CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Apa Iya Duduk Terlalu Lama Juga Dapat Menyebaban Kanker?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e364968dbf764351f747430/apa-iya-duduk-terlalu-lama-juga-dapat-menyebaban-kanker

Apa Iya Duduk Terlalu Lama Juga Dapat Menyebabkan Kanker?


Apa Iya Duduk Terlalu Lama Juga Dapat Menyebaban Kanker?

Duduk terlalu lama ternyata mempunyai efek yang buruk bagi kesehatan sebagaimana merokok, lho. Berdasarkan data penelitian dari CDC menyatakan bahwa sebanyak 25% orang dewasa di Amerika Serikat memiliki kebiasaan duduk terlalu lama. Dari hasil penelitian tersebut mereka juga menemukan bahwa orang Amerika Serikat menghabiskan sekitar 8 jam per hari waktu mereka dengan duduk. Para peneliti juga memastikan bahwa mereka telah mengukur hampir semua bentuk duduk orang, termasuk ketika seseorang duduk saat bekerja, di rumah, berkendara, atau sekedar bersantai dan mengobrol dengan orang lain.


Dalam sebuah penelitian lain, lebih dari 5.900 orang dewasa telah disurvey dan sebanyak 25% responden menyatakan bahwa mereka duduk selama 6-8 jam sehari. Data ini telah menjadi jawaban paling umum yang merujuk pada survey terlepas dari jenis kelamin yang juga menjadi hasil dari penelitian tersebut.

Duduk sering menjadi salah satu cara menikmati waktu bersantai setelah seharian lelah bekerja, yaitu dengan cara duduk sambil menonton tv atau sekadar membaca buku yang dapat membantu melepaskan stress dan meningkatkan kesehatan mental. Namun, terlalu lama duduk juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Satu tinjaun dari 43 penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan antara duduk dan penyakit kanker. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa orang-orang yang duduk selama lebih dari beberapa jam per hari mempunyai kemungkinan lebih besar mengidap penyakit kanker usus besar sebanyak 24% dan sekitar 32% lebih berisiko terkena penyakit kanker endometrial. Selain itu juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker paru-paru sebanyak 21%. Semua risiko ini memungkinkan terjadi tak peduli seberapa kuat olahraga yang dilakukan.

Tubuh kita menggunakan energy melalui tiga cara yaitu 1) membantu sel dalam melakukan tugas dasarnya 2) mencerna makanan 3) untuk bergerak (beraktivita sehari-hari). Sedangkan energy yang digunakan untuk aktivitas tanpa menggerakkan badan ilmuan sering menggunakan istilah NEAT (Non-Exercise Activity Thermogenesis). Oleh karena itu, jika kamu lebih banyak duduk, berarti kamu berhenti menggunakan energimu untuk aktivitas NEAT.

Aktivitas lain tanpa menggerakkan tubuh yaitu berdiri. Berdiri mungkin menjadi kativitas yang tidak nyaman karena akan membuat kita cepat merasa capek, tapi berdiri justru lebih baik untuk kesehatan. Jika dibandingkan dengan orang-orang yang lebih banyak menghabiskan  waktu bekerja mereka dengan duduk, maka mereka hanya mampu membakar kalori sebanyak 300. Sementara pada orang-orang yang lebih banyak berdiri saat bekerja, mereka lebih banyak membakar kalori hingga mencapai 1.300 setiap harinya.

Nah, untuk kalian yang tidak bisa melakukan pekerjaan dengan berdiri atau memang tuntutan pekerjaan yang mengharuskan anda bekerja sambil duduk, maka anda bisa menggunakan waktu 3 menit untuk membaca sesuatu sambil berdiri setelah duduk selama 1 jam. Jadi, kamu hanya cukup meluangkan waktu selama 3 menit berdiri sambil membaca setelah 60 menit duduk. Atau anda juga bisa melakukan peregangan otot yang berguna untuk merilekskan badan dan otot.

Diubah oleh fatinfa77
kantong kering yang jelas


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di