CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Pertanyaan soal kebingungan mahasiswa.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e342b9328c991650c5099af/pertanyaan-soal-kebingungan-mahasiswa

Pertanyaan soal kebingungan mahasiswa.

Halo semuanya! Perkenalkan gua "Fuelka". seorang mahasiswa semester 3 yg sedang dilanda kebingungan. lgsg ke cerita aja ya~
jadi gini.. gua itu udah mau semester 4, tapi kata hati dan pikiran gua selama ini terus membayangi untuk "Pindah Jurusan". sebenarnya pengen banget pindah dan juga pernah iseng kan nanyain ortu ttg pindah jurusan. tapi ortu ngelarang dan nyuruh gua buat ngelanjutin jurusan saat ini. ya awalnya gua terimalah ya karna waktu itu masih semester 2. pas menginjak semester 3, disitu rasa pengen pindah jurusan timbul lagi dan semakin kuat. IP gua serasa terancam jatuh di semester 3 ini.
gua ngerasa mulai gak kuat dan takut ga selesai kedepannya. baru x ini gua ngerasa stress kepanjangan bahkan sampai libur semester skrg.
oh ya.. jurusan gua itu TI (Teknologi Informasi). jadi gua masuk situ karna ortu ngelihat gua suka ngegambar kartun jepang. dan nyaranin gua masuk itu jurusan dan direkomendasikan sodara ortu gua jg. sempat bingung dan ragu sih saat itu. soal komputer gua apa adanya aja. akhirnya gua pilih tuh jurusan kan. hanya gambar iseng padahal ga bagus" amat juga, malah gua merasa PD masuk situ wkwk. dan kini ekspektasi gua gak sesuai dgn realita skrg ini. gua ga merhatiin jurusan lain dimana disitu ada bakat dan yg gua minati sedari kecil. kacau memang gua ini ya. kalo mau tau jurusan yg pengen gua pindah itu adalah HI (Hubungan Internasional). gua suka soal negara" gtu sampai berbagai isu dunia. dr kecil aja gua bacanya atlas sama buku geopolitik suatu negara (nyuri di perpus) wkwk. duh ga kepikiran gua sama tuh jurusan. kini gua ngerasa sperti nyesal. gua ga terbuka saat milih jurusan dan gua mengabaikan jurusan lain juga. jadi intinya gua pengen pindah tapi ada kendala tentunya ya ortu gua itu.
dan rencana kalo gua pindah, ya bakal kuliah di tmpt tanah kelahiran gua (saat ini lg ngerantau). alasannya agar bisa bantu ortu jikalau gua libur kuliah atau masuk agak siangan-kan. dgn bgtu hati gua mgkin bisa tenang. mau bagaimana-pun tentu ada resikonya kan. tp gua udh mulai yakin sih sama keputusan ini. namun, berhubung soal kendala itu, mgkin agan-agan sekalian bisa beri masukan lah bagaimana ngatasinya. atau menyampaikan pendapat, apakah harus bertahan di jurusan ini atau pindah aja. (?)

itu aja ya cerita ttg kegelisan gua selama ini.. ini murni kesalahan gua sih. tapi gimana ya.. beri saya masukanlah ya.

sekian terima kasih.
profile-picture
profile-picture
ilafit dan cellilova memberi reputasi
ahh yes, I remember my first anxiety too

Santuy bro...kerja gak sesuai jurusan jauh lebih stress kalo idealisme lu tinggi

Saran ane siapin mental buat dunia kerja ajaemoticon-Ngakak

Welcome to reality my summer childemoticon-Angkat Beer
profile-picture
dbaa6pointy memberi reputasi
gw juga sama dulu terjebak di kuliah it karena gw asal milih gw kira manajemen informatika itu banyaknya pelajaran manajemen ternyata coding semua. gw udh asal2an kuliah tapi emak ga ngasih lampu ijo buat pindah jurusan. akhirnya gw lulus dibawah ipk 2,75. gw ngerasa malu klu apply kerja akhirnya kuliah lagi. tapi begitu lulus umur gw udah 24 ke 25 dan byk interview yg nanya kok gw termasuk telat lulus, akhirnya gw tertekan juga.

mungkin skrg lu merasa pindah jurusan adalah solusi bagi semuanya, tapi banyak hal yang dampaknya lebih dari itu. saran gw kalau lu emg siap ambil resiko mending pindah jurusan krn biasanya klu mau pns juga harus sesuai bidang sih tapi dgn resiko umur yg ga muda lg dan uang yg ga sedikit dikeluarin
Lihat 1 balasan
Kenapa bnyk anak IT merasa salah jurusan ya emoticon-Ngakak (S) (ane tau sih jwbannya)

