan radcliffezky memberi reputasi
asyik masi lanjut...

ntar balik ke part 8-9 dulu... lupa ceritanya soalnya...
emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan radcliffezky memberi reputasi
Jauh lebih besar dibandingkan dengan ukuran saat ini. emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan radcliffezky memberi reputasi
Lama kali lanjutanya bang
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan radcliffezky memberi reputasi
Quote:

Santai aja gan, dinikmatin. Jangan lupa kopinya.emoticon-coffee
Quote:

Jombi, bangkit dari pemakaman..emoticon-Ngakak
Quote:

emoticon-Ngakak
Iya si, hampir setahun..emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan jagotorpedo memberi reputasi
bljr sejarah si anaconda emng nyata ya gan
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan radcliffezky memberi reputasi
Mejeng dulu di tret sejarah purba emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan radcliffezky memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di