CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Computer Stuff /
Tolong solusinya min
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e35e606365c4f5d1926af04/tolong-solusinya-min

Tolong solusinya min

Tolong solusinya minTolong solusinya minTolong solusinya minSaya baru selesai ngerakit pc, tpi entah knpa pc saya tiap beberapa detik monitornya gambarnya ilang trus kluar gambar seperri di foto tapi beberapa detik setelah itu normal lagi, tolong bantuannya agan-agan sekalian
Diubah oleh Sugik309
fotonya mana gan...
Tolong solusinya minTolong solusinya minIni gan
Diubah oleh Sugik309
Lihat 6 balasan
Monitornya baru?. Kok gejalanya seperti monitornya ada problem. Coba cek konektor2nya dulu Gan. Konektor yang ke monitor, konektor VGA yang ke motherboard.
Lihat 3 balasan
Balasan post prasetyoit
Monitor lama gan saya coba di pc lama masih bisa cuma karna saya baru ngerakit pc baru dan langsung makek sekarang malah gak bisa
Diubah oleh Sugik309
solusi yang paling tepat di LEM BIRU
Balasan post Sugik309
Pake kabel HDMI / D-Sub(VGA) /DVI?
dipasang ke motherboard apa ke vga card?
Balasan post akm742u
@akm742u kabel dvi-d gan dipasang di vga motherboard, tpi karna pc baru saya gk support dvi mobo yg baru ( kabel vga lama) saya pakek kabel connector vga to dvi gan
Balasan post Sugik309
@Sugik309 hmm
Ada HDMI gk di motherboardnya? Kalo ada kyknya kok lebih baik pakai HDMI to DVI adapter. Soalnya sama2 sinyal digital.
Kalo konversi analog ke digital sepertinya lebih mengundang masalah [cmiiw].
Kalo dari sumber digital ke monitor analog sering lihat (dan sering bisa), tapi dari sumber analog ke monitor digital jarang gan.

Misal pengalaman laptop di kantor ada yg output analog (vga) dikasih adapter vga to HDMI buat ditampilin ke proyektor gk mau keluar gbrnya. Tapi kalo sebaliknya output HDMI dikasih adapter to vga malah bisa.

Kalo pribadi sy pakai monitor DVI, disambung ke HDMI output pakai yg model begini:
Tolong solusinya min
profile-picture
Sugik309 memberi reputasi
Balasan post akm742u
@akm742u klo untuk hdmi ada slot di motherboard sih gan
Mungkin besok beli dan coba
Thanks sarannya gan
Balasan post Sugik309
Quote:


@Sugik309 Kalo di lama masih bisa tapi di baru tidak bisa berarti masalah bukan di monitornya, mungkin masalah di vga-nya.
Balasan post akm742u
@akm742u nambahin aja sedikit... buat port dvi di motherboard / vga card ada 2 tipe:

DVI-I
di bagian stripnya ada 4 pin tambahan, itu fungsinya untuk output analog alias rgb, jadi dengan hanya menggunakan konverter (dongle) pasif pun tidak ada masalah apabila dihubungkan ke:
1) monitor yang hanya punya input vga/d-sub.
2) monitor yang hanya punya input hdmi. apabila monitornya ada speakernya pun audionya juga bisa keluar.

DVI-D
ini port dvi biasa, alias digital only. di bagian stripnya kosong tanpa pin. apabila monitornya yang digunakan hanya punya input hdmi, maka dongle pasif bisa digunakan. akan tetapi kalau monitornya hanya punya input vga/d-sub maka mesti menggunakan dongle aktif. dongle dvi-d to hdmi juga bisa digunakan pada monitor hdmi yang ada built-in speakernya.

Port DVI-I kompatibel dengan konektor DVI-I maupun DVI-D, sedangkan port DVI-D tidak bisa kompatibel dengan konektor DVI-I

Dongle DVI >< HDMI

Ini bisa bekerja 2 arah, artinya dongle bisa dipasang pada port dvi yang ada di monitor ataupun dipasang pada port dvi yang ada di motherboard atau vga cardnya.

HDMI >< VGA / D-Sub

Nggak ada masalah sebenarnya untuk konversi analog ke digital atau sebaliknya. Ini mau bagaimanapun butuh komponen aktif, yaitu DAC (apabila dari hdmi ke vga) atau ADC (apabila dari vga ke hdmi). Karena perlu komponen aktif, maka sudah pasti butuh sumber listrik.

Hanya saja nggak efisien apabila sumber hdmi di konversi ke analog untuk penggunaan di monitor lcd. Karena pada akhirnya monitor lcd yang hanya punya input vga/d-sub akan mengkonversikannya kembali ke dalam bentuk sinyal digital, ada degradasi yang terjadi dalam setiap konversinya.

cmiiw















profile-picture
Sugik309 memberi reputasi
Balasan post peyotpetot
@peyotpetot mungkin iya gan saya masih minta bantuan temen buat ngecheck ini pc
Balasan post venantius


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di