CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menag Fachrul: 600 WNI Eks Kombatan ISIS akan Dipulangkan ke Tanah Air
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e35f34f9a972e1a522aec7d/menag-fachrul-600-wni-eks-kombatan-isis-akan-dipulangkan-ke-tanah-air

Menag Fachrul: 600 WNI Eks Kombatan ISIS akan Dipulangkan ke Tanah Air

Menag Fachrul: 600 WNI Eks Kombatan ISIS akan Dipulangkan ke Tanah Air
Jakarta, IDN Times - Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan sebanyak 600 WNI yang sempat bergabung dalam kelompok teroris Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), akan dipulangkan ke Tanah Air dari Timur Tengah. Informasi tersebut diterima Fachrul dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Proses pemulangan mereka akan terwujud, kata Fachrul, dalam waktu dekat.

Menurut Fachrul, pemerintah tetap menerima mereka kembali karena Indonesia memiliki kewajiban untuk mengawasi dan membina ratusan WNI yang sempat tergabung ke dalam ISIS.

"Sekarang mereka terlantar di sana dan karena kepentingan kemanusiaan minta dikembalikan ke Indonesia itu termasuk kewajiban kita bersama untuk mengawasinya dan membinanya. Mudah-mudahan mereka bisa kembali menjadi warga negara Indonesia yang baik," ujar Fachrul dalam pidato sambutannya di acara Deklarasi Organisasi Kemasyarakatan Pejuang Bravo Lima (PBL), Discovery Ancol Hotel, Jakarta Utara pada, Sabtu (1/2).

Lalu, apa rencana pemerintah untuk membina kembali ratusan WNI yang secara sukarela pernah meninggalkan Indonesia untuk bergabung dengan ISIS?

1. 600 WNI bergabung dengan ISIS untuk membangun negara mengatasnamakan khilafah

Fachrul menjelaskan 600 WNI yang sempat tergabung ke dalam ISIS itu semula percaya ingin membangun sebuah negara yang mengatasnamakan konsep khilafah di Timur Tengah. Bahkan, pada awal bergabung, mereka sudah membuang dan membakar paspor. Hal itu bisa diartikan mereka sudah tak lagi menyandang status WNI dan membuang identitas resminya.

Namun, usai ISIS berhasil dikalahkan, ratusan WNI itu kini terlantar. Atas nama kemanusiaan, mereka kemudian meminta agar bisa dipulangkan ke Tanah Air. Fachrul pun memastikan ketika ratusan WNI itu tiba di Tanah Air, maka mereka akan dibina. Tidak disebut bagaimana cara membina ratusan WNI yang sudah terpapar paham radikal tersebut.

"600 orang yang sekarang tersesat di ISIS di Timur Tengah. Beberapa dulu tergabung di ISIS untuk mendirikan negara yang mereka namakan khilafah. Mereka sebagian besar membakar paspor Indonesia karena merasa sudah dekat ke Tuhan. Sekarang mereka terlantar di sana,” ujar Fachrul.

2. Menag Fachrul mengakui untuk membina orang yang pernah terpapar paham radikal tidak mudah

Dalam forum itu, Fachrul menjelaskan proses untuk bisa mencuci otak seseorang agar ia mau melakukan tindakan teror bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Tetapi, untuk membina seseorang agar tersadar dari proses cuci otak itu membutuhkan waktu cukup lama.

“Saya ulangi, dalam 2 jam dia (terorisme) bisa menyulap anak-anak termasuk remaja menjadi penjahat yang luar biasa untuk membunuh orang lain. Tetapi, pada saat kita mengusahakan untuk dia kembali, 2 tahun kita menugasi dia untuk kembali. Jadi, kita bisa dalam 2 jam membuat orang baik menjadi jahat tapi dalam 2 tahun belum tentu membuat orang jahat menjadi kembali baik. Itu yang menjadi perhatian kita bersama, di sekitar kita akan selalu ada orang seperti itu,” ungkap Fachrul.

3. Menag Fachrul ingatkan bahaya paham radikalisme kepada masyarakat

Fachrul mengatakan dalam waktu dekat ia akan mengundang Kementerian Dalam Negeri bersama dengan BNPT untuk memberi masukan kepada Kemenag dan masyarakat tentang bahaya paham radikalisme. Dengan begitu, setiap warga bisa terhindar dari paham radikal dan menjalankan tugasnya melindungi negara.

Tanpa rasa belas kasihan, dengan membawa tema-tema agama dan itu sudah luar biasa jahatnya. Itu digaris bawahi oleh beberapa teroris yang lalu ada rekamannya, saya (teroris) membuat orang yang biasa-biasa saja menjadi orang yang siap menjadi pembuat bom bunuh diri bunuh diri dalam waktu 2 jam. Dalam 2 jam dia (teroris) bisa menyulap anak-anak (menjadi pengikutnya),” ungkapnya.

https://www.idntimes.com/news/indone...tanah-air/full

Ini baru namanya bangciatnya bankciat, kontloonya kontlo

600 terongris yang udah betel prupen, plus bisa wololo abg supaya meleduk, dimasuken ke dalam negri? Mantab banget jo

Sangat menjunjung tinggi kemanusiaan sekaleee, menyelamatkan 600 orang dengan menebarkan kengerian terhadap 200 juta orang lainnya? Logika gue gak ngangkat....

