CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Heboh Revitalisasi Monas, Ahok Buka-bukaan Desain Bawah Tanah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e34f3e109b5ca7fd51e7f42/heboh-revitalisasi-monas-ahok-buka-bukaan-desain-bawah-tanah

Heboh Revitalisasi Monas, Ahok Buka-bukaan Desain Bawah Tanah

Heboh Revitalisasi Monas, Ahok Buka-bukaan Desain Bawah Tanah
Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok buka suara soal proyek revitalisasi Monumen Nasional (Monas). Ia menceritakan rencana revitalisasi ikon Indonesia itu pada zamannya.

Menurut Ahok, rancangan revitalisasi Monas di zamannya menggunakan konsep pengembangan kawasan bawah tanah.

"Dulu kita tuh bawah tanah yang saya tahu. Dari bawah tanah," kata Ahok usai menghadiri rapat koordinasi (rakor) peningkatan lifting migas di kantor Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Di kawasan bawah tanah itu rencananya akan dibangun proyek Moda Raya Terpadu (MRT) yang akan melintasi kantor Radio Republik Indonesia (RRI) dan Balai Kota.

"Dulu desainnya sudah selesai kok dari bawah tanah bisa jalan. Kan ada MRT bisa lewat ke RRI juga bisa ke Balai Kota itu yang saya tahu," jelas Ahok.

Lalu, apalagi rancangan revitalisasi Monas di era Ahok?

Dengan mengembangkan konstruksi bawah tanah Monas, ia berencana membuat kawasan perbelanjaan dan parkiran mobil di bawah tanah.

"Bisa toko-toko UMKM itu di bawah. Parkir juga, parkir mobil itu semua di bawah. Itu yang saya tahu dulu. Sudah ada design, sudah selesai," terang Ahok.

Namun, menurutnya dulu desain revitalisasi Ahok itu terhambat karena rencana Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menaruh tank di bawah tanah.

"Tapi waktu itu terhambat, dulu kayaknya dari Menhan pengin nyimpen tank. Nggak mungkin kan," ucap Ahok.

Sementara itu, rencana revitalisasi Monas saat ini sedang dihentikan sementara. Pasalnya, Komisi Pengarah Revitalisasi Monas menilai ada pengajuan perizinan yang belum direstui atau dirapatkan, tapi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap melanjutkan konstruksi revitalisasi. Sehingga, dalam hal ini Pemprov dinilai kurang kooperatif.

Lalu, bagaimana koordinasi dengan Komisi Pengarah Revitalisasi Monas di era Ahok?

"Saya nggak tahu, lupa udah," jawab Komisaris Utama Pertamina itu.

Sebagai informasi, proyek revitalisasi Monas yang digarap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saat ini disetop sementara oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Perintah itu dikatakan Pratikno karena DKI belum memperoleh izin revitalisasi dari Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka.

"Karena itu (izin) jelas belum ada, ada prosedur yang belum dilalui ya kita minta untuk disetop dulu," ujar Pratikno di Kementerian Sekretarian Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).

Pratikno menyebut perintah tersebut akan diberitahukan secara tertulis. Surat itu akan dikirim dalam waktu dekat.

"Ya kita surati ajalah. Secepatnya," tuturnya.

Pratikno mengatakan Pemprov DKI sudah mengirimkan surat pemberitahuan revitalisasi Monas. Namun, Pratikno meminta agar Pemprov DKI taat dengan aturan sebelum melakukan revitalisasi kawasan Medan Merdeka.

Adapun soal Komisi Pengarah itu sendiri, strukturnya diketuai oleh Mensesneg, sedangkan Gubernur menjadi sekretaris. Ini sesuai dengan Keppres Nomo 25 Tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka di Wilayah DKI Jakarta.

Berikut adalah susunan keanggotaan Komisi Pengarah berdasarkan Keppres itu:

1. Menteri Negara Sekretaris Negara : sebagai Ketua merangkap anggota;
2. Menteri Pekerjaan Umum : sebagai Anggota;
3. Menteri Negara Lingkungan Hidup : sebagai anggota;
4. Menteri Perhubungan : sebagai Anggota;
5. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan : sebagai anggota;
6. Menteri Pariwisata, Pos dan
Telekomunikasi : sebagai Anggota;
7. Gubernur Kepala Daerah Khusus
Ibukota Jakarta : sebagai Sekretaris, merangkap anggota.

https://m.detik.com/finance/infrastr...n-bawah-tanah?

emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
profile-picture
misstumbler dan nomorelies memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
mungkin wai aibon yg super pintar setelah minum susu formula e jd punya ide untuk menyimpan air dibawah tanah monas
profile-picture
profile-picture
sorken dan cipokan.yuk memberi reputasi
Keren bawah tanah sih, meskipun ga instagramable tapi fungsi lebih ĺuas, bisa jadi bunker saat kondisi darurat, bisa mengakomodasi transportasi kereta cepat juga
profile-picture
48y24rd memberi reputasi
banjir... banjir... kelelepp... emoticon-Ngacir
Lihat 6 balasan
Astajim sesuai sunatulo yg boleh masuk tanah pan cuma air hujan
Tapi sama si ahok PKL dan mobil mau dimasukin ke tanah jg. Ini sudah termasuk penistaan agama ya akhi emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tasmin Wibowo dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Bagus sih sebenernya kalo buat nyipen tank, siapa tau Monaslimin suatu saat nanti punya agenda meledakan diri berjamaah.

Sedia tank sebelum Bomberman menyerang emoticon-raining
profile-picture
aryayadie memberi reputasi
Namun, menurutnya dulu desain revitalisasi Ahok itu terhambat karena rencana Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menaruh tank di bawah tanah.

Ane malah tertarik kalimat ini, ternyata indonesia mungkin aja ada tempat2 seperti ini...
Lihat 4 balasan
Balasan post mibmobz
Quote:


Memangnya Monas pernah kebanjiran? emoticon-Bingung
lah Gakbener sekarang gak ngerti apa apa cuma di percaya aja sama JKT 58 ya ginilah jadinya emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Balasan post mibmobz
@peyotpetot kek ginih https://rmol.id/images/berita/normal/2015/02/45540_12260409022015_monas_banjir.jpg
mungkin ahok maw bikin kereta dalam aer emoticon-Bingung biar anti banjir
Udah jangan banding2in ahok ama wan aibon deh. Mereka berdua itu keahliannya berbeda. emoticon-No Sara Please

Ahok itu kan dulu wan aibon bilang fokus membangun benda mati. Kalo dia beda, dia fokusnya ini gan:

Heboh Revitalisasi Monas, Ahok Buka-bukaan Desain Bawah Tanah

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 2 lainnya memberi reputasi
Revitalisasi Monas sebenernya baik, dibilang penting ngak penting ya tergantung aja dari si Gubernur yang sedang berkuasa kan, cuman momentum nya yang kurang tepat bagi Anies, sebab Jakarta baru aja kena banjir, heboh juga kan.

Kalau dari segi konsep ya monggo² aja, konsep di era Ahok konsepnya pengembangan kawasan bawah tanah, ada pusat belanja, parkiran, dll, termasuk MRT. Kalau di era Anies sama juga ada ngak jauh beda, cuman desain dari hasil sayembara dimodifikasi, pohon dibabat, betonisasi udah gitu terkendala izin juga.

Saran aja, ya lebih baik sesuai desain aja yang sudah ada, jangan dirubah-rubah, mau pakai desain di era Ahok bisa juga kalau Anies mau. Keputusan ada di tangan Anies
profile-picture
sorken memberi reputasi
Balasan post mibmobz
Quote:


@mibmobz

kalo cuma segitu sih, ga bakalan bisa masuk ke ruang bawah tanah.

contohnya tuh di mall-mall banyak yang punya ruang parkir bawah tanah, kalo gak banjir sampe semeter lebih, mobil di ruang bawah tanahnya tetap aman-aman saja

emoticon-Entahlah
Balasan post mibmobz
@peyotpetot @mibmobz bikin bawah tanah udh pasti didesaign juga mengantisipasi banjir, kek MRT sekarang aja
Balasan post kurakurakuraba
Quote:


Bangke emoticon-Ngakak
Balasan post p.star7
@peyotpetot @p.star7
banjir koq di antipasi emoticon-Leh Uga nama nya gorong2 klo temu sumber aer yak penuh dlluan gan
Diubah oleh mibmobz
Balasan post mibmobz
Quote:


@peyotpetot @mibmobz ya dicegah atuh

Quote:


Kecuali pintu masuk stasiun sama jalanan kerendem banjir ya gak tau juga dah nasibnya gmn emoticon-Ngakak
Diubah oleh p.star7
Buka rahasia rencana pertahanan ini.. emoticon-Hammer2
Kalo perang dirudal monas ntar
wuih keren gan, nyimpen tank di bawah tanah...kayak di pilem pilem itu

emoticon-Cool
Quote:


Termasuk melepas masalah wkwkwk 😅emoticon-Ngakak
Balasan post bani.bahlool
Sama ma pikiran saya... 😁 jgn2 emang kita banyak markas2 bawah tanah bgitu
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di