CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kayak Apasih Sistem Pendidikan di Korea Selatan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e36448d018e0d5555096cb0/kayak-apasih-sistem-pendidikan-di-korea-selatan

Kayak Apasih Sistem Pendidikan di Korea Selatan?



Kayak Apasih Sistem Pendidikan di Korea Selatan?

Sebagaimana yang kita tahu bahwa Korea Selatan merupakan salah satu negara maju yang berada di benua Asia dan tentu saja sistem pendidikan di sana menjadi salah satu dari yang terbaik di dunia. Bahkan, Korea Selatan pernah menempati peringakat pertama dengan sistem pendidikan terbaik di dunia secara berturut-turut pada tahun 2015 dan 2016.


Pada tahun 2015, pemerintah Korea Selatan menghabisakan dana sekitar US$ 43.1 miliyar hanya untuk pendidikan yang juga setara dengan 17% dari anggaran yang diberikan orang tua untuk pendidikan anaknya yaitu 37.3 miliyar dolar. Hal ini juga diprediksi akan meningkat menjadi 48.6 miliyar dolar pada tahun 2020.

Di Korea Selatan, guru dijadikan sebagai ‘pillar’dari sistem pendidikan. Sebab, mereka adalah sosok orang yang sangat dikagumi dan dihormati oleh masyarakat. Di Korea Selatan rata-rata siswa sekolah menengah di sana belajar selama 16 jam dalam sehari. Mereka biasanya mulai sekolah pada pukul 8 pagi hingga 10 malam. Sedangkan siswa sekolah dasar di sana belajar selama 5 jam dalam satu hari. Walaupun jam sekolah mereka terbilang pendek, tetapi mereka masih harus mengikuti pelajaran tambahan setelah sekolah, seperti matematika, sains, bahasa inggris, dan pelajaran yang lainnya. Beberapa orang tua juga mengirim anak-anak mereka ke beberapa sekolah yang ada pelajaran bahasa inggris, matematika, sains, menulis essay, piano, dan kaligrafi china. Sehingga total yang harus mereka habiskan untuk hal ini sekiar 1.700 dolar per bulan.

Di sana juga terdapat sistem rotasi sekolah bagi para guru yaitu setiap 5 tahun sekali. Bahkan, jika guru tersebut menyukai tempat kerja mereka saat ini, sekolah tersebut tetap akan menerima staff baru setiap 5 tahun sekali. Beberapa sistem juga telah dibuat untuk memberikan kesempatan yang sama kepada guru yang lainnya agar mereka pernah sama-sama merasakan pengalaman mengajar di sekolah yang baik dan tidak.

Mengenai masalah hukuman, di Korea Selatan hukuman secara fisik tidak dianggap sesuatu yang salah untuk dilakukan kepada siswa. Bahkan hukuman menggunakan tongkat stick kecil juga masih dapat ditemukan di kelas sebagai bentuk mendisiplinkan anak didik agar mereka secara refleks sadar terhadap kesalahan yang telah mereka buat. Siswa di Korea Selatan juga bertanggung jawab terhadap kebersihan sekolahan yaitu dengan cara memunguti sampah yang ada di area sekolahan walaupun sudah ada pekerja kebersihan sendiri di tiap-tiap sekolahan.

Di Korea Selatan juga terdapat etika bersepatu yang meminta para siswanya untuk melepas sepatu di luar ruang kelas dan menggantinya dengan sandal atau sepatu sandal saat memasuki bangunan sekolahan setiap pagi.  

Diubah oleh fatinfa77
di sini lepas sepatu pada mabok semua
Oh
Terus knp..



emoticon-Blue Guy Bata (L)
Ane pernah diceritain temen, katanya di Korea itu pendidikannya keras banget. Bahkan sampe yang bikin 24 jam anak cuma berkutat sama belajar belajar dan belajar. Kasian siii, tapi ya gimanaaa mungkin dari dulu sistemnya udah gitu kali ya
Tuntutan linkungan disana jg sih. Gua pernah lihat di youtube yg orang Korea gede di Malang (Reomit). Bandingin sekolah dia sama temennya yg belajar Korea. Parah. isinya cuman belajar dan belajar. Di Indonesia makin mendekati kelulusan makin sedikit kegiatan di sekolah, tp di korsel sebaliknya. Memang jadi tuntutan jg. Salah satu alesannya hubungan dengan negara tetangga yg masih sodara jg. Korsel pengen punya sumberdaya manusia yg terbaik.
profile-picture
qisatria memberi reputasi
kalo disini siswa nakal biasanya disurup pushup jika terlambat masuk emoticon-Big Grin
kalo kita mencontoh korsel akan banyak yg gak setuju dg alesan bla bla bla...

kalo kita mencontoh fi lndia jg bakal banyak yg gak setuju dg alasan bla bla bla...

ada kelebihan dan kekurangan.
kalo pemerintah ngambil keputusan A, siap2 aja dinyinyir pihak B.
begitu jg sebalikny emoticon-Cool
Sistem pendidikan di Korea membuat anak TK pun disana sudah mahir berbahasa korea dengan lancar ... emoticon-Recommended Seller


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di