CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e35e1cdf4d6950d763dccc1/orang-baik

ORANG BAIK


ORANG BAIK

Mengapa orang baik itu hidupnya sederhana, bukan hidup dalam kelimpahan harta?
Bagi orang baik, harta terindahnya bukanlah harta benda yang bersifat keduniawian berupa uang, emas permata atau saham perusahaan. Orang baik lebih mementingkan harta surgawi yang dikumpulkan dari hasil berbuat kebajikan, beramal atau bersedekah kepada sesama umat manusia.

Mengapa orang baik harus bekerja lebih keras daripada orang yang tidak baik?
Orang baik selalu menjunjung tinggi kejujuran dalam mencari nafkah. Mereka tidak akan tergiur sedikitpun untuk melakukan perbuatan yang melanggar ajaran agama dan menguntungkan dirinya sendiri.

Mengapa orang baik lebih sering disakiti?

Orang baik tidak egois dan selalu mendahulukan kepentingan orang lain. Saat berada di dalam bus umum, orang baik akan merelakan tempat duduknya bagi mereka yang membutuhkan dibandingkan dirinya.

Mengapa orang baik terlihat lebih susah hidupnya?

Dalam hidupnya, orang baik lebih senang melihat orang lain tersenyum bahagia, sebab bagi mereka sebuah senyuman dari orang lain, memberikan arti bahwa apa yang telah dilakukannya di dunia ini adalah benar adanya.

Mengapa orang baik sering disepelekan?

Dalam ruang kebahagiaan batinnya, orang baik juga menyediakan ruangan untuk orang lain, bukan hanya untuk dirinya. Mengalah agar tidak menciptakan permusuhan. Bagi orang baik, seribu musuh mudah untuk dicari sedangkan seorang sahabat sulit sekali untuk diketemukan.

Mengapa orang baik selalu ditipu?

Orang baik selalu berpikiran positif dan menjauhkan prasangka buruk terhadap orang lain. Perasaan tulus yang dilakukan orang baik sering dimanfaatkan orang lain untuk menipu atau mengkhianatinya.

Mengapa orang baik sering dibully atau dihina?

Orang baik adalah makhluk Tuhan yang paling tinggi derajatnya. Semua hinaan dan cercaan akan diterimanya sebagai pembelajaran hidup. Nalar kebijaksanaannya akan terasah sehingga kelak mereka dapat membedakan mana yang baik dan mana yang harus dijauhi.

Mengapa orang baik seringkali meneteskan air matanya?

Orang baik memiliki perasaan yang halus dan mudah tergugah oleh kejadian yang memilukan hatinya. Acapkali mereka enggan berbagi kesedihan kepada orang lain karena tidak ingin menyusahkan orang lain. Sudah terbiasa mengobati lukanya sendirian dan percaya bahwa suatu waktu nanti Tuhan pasti akan menggantikan kesabarannya dengan sesuatu yang lebih baik.

Mengapa orang baik tidak pernah membenci mereka yang telah melukai hatinya?

Orang baik selalu ikhlas dalam menerima berbagai cobaan yang menimpa kehidupannya. Semua kejadian yang terjadi dianggapnya sebagai berkah pelajaran yang tiada ternilai harganya. Membenci dan mendendam hanya akan membuang-buang energi dan menjadikan hidupnya terbelenggu dalam rantai penderitaan.

Mengapa orang baik lebih dulu "menghadap" Tuhan?

Orang baik itu ibarat bunga yang sedang mekar indah dengan harum wangi semerbak memenuhi seisi taman. Tentunya orang pasti akan memilih bunga yang seperti ini dibandingkan bunga yang sudah layu dan membusuk. Demikian juga dengan apa yang dilakukan oleh Tuhan Sang Pencipta Alam Semesta dan Seisinya.
profile-picture
profile-picture
mamaketerbang12 dan bingsunyata memberi reputasi
Woa ... yang paling terakhir itu versi "terlampau serem" kayaknya ...
Kalau Tuhan memang baik, itu bisa jadi dilakukan agar ciptaan-Nya yang satu itu tidak lagi mendapat penderitaan lebih dari apa yang dapat ditanggung olehnya.

Tapi pada versi cerita lain, dimungkinkan hal yang terjadi tidak seperti itu ...
Kalaulah seseorang sudah pernah beberapa kali mengalami suatu peristiwa (by accident or not) dimana nyawa itu seakan ... sudah siap atau bahkan sudah tercabut (meski cuma sedikit) begitu saja dari bangkai yang didiami; tapi pada akhir dari scene yang bersangkutan, orang tersebut tolah-toleh, lirik kanan-kiri, dan mendapati dirinya masih berada pada alam yang sama; maka bisa jadi pula Tuhan punya "rencana" lain untuknya. ===> Ini bukan fiksi, ya, tapi kesaksian hidup ...
Orang yang bersangkutan, mungkin cuma bisa menebak-nebak apa "rencana" itu. Kita bawa ini kemudian pada apa yang dikemukakan oleh TS pada bagian sebelumnya ... Kalau orang tersebut baik, maka dia akan berusaha menjawab "tebakan" itu dengan persepsi yang baik, dan kemudian menjadikannya acuan untuk bertindak di saat berikutnya.

BTW... tulisannya bagus, tapi sarat akan emosi, entah itu marah atau sedih. Emosi itu layaknya api, dapat menerangi namun juga dapat membakar apa yang ada di sekitarnya. Saat mood berada dalam keadaan seperti itu, ada baiknya itu penumpahannya dirupakan dalam bentuk narasi atau cerita.
Fiksi ...
Dimana yang membaca ketika menyadari bahwa itu adalah fiksi, akan membatasi pemikirannya pada zona tertentu, seperti dalam proses karantina, dan kemudian mengevaluasinya, lalu menggunakan hasil evaluasi itu menurut kebutuhan mereka.
Ini semata agar api itu difungsikan untuk menerangi, bukan membakar. Terkait penulisan ...

Tapi kalau TS-nya ingin mengemukakan sesuatu secara emosional tanpa tedeng aling-aling, tanpa takut apakah itu beresiko akan membakar atau tidak, wujudkan itu sebagai "unsur" layaknya yang mengada dalam tabel periodik zat kimia, dalam bentuk ... puisi, atau lukisan.

Diubah oleh bingsunyata
sumber?


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di