CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
Resensi Buku Pendidikan Karakter
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e367ee75cf6c4186b01da9c/resensi-buku-pendidikan-karakter

Resensi Buku Pendidikan Karakter

  Judul  : Pendidikan Karakter
Penulis : Ardius Prihantono
Penerbit : IREP
Tahun : 1, 2018
Tebal Buku : 302 Halaman
 
Pendidikan karakter adalah upaya mengembangkan potensi kalbu atau nurani atau afeksi peserta didik sebagai manusia dan warga negara yang memiliki nilai-nilai karakter; mengembangkan kebiasaan dan perilaku yng terpuji dan sejalan dengan nilai-nlai universal dan tradisi budaya bangsa yang religius; serta menanamkan jiwa kepempininan dan tanggung jawab peserta didik sebagai generasi penerus bangsa. Selain itu, pendidikan karakter bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik menjadi manusia mandiri, kreatif, berwawasan kebangsaan, mengembangkan kehidupan lingkungan sekolah sebagai linkungan
 
 
 
    << Bagi para pembaca, buku ini sangat penting untuk dibaca karena di jaman millenial sekarang ini, pendidikan karakter semakin sulit di temukan atau dipelajari. >>
Belajar yang aman, jujur, menyenangkan, penuh kreativitas, kebersamaan, inovasi, dan persahabatan. Kondisi pendidikan seperti ini sangat dibutuhkan untuk membangun bangsa Indonesia yang lebih maju dan beradab.
     Pendidikan karakter secra khsusus dipahami sebagai penguatan moralitas atau akhlak baik. Karakter yang baik mencermikan kecerdasan intelektual, yang juga ditandai oleh kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial. Pendidikan karakter bertujuan membentuk kepribadian yang peka terhadap kepentingan sosial sebagai wujud kemanusiaan. Pendidikan karakter memiliki misi profetik dan kemanusiaan, karena sesungguhnya kemajuan pembangunan terletak pada sejauh mana budi pekerti, ilmu pengetahuan dan akhlak mulia yang dikembangkan. Tugas setiap pendidikan adalah membangun karakter. Kegagalan dalam membangun karakter bangsa akan menjebak kehidupan pada kepentingan individual yang serakah, korup dan akhirnya disintegrasi sosial.
    Di era sekarang orang pintar itu banyak di Indonesia, tetapi orang yang jujur lebih sedikit. Dengan demikian yang terpenting adalah membentuk karakter dalam diri sendiri.
     Peresensi adalah Gifar Azmal Rusmana, pelajar SMAN 1 Pandeglang
 




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di