CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menteri Teten Ingin Bangun Ekonomi Labuan Bajo Lewat Koperas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3413afeaab25760026c780/menteri-teten-ingin-bangun-ekonomi-labuan-bajo-lewat-koperas

Menteri Teten Ingin Bangun Ekonomi Labuan Bajo Lewat Koperas

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong keterlibatan koperasi dalam pengembangan Labuan Bajo di NTT sebagai destinasi wisata super prioritas. Dia berharap pengembangan Labuan Bajo tak hanya dinikmati investor dari luar wilayah tersebut saja.

"Saya mendorong koperasi agar berperan aktif agar pengembangan sebuah destinasi wisata, khususnya di Labuan Bajo, NTT, juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sana," pinta Menteri Teten usai menerima pengurus Koperasi Pariwisata Republik Indonesia (Koparri) di kantornya, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

BACA JUGA

Koperasi Bakal Jadi Sentra Bisnis Petani Kopi

Dia lantas meminta Koparri mengidentifikasi lima produk unggulan di Labuan Bajo untuk dijadikan komoditas unggulan guna mendukung sektor pariwisata.

"Program kami fokus dalam pengembangan destinasi wisata, khususnya di sektorhomestay, wisata alam, kuliner, supply kebutuhan hotel dan restoran, hingga souvenir", ujar dia.

Menurutnya, pengembangan sektor pariwisata merupakan program jangka panjang. Oleh karenanya, ia menganggap pembinaan masyarakat lokal melalui program vokasional dapat jadi jawaban agar mereka ke depan bisa dilepas untuk mengurus wilayahnya sendiri.

"Kita akan arahkan program pelatihan di destinasi wisata unggulan. Misalnya untuk meningkatkan kualitas souvenir, apakah perlu kita datangkan desainer untuk melatih para perajin disana? Intinya, harus kita bangun kualitas pusat oleh-oleh hingga kualitas tour guide-nya kita tingkatkan," urainya.



Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memberi keterangan saat konferensi pers di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Teten menyatakan pihaknya bertekad membawa produk-produk UMKM masuk ke dalam rantai pasok global (global value chain). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Hanya saja, Menteri Teten meminta agar langkah pengembangan destinasi wisata di daerah manapun nantinya harus berbasis koperasi, bukan perorangan. Dia lantas mengajak masyarakat setempat untuk tergabung dan membentuk sebuah badan hukum bernama koperasi.

"Tujuannya, agar kemitraan dengan hotel, restoran, atau pihak lain bukan lagi dengan perorangan, melainkan dengan badan hukum. Sehingga kepentingan masyarakat akan lebih terlindungi," tandas dia.

https://www.liputan6.com/bisnis/read...lewat-koperasi

Koperasinya koperasi premium
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Koperasi simpan pinjam


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di