Dan apa hubungannya menggambar dan IT
Yah, kecuali direkomendasiinnya masuk DKV atau desain grafis, itu cocok, dan pakai komputer gambar2nya emoticon-Wink

Dan.. jgn sampai masuk HI ntr juga miss intepretasi lg emoticon-Big Grin

Klo mau pindah, coba baca2 silabus atau materi pengantar jurusan terkait trlebih dahulu.. biar ga salah ngira lg

Saran ane pindah aja sih, blg ga bisa..
Drpd buang2 duit
profile-picture
sidqyf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
anggap aja ente terpaksa kuliah karna butuh uang ..

sama saja seperti ente terpaksa nge-grab karena butuh uang meskipun ente bukan jurusan taxol ..


ngakak
kalau kurang di akademik, coba cari nilai plus dengan ikut organisasi atau kesibukan diluar kuliah gan. lagipula menurutku kuliah ya gitu2 aja sih mau jurusan apapun gaada yg gampang.
profile-picture
dbaa6pointy memberi reputasi
Balasan post 3770372
jurusan gua itu teknologi informasi, tapi ada fokusnya gtu lho.. antara animasi dan game. gua masuk situ karna ortu dorong gua dan sperti yg gua ceritain td.. gua malah pd banget tanpa mikirin matang". oh ya dijurusan itu ternyata ada koding"-annya dong. itu jg faktor yg ngehambat nilai gua. diwaktu luang gua jga lihat" matkul yg ada d jurusan HI kampus gua ini. ya itu meyakinkan gua buat pindah. kalo yg TI ini waktu itu gua ga lihat" matkul segala macamnya. main masuk aja.
Kita bakal dapet hasil yang maksimal dan berkah kalo kita melakukan usaha dengan ikhlas. Engga terpaksa. Enjoy menjalani.

Lo udah tempuh setengah perjalanan kuliah lo. Kalo lo mantap ganti jurusan ya cepet. Daripada udah terlanjur mendekati semester2 akhir, kan jadi sayang duitnya....

Btw, kok ga masuk diskomvis aja sih? emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Balasan post marisa18070
nah gua takutnya bgtu akhirannya.. dan tentu ada resikonya sperti yg situ bilang jg.
btw makasih masukannya kak.
Balasan post lonelyqueen999
jurusan gua teknologi informasi itu ada fokus animasi dan game nya. maaf ga jelasin td soal detailnya. dan dijurusan itu ada koding"annya yg mana gua ga bisa samsek. dan waktu milih jurusan, gua ga mikirin mateng". lagian matkul" pemrograman membuat ip gua terancam jatuh. dan gua takut akhirannya itu lho (kelulusannya). ya gua mulai ga betah. bnyak problem lainnya yg membuat gua g cocok sama tuh jurusan. jd gtu sih.. btw makasih masukannya.
Kuliah itu kayak kamu mau nyelam ke laut.
Apalagi yg ngerasa salah jurusan.
Semester 1, masih jalan di bibir pantai.
Masih bisa balik ke daratan.
Semester 2-3,udah jalan di laut dangkal, sebetis.
Masih bisa balik.
Tapi biasa nya pada galau iya ato enggak.
Semester 4-6, air laut udah sepinggang.
Semester akhir, udah air nya udah seleher.
Bisa balik, cuma kadung kelelep akhirnya cemplungin aja sekalian tenggelam.
Akhirnya wisuda, dan kamu udah mulai menyelam sekitar 1-2 meter.
Cuma lucu nya setelah fase wisuda, mulai gak mampu nahan napas.
Sebelum nya nyelam di laut, akhirnya berusaha untuk kembali ke permukaan.
Lalu setelah nyampe di permukaan, akhirnya berenang lalu ke daratan.
Kayak kamu lulusan teknik tapi kerja di bank.
Ada juga yg setelah wisuda, terus menyelam sampai dasar laut.
Pilihan nya cuma dua.
Jadi minyak bumi ato sampah di dasar lautan
Wkwkwkkwkwk.

