CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Driver Ojol Harus Tahan Banting, Ini Tantangannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e365e8788b3cb2a1234e263/driver-ojol-harus-tahan-banting-ini-tantangannya

Driver Ojol Harus Tahan Banting, Ini Tantangannya

Driver Ojol Harus Tahan Banting, Ini Tantangannya

Jakarta - Jadi Driver ojek online (ojol) punya tantangan tersendiri. Hubungan kerja yang bersifat kemitraan jadi tantangan tersendiri.

Berbeda dengan pekerjaan lain yang hubungan kerjanya berstatus karyawan, perlengkapan kerjanya disediakan perusahaan. Driver ojol yang berstatus mitra harus menyediakan sendiri seluruh perlengkapan kerjanya.

Bahkan pengemudi Gojek Maryanto (54) mengatakan, jika terjadi kerusakan pada alat komunikasi driver, pihak aplikator seakan tidak mau tahu. Tidak ada perhatian untuk dibelikan HP baru atau sekadar keringanan biaya untuk memperbaikinya.

"Kalau HP rusak nggak ada (perhatian). Mereka (aplikator) hanya memikirkan keuntungan sendiri," kata Maryanto saat ditemui di daerah Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Mirisnya, Maryanto pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan. HP-nya pernah jatuh saat sedang bekerja dan terlindas truk tanah. Tidak hanya itu, HP-nya juga pernah jatuh ke kali.

"Kalau HP jatuh dilindas truk tanah sekali, jatuh ke kali sekali," tuturnya.

Tidak ada perhatian dari aplikator, Maryanto terpaksa harus membeli HP sendiri dengan cara dicicil melalui Home Credit. Dia bilang, banyak driver ojol yang disetujui untuk kredit di lembaga finansial tersebut.

"Diganti (HP-nya) sama home credit. Datang ke WTC (pusat perbelanjaan), foto copy KTP. Kita ngajuin sendiri, kalau dari aplikator mah nggak ada (diganti)," jelasnya.


Pengemudi Grab Dadang (40) menambahkan, padahal selama ini para driver ojol memenuhi modalnya sendiri untuk bekerja. Mulai dari kendaraan, hingga alat komunikasi (HP).

"Driver itu kan modal sendiri. Dari motor, HP, semua sendiri," ucapnya.

Sumber : https://m.detik.com/finance/berita-e...rom=wpm_nhl_13


Pekerja kantor juga modal sendiri, hp, laptop, motor dll.

Ada fasilitas ambil hp dgn potong saldo harian juga, dapat hp dijual kembali ke hp lama emoticon-Hammer

Ambil jaket sistim cicilan potong saldo lsg dijual ke driver lain yg akun joki emoticon-Hammer

Ojol kalau tidak pilih pilih orderan masih banyak yg order, yang berkurang orderan trip pendek 9rban karena terlalu mahal
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan servesiwi memberi reputasi
Wah ya bener² kudu sabar dan kudu kuat jadi driver ojol
tantangan terberat ojol itu klo digoda sama siskaeee
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 2 lainnya memberi reputasi
Dibanting mah sakit gan emoticon-Mewek
Ga boleh sakit ga boleh mati, kalau sakit ya mati emoticon-Leh Uga
Soal ganti HP rusak menurut gue emang itu tanggung jwb masing2, karena byk orang govlok yg gua tau itu ga bisa take good care HP sendiri. Jatuh, kesengkat lagi charge, dll. Itu semua balik ke orangnya masing2 makanay. Enak banget kalo dibantuin rusak digantiin HP baru mlulu ntar jadi ngelunjak semuanya. HP lemot = banting = minta ke aplikator hardware baru.
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
yg belum disadari mungkin status ojol itu bukan karyawan tp mitra..
memang tidak akan sama fasilitas atau benefit spt karyawan.
tapi kadang penghasilan bisa lebih besar dr karyawan kok
profile-picture
loekirasiapa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
resiko pekerjaan emoticon-Cool
iklan terselubung
Jatoh ???

lah lu hape taro di spedometer
emoticon-Wkwkwk
yakin deh klo ada ojol ngomong gtu brarti dia gk pernah jdi karyawan kantoran
Balasan post leonosphire
Quote:


Setuju, makanya jangan bermental jongos yang cuma manut kemana mana sesuai orderan

Kalau sadar dirinya sebagai mitra, maka saat bekerja mengantarkan order/penumpang dia juga bisa sambil mencari celah usaha & menambah relasi, sah2 aja toh.
Klo masalah HP bikin geli, gw inget cerita ojol yg prnh cicil HP ke konter lewat kantor gojek. Kata tuh driver stlh dpt HP baru dia jarang narik gojek smpe saldonya minus. Klo pun narik katanya dia ambil semua saldo yg ada akhirnya konter HP ga bs ambil cicilan....

Katanya gara2 ojol yg begitu akhirnya kredit HP lewat kantor jd ga ada lg emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
Hebat nih fe ka es kalo kurang setoran bisa bikin gaduhnya luar biasa hampir di segala aspek

emoticon-Leh Uga
Quote:


Agree.
ojol cuma sambilan, pekerja wajib cari sampingan

ya, yg laris cuma di ojol ini, bisa bawa orang, anter barang ama makanan
rejeki ogah mampir kalo driver pilih2 orderan
sistim akan mencatat anda sebagai driver pemalas, next time orderan di alihkan otomatis oleh aplikasi ke driver lain yg lebih rajin narik nya
di kiranya grab gojek pusat gak tau gak ngeliat kelakuan kalian di lapangan ya? semua sudah dipantau scr online, trmasuk gerak gerik kalian
bahkan pas ente terima orderan, tapi gak langsung berangkat, nongkrong dulu mojok di warkop aja tau kok orang pusat
org org sepert itulah yg ngeluh hidupnya makin susah dan nyalahin ojek pusat, menuduh pusat ga peduli dsb

Driver Ojol Harus Tahan Banting, Ini Tantangannya
Lihat 1 balasan
Balasan post ronin1969
Driver2 jenis ini yg biasanya pakai hp yg di MODifikasi, pakai tuyul, stel jarak orderan yg masuk, jenis orderan apa saja yg bisa masuk, dan yg paling vokal ngomporin demo
Tukang demo terselubung
Hp bisa jatuh kelindes truk brarti dia nyetir smbil pegang hp , driver kek gini yg msti d musnahin . Hp jatuh salah sendiri minta ganti rugi aplikator kan lucu
saya mendukung inovasi teknologi.
namun hubungan kerja antara aplikator dg driver harus diperjelas.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di