CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Janji Setelah 2020 Bandung Tak Langganan Banjir Lagi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e34dc7810d29578ab0e8e11/jokowi-janji-setelah-2020-bandung-tak-langganan-banjir-lagi

Jokowi Janji Setelah 2020 Bandung Tak Langganan Banjir Lagi

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini banjir di kawasan Bandung dan sekitarnya bisa dikurangi karena telah selesainya proyek pengendalian banjir antara terowongan 'raksasa' Nanjung di Margaasri, Bandung, Jawa Barat. Terowongan Nanjung terdiri dari 2 tunnel dengan panjang masing-masing 230 meter dan diameter 8 meter.

"Alhamdulillah pembangunan terowongan Nanjung yang merupakan kajian dari sistem pengendali banjir di cekungan, di Bandung telah selesai," kata Jokowi saat meresmikan Terowongan Nanjung dan penandatanganan kontrak hasil tender dini tahun anggaran 2020 Kementerian PUPR di Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

Jokowi menjelaskan, sistem pengendali banjir lainnya terdiri dari sejumlah pekerjaan besar seperti normalisasi di hulu sungai, pembangunan embung di Gedebage, pembangunan kolam retensi di Cienteung dan flood way di Cisangkuy.

"Kita harapkan masih ada satu dua yang ingin kita selesaikan pada tahun ini. Yang menjadi PR, yaitu sodetan. Satu sodetan dan satu kolam retensi," katanya.

"Kalau ini bisa diselesaikan, Insya Allah nanti setelah tahun 2020 ini banjir yang dulunya selalu terjadi cekungan Bandung ini bisa, Insya Allah tidak terjadi pada tahun-tahun setelah 2020," jelasnya.

Jokowi pun juga menitipkan pesan khusus kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Eks Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar rehabilitasi lahan di atas Citarum, reboisasi, penghijauan dikerjakan secara pararel.

"Kalau ini rampung, rampung baru kita masuk ke hilirnya yang juga memerlukan perhatian kita," kata Jokowi.

Selama ini pada saat musim hujan, debit banjir Sungai Citarum yang besar tertahan batuan besar di Curug Jompong yang juga merupakan situs budaya, sehingga menyebabkan banjir akibat backwater. Oleh karenanya dibangun Terowongan Nanjung yang dapat memperlancar aliran air dari Hulu Sungai Citarum.

Terowongan Nanjung dibangun pada November 2017 dan tuntas pada Desember 2019 terdiri dari 2 tunnel dengan panjang masing-masing 230 meter dan diameter 8 meter.

Kedua terowongan akan mengurangi banjir di Dayeuhkolot, Baleendah, Andir dan sekitarnya dengan jumlah Kepala Keluarga yang terbebas banjir mencapai 14.000 KK. Terowongan Nanjung akan mengurangi total luas genangan di Kabupaten Bandung dari semula 3.461 hektare menjadi 2.761 hektare.

Keberadaan terowongan juga akan meningkatkan kapasitas Sungai Citarum dari 570 m3/detik menjadi 669 m3/detik. Bertindak selaku kontraktor adalah PT Wijaya Karya - PT. Adhi Karya (KSO) dengan anggaran APBN sebesar Rp 316,01 milia

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...an-banjir-lagi

Aku percaya
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lanjut jon emoticon-Ngakak
Insa Allah
insya allah = janji??
ini baru janji
Jokowi Janji Setelah 2020 Bandung Tak Langganan Banjir Lagi
Jokowi Janji Setelah 2020 Bandung Tak Langganan Banjir Lagi
Diubah oleh cipokan.yuk
janji kegoblokan emoticon-Ultah
rencanany jelas tertata dari hulu smpe hilir
org pun bakal yakin sm programnya
lha yg lain saling bertolak belakang
open kimono eh banyak yg ditutupi, bnyak anggaran kontroversi
kita tidak bangun benda mati tp beton monas beton trotoar
dimasukin k tanah tp nebas pohon
gimana mau percaya ?
profile-picture
afifa007 memberi reputasi
Kemaren masih pak, padahal udah bolong...
2 priode yg sia sia
profile-picture
jonfaisal memberi reputasi
Janji lagi janji lagi

Apa kabar roket nya...

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Bandung keras kepala ngga mau make solusi Gubernur Indonesia

Jokowi Janji Setelah 2020 Bandung Tak Langganan Banjir Lagi
harus minum 5 periode ini emoticon-Leh Uga
berasa obat penyemangat tuh janji

dan heran nya msh bnyak yg percaya akan janji manis politisi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
kebanyakan janji...
gak ada yang berjanji, siapa yang menjanjikan, dan siapa yang menagih
Mana kata ‘janji’ nya?
berhenti berlangganan...


..kayak langganan koran aja...emoticon-Leh Uga
Apakah jokowi sombong...

Tentu tidak...emoticon-Big Grin

"Alhamdulillah pembangunan terowongan Nanjung yang merupakan kajian dari sistem pengendali banjir di cekungan, di Bandung telah selesai," kata Jokowi saat meresmikan Terowongan Nanjung dan penandatanganan kontrak hasil tender dini tahun anggaran 2020 Kementerian PUPR di Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

Jokowi menjelaskan, sistem pengendali banjir lainnya terdiri dari sejumlah pekerjaan besar seperti normalisasi di hulu sungai, pembangunan embung di Gedebage, pembangunan kolam retensi di Cienteung dan flood way di Cisangkuy.

"Kita harapkan masih ada satu dua yang ingin kita selesaikan pada tahun ini. Yang menjadi PR, yaitu sodetan. Satu sodetan dan satu kolam retensi," katanya.

"Kalau ini bisa diselesaikan, Insya Allah nanti setelah tahun 2020 ini banjir yang dulunya selalu terjadi cekungan Bandung ini bisa, Insya Allah tidak terjadi pada tahun-tahun setelah 2020," jelasnya.
maksudnya gak langganan ini gimana mbah?

banjirnya jadi gak rutin atau jadi bebas banjir?
Dulu juga beliau pernah berkata kalau jadi Presiden akan lebih mudah menyelesaikan banjir dan macet di Jakarta emoticon-Ngakak


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di