Jangan salahkan jika ada resistensi yang kuat atau mungkin berbuah baper yang mendalam.

Rasa takut yang disemai terus menerus dapat merubah siapapun menjadi agresif, itu dilakukan untuk mempertahankan diri.

Logika tak lagi dijadikan landasan. Asumsi, rasa curiga serta steriotip akan menjadi pemicu tindakan agresif itu.

Deradikalisasi kontloo emoticon-fuck2

profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh LordFaries
Halaman 1 dari 6
Menag paling fail dlm sejarah ... sudahlah,,doktrin penggalangan jadoel ngga usah dipake, kelewat soft dgn calon musuh potensial ... goblog emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 6 lainnya memberi reputasi
kan udah melepaskan status WNI scr sukarela? emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 8 lainnya memberi reputasi
lebih berbahaya dari pasien suspect corona.... emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 9 lainnya memberi reputasi
Gak usah!

ngapain balik lagi mereka, kan ke sana atas kemauan sendiri mau menegakkan khilafah .

Indonesia sekarang udh mabok agama, banyak bigot dimana2, apa2 dikaitkan dengan agama, sekolah2 negeri udh kayak swasta islam, dll.

Didoktrin dikit aja sama eks isis ini, idk what's next emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bedil aja jidatnyaemoticon-Belgia
profile-picture
manbrotheking memberi reputasi
terlalu soft malah bisa membahayakan yang lain....serah ente lah... kalo meledug di mari dosa yang jadi korban ente yang nanggung yah pak... payah euy..
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan qavir memberi reputasi
Payah menag inih, jendral memble mental tempe.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 10 lainnya memberi reputasi
Kok kayak gorengan ya pak menag ini, pertamanya garing dan mantap, makin lama makin lemes, ane sangat tidak setuju kalo eks isis dirangkul, ingat kelakuan mereka waktu masih berjaya, gorok dan bunuh orang serasa bunuh tikus aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Jordan2010
Lihat 4 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 8 lainnya memberi reputasi
Ya keputusan yang baik dari Pemerintah
profile-picture
profile-picture
LordFaries dan Bukan.Arab memberi reputasi
Terroris lu pulangin demi rasa kemanusiaan? lah meraka aja gak punya rasa kemanusiaan.

IDIOT, makanya gw bilang gak PKS, gak PAN, gak PDIP, gak Gerindra, Demokrat, PPP, Hanura, Nasdem, dll

Sama aja blangsaknya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 8 lainnya memberi reputasi
uda positif masih aja dibawa pulang sih emoticon-Cape d...
Dipulangin oke boleh,tapi jangan dimanfaatin ya pak

Kadih mereka deradikalisasi,didik mereka agar kembali kejalan yg benar
profile-picture
soljin7 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Dibom aja duluan nih kapalnya ketimbang ngebom orang lain !


emoticon-fuck
Balasan post Jordan2010
PDIPret nya itu ah, kalau Jokeowee nya gak menyetujui juga mereka gak akan dipulangin, tapi...

Abu Bakar Baasyir aja dulu mau dibebasin toh.
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan tukangbeling7 memberi reputasi
Balasan post akun.baru
Quote:


FPI aja dulu di co-founded sama Wiranto toh.

Sama aja PDIPret, PKS, PAN, PPP, Gerindra, Demokrat, Hanura, Nasdem, mah.

Reformasi tai ledig lah.
Balasan post Ojodupeh
Quote:


cie cie .. teroris udah boleh pulang nih

kalo turis ditolak emoticon-Leh Uga

Menag Fachrul: 600 WNI Eks Kombatan ISIS akan Dipulangkan ke Tanah Air
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan tukangbeling7 memberi reputasi
Horeeee.....
emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah

Negara lain mulai/sudah mengembangkan Senjata Nuklir.
Indonesia mengantisipasi dengan memulai untuk menyetok Bom Hidup.
emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bukan.Arab dan 6 lainnya memberi reputasi
Menag Fachrul: 600 WNI Eks Kombatan ISIS akan Dipulangkan ke Tanah Air

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 9 lainnya memberi reputasi
Hal yg mengakibatkan hilangnya status wni:
1.Menjadi wn negara lain (dlm hal ini negara islam alias islamic state)
2.Bergabung menjadi tentara negara lain

Mrk udah kesana sukarela, bakar pasport indo, bersumpah setia sama kalifah dan negara islam, gabung jd pasukan isis
Artinya udah bukan wni dan ga perlu dibantu apalagi dipulangin
Dr 600 itu, misalnya 10% alias 60org masih radikal, bawa golok dan ngamuk, masing2 bs bunuh 5orang aja udah 300 korbannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Yoga250384 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di