CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Lubang Tambang di Lahan IKN, Wamen LHK : Bisa Jadi Atraksi Wisata
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e36b458facb953a9e23f860/lubang-tambang-di-lahan-ikn-wamen-lhk--bisa-jadi-atraksi-wisata

Lubang Tambang di Lahan IKN, Wamen LHK : Bisa Jadi Atraksi Wisata

Lubang Tambang di Lahan IKN, Wamen LHK : Bisa Jadi Atraksi Wisata
Presisi - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong mengaku akan mempercantik bekas lubang galian tambang di sekitar kawasan ibu kota negara (IKN) yang baru.
Rencananya akan ada upaya rehabilitasi terhadap bekas aktivitas tambang tersebut.

“Itu akan kita rehabilitasi, kita perbaiki. Itu bahkan bisa menjadi salah satu daya tarik ke depan, tapi kita perbaiki lingkungannya,” kata Alue Dohong usai menghadiri Pelantikan Dewan Adat Dayak Kalimantan Timur di Lamin Etam, Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (1/2).

Alue menyebut, lubang tambang adalah salah satu yang harus di rekayasa supaya menjadi hal yang positif bagi lingkungan hidup dan masyarakat.
“Bisa jadi sumber air. Bisa jadi atraksi wisata. Tapi kita tanami, kita rekayasa supaya lebih bagus,” katanya.

Dalam kunjungannya ke Kota Samarinda, Alue menyempatkan datang ke bekas lubang tambang yang sedang tahap perbaikan lingkungan. Lubang tambang ini akan jadi contoh bagaimana pengelolaan bekas galian lubang tambang yang sangat banyak di Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo telah mengumumkan IKN baru berada di kawasan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Kawasan itu disebut-sebut punya persoalan lingkungan. Salah satunya adalah tambang batubara.

Tambang batubara meninggalkan sejumlah masalah lingkungan seperti galian bekas lubang tambang yang dibiarkan begitu saja. Dampak sosial akibat aktivitas pertambangan juga dianggap belum tuntas hingga saat ini.


Sumber Berita :

https://presisi.co/read/2020/02/02/4...traksi-wisata
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan extreme78 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Seperti apa nanti hasilnya, ya diliat aja nanti
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Quote:


samarinda,tenggarong,samboja paling banyak galian bekas batubara bre...

Udah banyak makan korban pula kecemplung disanaemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Airnya emang bening tapi berbahaya berenang di sana. Very Axis airnya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Ya mudah²an nanti setelah direhabilitasi jadi baik dan aman
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
Cocok buat kolam....... Di isi amphibi....
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
msh bermasalah

emoticon-Cool
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


harusnya dari era gubenur awang udah di rehab tapi yaa gitu dah bre ...

Semenjak batubara down maka banyak pula lubang bekas galian yg di tinggal dan ini udah ada di era sby memimpin bre...

Bkn nyalahkan sby loh yaa tapi ke pemprov kaltim itu sendiriemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Quote:

Menarik juga informasi yang lu share, ya artinya bener² tau situasi daerah sekitar lu.

Ya semoga aja pemerintah sekarang dalam hal ini Kementrian LHK bisa bekerja sama dalam memperbaiki bekas lubang tambang
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
Quote:


berita di koran lokal sering memberitakan anak yg kecemplung di bekas galian batubara bre....
Karena tidak terurus lalu di genangi air hujan jadilah lubang air yg cukup dalam.emoticon-Cape d...

Lubang Tambang di Lahan IKN, Wamen LHK : Bisa Jadi Atraksi Wisata
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Banyak juga, memprihatinkan. Kalau sudah punya anak, dijaga dan diawasi anaknya
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
Quote:


biasa bre anak kecil kan kagak bisa liat dikiranya malah kolam renang...

Adapula pulang mengaji kepeleset jatuh kedalam...
Adapula yg kebakar juga bre emoticon-Cape d...

https://www.mongabay.co.id/2019/06/0...renggut-nyawa/

Ini bre rentetan peristiwanya dan sikap pemprov yg kejam emoticon-Cool
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Gue liat, lu care banget sama berita lingkungan hidup, ya nice informasi
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
Quote:


bukannya ane care ama LH bre...

Tapi terlalu banyak korban anak2 yg mati yg bikin ane gedeg breemoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Quote:


Oh gitu, KPAI lewat nih
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
Kita maksudnya negara? Jangan mau pak, peras csr nya, dulu kan ada juga perhanjian harus direhabilitasi kalau tambangnya selesai...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Harusnya ya
Reboisasi pihak yg dulu disitu

Banyak tempat yg bekas tambang malah bagus, tapi di hijaukan duli
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


mana ngurusin bre....kagak ada sensasi nya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Quote:


sebagai warga tetangga bre...emoticon-Cool

Kebanyakan itu ulah pengusaha batubara lokal yg bisa jadi udah bangkrut .
Pengusaha batubara lokal kemungkinan besar yaa punya korelasi kuat dengan petinggi2 di kaltim bre emoticon-Traveller
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Ho oh
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
ni kabinet kygni amat mikirnya
bkn kesejahteraan warga yg dipkirin.
tp "keliatan menyenangkan" ajaemoticon-Wkwkwk
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di