CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menengok Sulitnya Kehidupan Driver Ojol
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e36e1fff0bdb2759259c394/menengok-sulitnya-kehidupan-driver-ojol

Menengok Sulitnya Kehidupan Driver Ojol

Jakarta - Belum lama ini sekitar lima ribu driver ojek online (ojol) melakukan aksi di depan Kantor Kementerian Perhubungan dan Istana Negara. Salah satu yang menjadi tuntutannya adalah agar ojol jadi angkutan umum.

Ketua Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Igun Wicaksono ingin pemerintah mendorong agar DPR melegalkan ojol menjadi angkutan umum dalam undang-undang (UU).

"Kita mau minta legalitas payung hukum bagi ojek online. Revisi UU 22, pemerintah mendorong legislatif untuk melegalkan ojek online jadi angkutan umum," sebut Igun kepada detikcom, Rabu (15/1/2020).

Selama ini driver ojol mengeluhkan soal pengaturan kemitraan ojol. Driver meminta agar pemerintah dapat melindungi status mitra para driver. Pihaknya menegaskan bahwa mereka adalah pekerja, bukan cuma pembantu aplikator.

"Jangan mau kita dipecah belah aplikator. Kita mau mempertegas aturan kita sebagai mitra. Jangan mau kita diperas aplikator. Kita bukan jongos, kita pekerja," ungkap Ketua Umum Gaspool Lampung Miftahul Huda kepada detikcom.
Baca juga: Bukan Boros, Pendapatan Driver Ojol Memang Mepet Banget
Menurut Miftahul, selama ini aplikator selalu semena-mena dengan driver yang cuma jadi mitra. Salah satu bentuk kesewenangan aplikator adalah asal suspend kepada driver.

"Sampai saat ini belum ada aturan kemitraan makanya aplikator semena mena aja bikin aturan. Driver itu rawan di-suspend alasannya sistem sistem aja. Padahal kan suspend bikin pendapatan driver terputus," kata Miftahul.

detikcom pun melakukan reportase untuk mengetahui seperti apa kehidupan para driver ojol sebenarnya, hingga aturan-aturan apa saja yang dinilai merugikan pihaknya.

detikcom bertemu Maryanto (54), salah seorang pengemudi Gojek yang sudah berkecimpung sejak 2015. Mulai jadi driver ojol, Maryanto menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan pokok, bukan sampingan. Penghasilannya dirasa sudah cukup karena bisa mengantongi Rp 500 ribu/hari atau Rp 10 juta/bulan dengan keuntungan bersih.

"Kalau benar-benar gila nariknya bisa nggak pulang sampai tengah malam itu Rp 500 ribu (per hari). Dipukul rata saja sehari Rp 300 bersih. Dipotong buat bensin, makan, minum, anggaplah sehari Rp 300 bersih. Sebulan tuh Rp 9-10 juta dapat," kata Maryanto saat ditemui di daerah Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Namun sayang, cerita itu tinggal kenangan. Buka halaman berikutnya untuk tahu cerita lengkap kehidupan driver ojol.

https://m.detik.com/finance/berita-e...ospopular_list

Emang sedih gan nasib kami driver ojol jaman sekarang..
Maunya sih di jadikan transportasi nasional dan driver ojol dianggap jadi PNS

emoticon-Sorry emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
superkirik dan 17 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
Blenti, ganti kelja jadi pengamat aja.
emoticon-Baby Boy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
octars dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hidup memang sulit kawan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
Menurut ane ya
Kalo kerja udah 8jam per hari
Sebulan bisa dapet 4jt minimal
Udah cukup lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Balasan post adekgantengom
Pengen jadi PNS aja emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffreymaulana3 dan 7 lainnya memberi reputasi
Quote:


Up to you om.
emoticon-Baby Boy
profile-picture
profile-picture
juraganind0 dan ambarawan memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Quote:


Mantap betul Pak Huda ini. Setuju sekali ane. emoticon-Shakehand2

Pasti abis ini ada yang bilang, kalau ga suka, tinggal keluar aja. Pemikiran goblok ya begitu. Kalau cari kerja mudah dan pendapatannya gede dan layak, udah dari kapan taun pindah kale. Nyatanya pemerintah tidak memberikan kesempatan kerja dan penghidupan yang layak untuk masyarakatnya. Wajar rakyat melawan. emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

Posisi sekarang jelas enak di aplikator, ga enak di ojol. Yang untung banyak si aplikator, ojol kerja banting tulang setengah mati. Giliran tupo, makin susah. Kadang anyep. Gila emang aplikator ini memeras keringat para ojol. emoticon-Najis emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
mau aku jd pns emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
juraganind0 dan 2 lainnya memberi reputasi
makin hari makin banyak mau nya

11 12 sama buruhemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DevilGuardian dan 5 lainnya memberi reputasi
Emang mau plat motornya jadi plat kuning? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mantap ini Bhima Yudhistira emoticon-Shakehand2

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Balasan post adekgantengom
PNS kerja 8 jam / hari
Gaji enak sama dapat pensiun

Kami ojol hampir 24 jam / hari

Tapi gak bisa nabung buat biaya hidup

emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 7 lainnya memberi reputasi
Quote:


karena banyak juga yg mantan buruh. Udah kacau ini, semena mena drivernya. Penumpang gak ada yg iba. Tarif minta dinaikan terus. Penumpang lari yg disalahin aplikator
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


selama lebih banyak ojol daripada penumpang ya bakal gitu terus. Gojek Grab juga bilang ojol cocok dipakai sampingan aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
primegx dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh TryItFirst
Lihat 1 balasan
Balasan post aleet
Maunya sih jadi plat merah
Dapat gaji tetap dari negara dan gaji dari ojol juga

Kan kami driver ojol melayani masyarakat

emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


No one forced you to be ojeker, why not try other jobs?
emoticon-Baby Boy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jakompank dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post adekgantengom
Ya other job itu diangkat jadi PNS sekaligus jadi driver ojol
emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 4 lainnya memberi reputasi
jadi pembalap aje kaya Rossi kiri kanan cewe cakep kebut kebutan di bayar jarang di tilang lagi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
octars dan 7 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ikutan cpns gak om?
Kalo gak ikutan gimana bica jadi PNS?
emoticon-Baby Boy
profile-picture
juraganind0 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post TryItFirst
Nah itulah tanggung jawab pemerintah
Menjamin kesejahteraan hidup para driver ojol
emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
decodeca dan juraganind0 memberi reputasi
Balasan post adekgantengom
Ya langsung dengan diangkat aja
Cuma buat motor kami jadi plat merah terus jadi PNS deh
emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
juraganind0 dan simsol... memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di