CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Linux dan OS Selain Microsoft & Mac /
menggunakan linux dan windows di harddrive berbeda.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e34fb95c342bb03b452a56f/menggunakan-linux-dan-windows-di-harddrive-berbeda

menggunakan linux dan windows di harddrive berbeda.

nanya, jika ingin menggunakan Windows dan Linux bersamaan dalam 1 komputer, cara yang paling aman apakah dengan 2 harddrive (satu utk windows dan satu utk linux) , harusnya itu tidak perlu utak atik lagi kan? jika ada yg mau diutak atik, perlu lakukan apa saja? 
mainboard selalu bisa automatic detect pas ganti harddrive kan?
atau mungkin cara paling aman, gampang tanpa perlu utak atik itu adalah 2 harddrivenya jangan dipasang bersamaan ya, jadi saat mau pake windows , yang harddrive linux dicabut, saat mau pake linux ,yg windows dicabut?
dulu beberapa tahun lalu pernah pake dual-booting windows 8 dan linux ubuntu, tetapi bermasalah , pas boot ke linux sih oke, tapi pas boot ke windows 8 sering error awal2 sering minta scandisk sebelum masuk windows , jadinya uda takut dual booting karena gaptek masalah gituan, jadi mau pilih cara teraman aja
pake VM aja gan?
2 sistem operasi berbeda yang diinstall di masing-masing harddisk memang lebih baik ketimbang 2 sistem operasi pada single disk yang hanya dipisah partisi.

2 harddrive dipasang bersamaan pun nggak apa, yang penting sih di bios / uefi enablekan pilihan boot menunya. jadi setiap kali komputernya dinyalakan, akan muncul menu untuk pilih ke harddisk yang mana.

kalau di komputer keluaran agak lama, biasanya saat masih di post screen bisa tekan F9 atau F11 (tergantung manufaktur mobonya) untuk menampilkan boot menunya.

karena linux bisa membaca partisi ntfs milik windows, sedangkan windows nggak bisa membaca partisi ext4, maka pada saat menggunakan linux, pastikan untuk partisi windowsnya (partisi yang didalamnya ada file hiberfil, pagefile.sys) di set read-only pada konfigurasi fstabnya.

cmiiw

Atau...

Kalau ente punya Laptop yang punya slot SATA dan mSATA, ente bisa memasang OS pada masing-masing harddrive.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di