Oks.
Itu intermezzo aja.
Klo saran ku sich.
Kamu fokus aja kuliah biar diwisuda.
Mau kamu pindah, mau kamu stay d tempat lama.
Kamu mesti komit wisuda.
Mau kamu ulang lagi kuliah, silakan.
Rugi biaya waktu, itu resiko mu.
Kan bukan uang ku, bukan waktu ku yg kebuang.
Aq sich bodo amat.
Mau stay dengan kendala oerkuliahan mu itu resiko.
Kamu pusing matkul ABC itu resiko.
Pertanyaannya gimana solusi mu?
Aq sich gak peduli kamu pusing kuliah, kan yg ngejalanin kamu.
Selama aq gak pusing sich aq bodoh amat.
Solusi mu apa biar gak pusing.
Belajar kah, nyontek kah, nyogok kah.
Tapi kamu mesti punya tujuan lulus.
Biar dapat gelar, lalu gelar nya dipake buat cari lowker.

Ini sharing aja.
Aq sadar salah jurusan di semester 5.
Tapi karena aq punya target hanya boleh keluar kampus dengan wisuda jadinya fight.
Meski ganti skripsi, meski molor, meski nyungsep kuliah.
Lulus wisuda juga.
Akhirnya kerja, entah kenapa kerja nya juga masuk ke bidang kuliah ku.
Makin tenggelam dalan kesesatan.
Bahkan temen ku, pernah ngomong gini.
"Cepet sadar ya dari khilaf mu".
profile-picture
ilafit memberi reputasi
Diubah oleh enam.kehendak
wkwkk liat bukamata lebar2

HI itu justru susah dapat kerja. mau jadi apa lulusan hi

udah bener lu di IT yg prospeknya jelas malah pingin pindah karena lu ga kuat wkwksk life is about struggle bro tar jg kedepannya lu ngerti ,makannya lu berjuang skrg gw bilangin biar lu ga nyesal
Diubah oleh danny.welbeck
Lebih baik tekunin yg sekarang...

aku dulu malah nyesel gak ambil yg teknik komputer..karena aku keterima di 2 jurusan...aku malah milih yang lain..

dunia kedepan adalah dunia teknologi informasi...

dimasa depan itu gak akan perlu yang namanya SEKOLAHAN/UNIVERSITY

dimasa depan cuman ada 2 hal ( ini kaka baru kembali dari tahun 2154 gak ada sekolahan semua pake AI ... apa yang kamu mau tau tinggal ngomong lalu akan dijelaskan oleh AI lewat micro-speakaer yg terkoneksi ke telinga kamu )

1. Teknologi Informasi
2. Militer

Jadi percayalah sama kaka...kamu tinggal dalemin aja abis itu kamu akan tertarik dan lulus dengan nilai yg baik...
relax gan
agan blum memahami aja matkulnya, jgn malu belajar sama teman yg pinter atau bahkan ma senior agan
Gue paham, gue jg pas kuliah salah masuk jurusan wkwk
Ywd jalanin aja sih,
Jurusan yg sekarang prospek ke depan bagus dan akan dibutuhkan bgt . Diterusin aja , belajar yang rajin. Karena pada akhirnya kalau lulus kuliah pasti buat cari kerja .

Realistis dulu aja , lulus dulu kalau mau kuliah lagi jurusan yg diminat silahkan
Quote:


Lu tau gak? Temen-temen gw yang gangi jurusan kuliahnya mandek di tengah jalan. Mostly karena jenuh

So, mending lu selesaikan dulu kuliah ti sakpe dpt gelarnya. Baru ngembangin yang lain, daripada stop ditengah jalan.

Gw yang dari awal milih jurusan yang gw suka juga ada kalanya merasa salah jurusan. Bedanya tetap gw selesaikan sampe akhir.
Kalau boleh menyarankan jalani apa yang sudah ada saat ini. Itu jurusannya bagus banget, lo. Kalau menurutku mungkin itu sudah takdirnya, kak. Mengikuti alur takdir saja. Semangat sampai lulus tepat waktu, nanti waktu S-2 bisa ambil jurusan yang kakak inginkan. Merasa salah jurusan, jenuh, malas. Itu sudah biasa terjadi, kak. Kembali lagi sama tujuan kita kuliah itu untuk apa.
Diubah oleh ilafit
Kamu sebenarnya tidak salah ko
Memang kenyataan beberapa berita dikatakan bahwa 87 persen mahasiswanya salah jurusan malah pejabat kemendikbudnya bilang sendiri..
Diubah oleh goal481
eman" umur gan. kl pindah jurusan....
selesain dulu kuliahnya terus kerja, nanti ambil kelas lagi sambil kerja, selain karena pindah jurusan makan biaya sayang juga kan udh 4 smt ditinggal gitu aja


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di