CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
GAJI ANGGOTA TNI, PROFESI IDAMAN BANYAK MERTUA
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e35076348c38d0e7365bebf/gaji-anggota-tni-profesi-idaman-banyak-mertua

GAJI ANGGOTA TNI, PROFESI IDAMAN BANYAK MERTUA?

GAJI ANGGOTA TNI, PROFESI IDAMAN BANYAK MERTUA


MOJOK.CO – Menjadi anggota TNI adalah impian banyak pemuda dan jadi kebanggaan keluarga. Tapi apalah arti kerjaan keren kalau gajinya nggak setimpal. Coba kita periksa, berapa sih gaji anggota TNI saat ini?



Menurut sebuah studi, selain PNS, pekerjaan idaman di mata mertua masih polisi dan anggota TNI. Profesi dokter juga sih. Profesor juga. Tapi kalau jadi pengusaha sukses juga biasanya jadi idaman. Kok banyak? Ya biarin, yang penting sesuai studi. Studinya siapa? Ha ya sudah pasti studi Mojok Institute yang kebenarannya harus kamu pertanyakan.



Selain soal status dan citra bela negara, gaji serta tunjangan jadi incaran. Nah, kalau udah bahas TNI, saya mau serius aja. Berapa sih gaji tentara saat ini (Januari 2020)? Mari kita tengok di PP 16/2019 tentang Perubahan Kedua Belas atas PP 28/2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Tentara Nasional Indonesia.



Apabila besaran gaji PNS ditentukan oleh golongan dan masa kerja golongan (MKG), gaji tentara… juga sama. Rinciannya kayak gini, dengan catatan, rentang gaji itu menunjukkan bahwa besar gaji persisnya tergantung MKG yang durasinya mulai 0-28 tahun.



Quote:



Lah kok kecil? Lha iya, gajinya memang segini.


Atau persisnya lagi, angka di atas adalah gaji pokok yang nilainya selalu tetap. Untuk menjumlah gaji total anggota TNI atau PNS, masih ada komponen tunjangan yang harus dimasukkan, dan komponen ini sebenarnya yang angkanya besar.



Untuk anggota TNI, ada tunjangan kinerja (tukin) yang tahun lalu Jokowi janjikan akan naik sampai 80% tahun ini. Kalau besaran tukin yang sekarang, mengacu pada keputusan terakhir, yakni PP 102/2018, disesuaikan dengan kelas jabatan. Pembagian pangkat anggota TNI ke dalam kelas jabatan, detailnya bisa dibaca di sini. Lalu detail tukin untuk tiap kelas jabatan, datanya di sini. Yang jelas, kisarannya dimulai dari 1,9 juta sampai yang tertinggi, yakni tukin untuk kepala staf, sebesar 37,8 juta.
Daftar lengkap sumber-sumber penghasilan anggota TNI beserta potongannya ada di Permenhan 33/2017.





GAJI ANGGOTA TNI, PROFESI IDAMAN BANYAK MERTUADaftar tunjangan dan potongan penghasilan anggota TNI di Indonesia saat ini menurut Permenhan 33/2017.




GAJI ANGGOTA TNI, PROFESI IDAMAN BANYAK MERTUA



Slip gaji anggota anggota TNI saat ini.

Dengan sekian puluh komponen tunjangan dan potongan itu, berapa penghasilan bersih seorang anggota TNI?


Nggak tahu. Nyerah. Ngetik detail di atas aja udah capek. Kalian tanya langsung aja ke anggota TNI-nya atau datang ke rumah sakit. Siapa tahu nemu bidan atau perawat di situ yang suaminya tentara.




Komentar Para Sesepuh


Quote:




Spoiler for Sumber:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyonyo2 dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ilham513
Halaman 1 dari 10
#1 Dimanakan yah
Oke #2 Masih Disimpan
Waaah... Ane baru tauk nih...
emoticon-Matabelo
di indonesia berlomba lomba untuk jadi militer negara di luar banyak yang gak terlalu berminat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
budak.game dan 4 lainnya memberi reputasi
lah gajinya kok masih ada di bawah UMR?emoticon-Mad
Lihat 2 balasan
Menantu idaman mertua emoticon-Matabelo
tunjangannya nembus UMR jkt brey emoticon-Wink
profile-picture
yugoaskhobar memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uangkul dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Quote:


Gatau dah bre, lu tanya aja sendiri emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
gpandita dan sidqyf memberi reputasi
Kok kecil ya...
emoticon-Bingung
Masak gaji ane sbg karyawan swasta bisa selevel jenderal bintang 1
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
Lihat 2 balasan
No offense.
Mungkin kecil dari segi keefektifan kerja ganbre. Jadi militer itu tugasnya gimana sehari2?
Bayangan ane gini,
Absen, lapor, apel, latihan, dll, itu pasti.
Membantu bencana alam, kerusuhan, teroris, perang, dll, tidak pasti.

Yg kaya2 itu ane juga heran kok emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
queensaiful dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
gaji sih bisa kecil, tapi tunjangan n jaminan pensiunnya dong

profile-picture
Aramina memberi reputasi
Tunjangannya gede. Ane heran juga para mertua ini kayanya cuma ngejar status doang ada rasa bangganya kalo dapet aparat maupun pns. Dan ya jadi idaman para suster dan bidan emoticon-Leh Uga


Jodoh gampang banget kalo dah jadi aparat emoticon-Leh Uga. Tapi gk sedikit pula bidan kena tipu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh aliensia
Lihat 1 balasan
paklek gue udah kolonel aja masih sibuk kok, heran aja sama kopral yang bisa main ke tempat hiburan malam emoticon-DP:
profile-picture
chisaa memberi reputasi
Coba kalo waktu itu ane ngikutin apa kata bokap...

Penyesalan selalu datang belakangan...

emoticon-Turut Berduka
profile-picture
udang.kecil memberi reputasi
Di amerika gaji tentara lumayan besar tetapi mereka mesti siap dikirim untuk bertempur kapanpun dan dimanapun di belahan dunia ini secara negaranya emang hobi perang, kalo tentara di indo....................no comment ah, takut ane
profile-picture
rakusentai memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Gapok ya kecil, tunjangannya yang gede. Rata2 ya gitu lah
Quote:


Jadi tentara bayaran kali.
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan dxbike memberi reputasi
Tetap kecil gan gaji TNI itu.

Coba komparasi dengan gaji POLRI.
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di