CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Makan Durian Bisa Sebabkan Kolesterol Naik?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e33efc1a2d1951002568c53/makan-durian-bisa-sebabkan-kolesterol-naik

Makan Durian Bisa Sebabkan Kolesterol Naik?

emoticon-Ngakak (S) : Buah, Buah apa yang suka bikin sirik?
emoticon-Belo   : Srikaya!
emoticon-Ngakak (S) : Salah!
emoticon-Belo   : Terus apa dong?
emoticon-Ngakak (S) : Duren lah!

Makan Durian Bisa Sebabkan Kolesterol Naik?

emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek

Kalo  ngomongin soal Durian nih GanSis, emang bener ya kalo kebanyakan makan Durian, kadar kolesterol kita bakal meningkat?

emoticon-Bingungbingungemoticon-Bingung

Kita cari tau dulu yuk seluk beluk durian!

Durian adalah salah satu buah yang banyak tumbuh di negara beriklim tropis, seperti berbagai negara di Asia Tenggara yaitu Malaysia, Indonesia, dan Thailand. Buah ini umumnya berukuran besar dengan cangkang luar yang keras dan runcing.

Daging buah durian bisa beragam warnanya. Paling sering berwarna kekuningan, putih, hingga keemasan. Meski begitu terkadang durian juga ada yang memiliki warna daging kemerahan atau kehijauan. Sementara rasa daging buah durian digambarkan sebagai perpaduan antara rasa keju, almond, bawang putih, dan karamel. Bagi mereka yang fanatik, buah durian dianggap sebagai kenikmatan dunia yang tiada tara.

Berat satu biji buah durian kurang lebih sekitar 40 gram. Dalam 100 gram buah durian terkandung hampir 150 kalori, yang berasal dari 5,3 gram lemak, 98 gram karbohidrat, dan 5 gram protein. Total kalori yang terkandung dalam 100 gram buah durian diperkiraan sudah cukup untuk memenuhi 7 persen kebutuhan kalori dalam sehari.

Makan satu porsi durian akan menyediakan 33 persen asupan vitamin C dan 25 persen tiamin yang Agan butuhkan setiap hari. Durian juga merupakan sumber vitamin B6 dan kalium yang baik, karena mengandung 16 persen B6 dan 12 persen kalium yang dibutuhkan tubuh Anda setiap hari.

Agan juga akan mendapatkan sekitar 12 persen asupan riboflavin dan 15 persen serat yang direkomendasikan setiap hari. Inilah mengapa buah durian dianggap sebagai buah paling bernutrisi dibandingkan dengan buah lainnya.

Makan Durian Bisa Sebabkan Kolesterol Naik?



Lalu, apakah dengan makan buah Durian ini kolesterol kita bisa meningkat?
Banyak anggapan yang beredar di masyarakat bahwa durian tinggi kolesterol sehingga dapat menyebabkan hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi). Pada kenyataannya, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa buah berduri ini tidak memiliki kandungan kolesterol dalam buahnya, alias nol kolesterol.

Sebaliknya, menurut Dr. Abel Soh, seorang ahli endokrin di Rafles Diabetes dan Endocrine Center, durian mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kadar beberapa jenis lemak dalam tubuh, seperti trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh.
Jadi, anggapan yang mengatakan kalau efek makan durian bisa bikin kolesterol naik tidak benar. Oleh karena itu, orang yang punya kondisi kolesterol tinggi sebenarnya boleh saja makan buah durian.

Meski begitu, durian mengandung sedikit lemak jenuh yang berbahaya, yang dikaitkan dengan penyakit jantung. Tidak hanya itu, durian juga memiliki kandungan kalori dan gula yang cukup tinggi, sehingga kebanyakan ahli menyarankan setiap orang membatasi jumlah durian yang dikonsumsi.

Terutama bagi mereka yang berencana untuk menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan serta orang dengan penyakit diabetes.


Jadi, sudah siap makan berapa banyak durian hari ini?

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga

waduh ayooo berburu makan durennn. dah lama banget ga makan durenn


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di