CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Penawaran Kerjasama & Investasi /
Perbedaan kopi arabika dan kopi robusta
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e33ead6337f935a425eeadd/perbedaan-kopi-arabika-dan-kopi-robusta

Perbedaan kopi arabika dan kopi robusta

   Menikmati kopi jember di café ataupun di warung kopi bersama teman serta keluarga merupakan kegiatan atau aktivitas yang rutin dilakukan oleh masyarakat untuk menghilangkan rasa jenuh sehabis melakukan aktivitas berat seperti bekerja seharian. Maka jangan heran jika setiap jalan pastinya ada kedai atau warung kopi yang bermunculan. Bagi masyarakat yang menyukai kopi, pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis jual biji kopi robusta jember dan jual biji kopi arabika jember, karena kopi jenis varietas ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia bahkan seluruh dunia. Meskipun saat kopi diolah yang memiliki rasa hampir mirip namun kedua jenis kopi jember ini memiliki perbedaan, apa saja perbedaan dari kopi arabika jember dan kopi robusta jember? Berikut adalah beberapa perbedaan yang wajib kalian ketahui:
·        Bentuk dari biji kopi
Kita bisa membedakan jenis kopi robusta jember dan jenis kopi arabika jember dengan melihat bentuk dari kedua biji kopi ini. Jika biji kopi robusta memiliki bentuk yang bulat penuh beda dengan bentuk biji kopi arabika jember yang cenderung lebih besar serta lonjong dan pipih.
·        tingkat kafein dari kopi
bagi kita yang menyukai minuman kopi supaya tetap terjaga di malam hari, sebaiknya kita meminum kopi robusta jember. Hal tersebut karena biji kopi robusta memiliki kandungan kafein yang besar sekitar 2.2 sampai 2.7 persen dibandingkan dengan kafein kopi arabika yang hanya sebesar 1.1 sampai 1.5 persen.
·        Usia dari kopi
Usia dari kopi ini menjadi salah satu yang bisa membedakan antara biji kopi arabika jember dengan biji kopi robusta jember. Biji kopi arabika jember ini adalah jenis kopi yang pertama kali pernah dikonsumsi beda dengan biji kopi robusta jember yang baru saja ditemukan kurang lebih dari 100 thn setelah kopi arabika jember ditemukan.
·        Kandungan lemak dan gula dari kopi
Kandungan lemak dan gula pada biji kopi jember ini memiliki jenis lemak dan gula yang sangt berbeda. Arabika memiliki kandungan lemak sampai 60 persen dan juga memiliki kandungan gula yang lebih banyak dua kali lipat dibandingkan dengan kopi robusta jember.
·        Aroma dari kopi
Kopi arbika jember memiliki kadar asam yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi robusta jember. Jika aroma kopi arabika memiliki aroma yang didominasi buah-buahan berbeda dengan kopi robusta jember yang memiliki seperti kacang.
·        Ukuran tanaman kopi
Biji kopi arabika jember dan biji kopi robusta jember bisa dibedakan melalui ukuran tanaman atau pohonnya. Jika tanaman kopi robusta jember memiliki bentuk dan ukuran daun yang lebih besar serta tinggi kopi robusta jember lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman atau pohon kopi arabika jember. Biasanya tinggi arabika jember mencapai 2.5 sampai 5 meter sedangkan robusta hingga mencapai 5 meter.
·        Rasa dari kopi
Rasa dari kopi ini paling mendasar untuk membedakan kedua jenis kopi arabika dan kopi robusta ini. Rasa kopi arabika jember memiliki rasa yang lebih pahit sehingga cocok untuk dijadikan sebagai bahan campuran espresso, jenis penyajian kopi ini sangat cocok juga untuk orang yang menyukai kopi. Sedangkan rasa kopi arabika jember cenderung memiliki rasa yang lebih manis dan asam.
·        Kandungan asam klorogenik
Biji kopi robusta jember ini memiliki kandungan asam klorogenik sebanyak 7 sampai 10 persen sedangkan kopi arabika jember memiliki asam lorogenik sebesar 5.5 sampai 8 persen.
·        Harga dari biji kopi
Harga dari biji kopi jember ini bisa menjadi salah satu contoh untuk membedakan antara kopi arabika dan kopi robusta. Biji kopi arabika terkenal sebagai kopi mahal karena sulit untuk dibudidayakan, dibandingkan dengan harga kopi robusta jember yang bisa dibilang murah.
 
Untuk pemesan kopi yang lebih lanjut kalian bisa menghubungi kami ke nomor 085784510337 (mareta)




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di