CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Mamaku kok gitu ya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e36d353c9518b468508944d/mamaku-kok-gitu-ya

Mamaku kok gitu ya

Aku anak kedua laki2 yg baru saja masuk kuliah di universitas swasta di kota besar di jabar. Ayahku sudah tiada. Kakakku laki2 sudah bekerja. Adikku masih SD kelas 6. Ibuku tidak bekerja. Aku memandang kakakku sebagai seorang pahlawan, karena dia yg bertanggung jawab semenjak ayah tiada. Dia berjuang demi nafkah keluarga kami. Seorang diri. Aku pun tak bisa banyak membantu karena aku sibuk dengan kuliah. Dan ketika aku mencoba kerja part time, aku keteteran di kuliah. Sehingga aku memutuskan tak bekerja part time lagi. Jadi aku cuma bisa menghemat apa yg diberikan kakakku.

Aku masih tidak tau apa salahku sehingga ibu berperilaku sedemikian rupa sehingga kami bertengkar setiap hari hanya karena masalah sepele seperti karena barang beliau (headset) hilang dan menuduhku hingga mati2an. Dan aku pun masih minta beliau uang untuk kehidupan sehari2 ku sehingga mungkin karena itu beliau tak menyukaiku. Ibu tak pernah curhat padaku. Pun tak pernah menasihatiku. Seakan2 dia membiarkanku melakukan apapun. Its okay, jadi aku tak perlu mendengarkannya. Aku hanya minta saran kepada kakakku jika ada apa2.

Namun, dibalik itu semua aku benci melihat ibuku. Aku tau keluarga kami sangat kesulitan finansial setelah ayah meninggal. Tapi ibuku hanya bisa diam berpangku tangan tak melakukan apapun. Bahkan berjualan kecil2an pun dia tak mau. Pernah suatu hari dia membuka warung lele namun sepi pembeli hingga akhirnya dia menutup warungnya dan tak berjualan apapun lagi. Akhirnya kakakku yg baru lulus kuliah harus bekerja menafkahi keluarga kami. Ibuku setiap hari hanya mengantar adikku yg sudah kelas 6 sd ke sekolah memakai angkot, ikut pengajian, tidur, main ke tempat nenek, main ke tempat wisata bersama teman2 dan terkadang berwisata bersama adikku dengan dalih kegiatan sekolah. Dan biaya itu semua diminta dari kakakku! Dia tak melakukan pekerjaan produktif apapun untuk menghasilkan uang. Dia merasa itu semua tanggung jawab kakak aku. Dan setiap bulan dia minta jumlah uang yg tak sedikit ke kakakku. Aku respect sekaligus kasihan dengan kakakku 😭 Bagaimana bisa menjanda dan meninggalkan 2 orang anak yg masih membutuhkan biaya kemudian dia melepaskan tanggung jawab begitu saja kepada kakakku. Aku merasa ibuku menghambur2kan uang yg kakakku telah hasilkan dari jerih payahnya. Hingga sekarang kakakku belum bisa menikah karena kelakuan ibuku yg seperti itu. Dan ibuku merasa gengsi jika tidak membantu orang lain, dia gemar memberi orang lain dengan uang anaknya sendiri lalu dia meminta kakak lagi dan lagi. Padahal seingat aku, kakak pernah curhat kalau dia ga pernah merasakan kasih sayang ibu karena ibu sibuk bekerja dan kakakku selalu dididik oleh alm ayahku. Akupun pernah memergoki ibuku berbohong bahwa ia kecopetan hanya untuk meminta uang tambahan ke kakakku. Aku ga habis pikir punya ibu seperti dia. Hingga aku berfikir, kelak aku akan bekerja keras sehingga tak menyulitkan anakku. Bukannya untuk membahagiakan orang tua.
Bagaimana ya bisa ada seorang ibu seperti itu?

Quote:
Diubah oleh Sarisadina58
istighfar gan ,haduuuh,,jngan gtu sma ibumu,,


Tapi kok gan dithread lain agan cerita seakan2 agan tuh cwe ya? Judul thrednya "calon suami pelit",tapi thread sekarang ngaku anak laki2 baru msk kuliahsih,atau agan homo? emoticon-Takut (S)
Diubah oleh Nikolai666
Lihat 1 balasan
Balasan post Nikolai666
Bukan, bukan homo. Kami hanya 4 sekawan yg berbagi akun yg sama.
hmmm pendapat ane nih ya gan
nyokap ttplah nyokap sih gan, mo gimanapun hormatin aja, masalah jengkel pelan2 kondisiin hati ente, coba ajak ngobrol pas kondisi ente dan nyokap lg bagus mood nya
.
.
.
ente dan kk ente punya kapasitas hati yg beda. kenapa? kk ente yg bisa terus ngasih duit nyokap pdhl dari kecil kurang disayang nyokap. KK ente bisa jd punya prinsip atau dpt pelajaran diluar rumah ttg hal itu, toh yg namanya niat kk ente baik bahkab itu udah dianggap kewajiban ngasih nyokap buat KK ente, tinggal nyokap nya aja ngolah duit nya gmn. Yg penting ngasih, sisanya tersersah : mungkin itu prinsip kk ente juga emoticon-afro
Lihat 1 balasan
Balasan post dzacky239
Quote:


Thanks buat sarannya..
Quote:


Yogs. Kalo mo ask, komengin ... quot æ bray emoticon-afro
Lu beresin cepet kuliah yang bener, abis itu kerja
Dan jauh2 deh dari Ibu kamu, kalo masih deket racun tuh ibunya.

ya kamu harus kerja keras juga donk, jangan ngeluh aja
belajar cari duit tapi kuliah jangan keteter, jadilah pejuang tangguh

Gak semua syurga ada dibawah telapak kaki ibu
Yang dikakinya neraka juga banyak
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Laki kan?

Emang jurusan apa sampe keteteran klo sambil partime gitu? Part time nya dulu kerja apa?

Klo tau duit cekak kenapa malah masuk univ swasta? Kenapa ga negri yg cenderung lebih murah.

Kamu cuma nyalahin orang lain atas ketidakmampuan kamu sendiri.

Kalau kamu MAMPU bagi waktu.. kamu bisa tetap kerja part time utk bantu kakakmu.. kalau kamu MAMPU untuk jd pintar.. kamu bisa nyari beasiswa prestasi ataupun dulu bisa masuk negeri yg lebih murah drpd swasta.

Jadi?? Apakah kamu akan berjuang untuk jadi MAMPU? Atau cm akan menyalahkan ibu mu tanpa berbuat apa2 untuk membantu kakakmu?

Kamu laki kan?
Jadi anak laki donk...
simpan aib ibu mu, jaga aib ibumu.. bukan malah jadi sarana curhat apalagi sampe dibagi bagi ama 4 sekawan... lu cowo atau betina ?

ga suka sama sifat ibu mu ? doakan beliau... jangan malah ngarepin apalagi minta duit dari dia

sepintar apapun dirimu nanti, sekaya apapun dirimu nanti... percayalah tidak akan pernah bisa mengganti satu nafas ibumu menahan sakit ketika melahirkan mu


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di