CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kisah Ali Mohamed Zaki Penemu Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e33b1016df2315a786491bf/kisah-ali-mohamed-zaki-penemu-virus-corona

Kisah Ali Mohamed Zaki Penemu Virus Corona

Hallooo cuy! kalian pasti udah dengar banyak tentang virus korona yang berawal dari sebuah pasar di Wuhan,Cina sampai-sampai kota berpenduduk sekitar 11juta itu diisolasi. Tapi kalau ane baca artikel dari CNN Indonesia ini virus corona awal mulanya justru terjadi di Arab Saudi. Dan penemunya  Ali Mohamed Zaki sampai dipecat gara-gara ini. Begini kisahnya.


Virus Corona 2019-nCoV dikabarkan pertama kali diidentifikasioleh ahli mikrobiologi Ali Mohamed Zaki yang bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit Dr. Soliman Fakeeh, Arab Saudi, pada September 2019.

Kisah Ali Mohamed Zaki Penemu Virus Corona

Jadi pada bulan tersebut Ali diminta oleh seorang dokter untuk mengidentifikasi virus di dalam tubuh seorang pasien berusia 60 tahunyang tengah dirawat karena mengalami pneumonia parah di RS Dr. Soliman Fakeeh, Juni 2019.

Dalam tes laboratorium pertama kali, Ali gagal mengidentifikasi virus tersebut. Sehingga, dia mengirim sampel virus yang dimilikinya ke laboratorium virologi Erasmus Medical Centre di Rotterdam, Belanda.

Sambil menunggu hasil EMC memeriksa, Ali mencoba kembali tes laboratorium terhadap virus itu dan hasilnya positif. Penelitian menyebut bahwa pasien terinfeksi patogen yang disebut virus Corona, sejenis SARS.

Mengetahui hal itu, Zaki lantas mengirim email ke EMC untuk mengumumkan bawah ada sebuah virus bernama Corona yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Zaki juga mengunggah temuannya di proMED, sistem pelaporan internet yang dirancang untuk secara cepat berbagi rincian penyakit menular dan wabah untuk mengingatkan ilmuan lain. Nah inilah penyebab ia dipecat.

Karena langkah yang dilakukan oleh Zaki dianggap merugikan pemerintah Arab Saudi. Zaki dipecat dari RS tempatnya bekerja karena intervensi Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Quote:


Pemecatan Zaki berdampak terhadap pasien yang diambil sampel dahaknya untuk diteliti. Pasien itu meninggal 11 hari kemudian akibat gangguan pernapasan hingga kerja ginjal dan organ lainnya.emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)

Dia mendukung keputusannya untuk mengumumkan situasi bahaya kepada dunia, meskipun ada keberatan dari pejabat kesehatan Saudi. "Aku tidak yakin pada saat itu apa yang sedang terjadi. Aku tidak tahu apa yang ada di tanganku," kata Zaki.


Kisah Ali Mohamed Zaki Penemu Virus Corona

Lebih lanjut, virus Corona meningkat sejak virus terungkap pada September 2019. Arab Saudi menyebut ada 15 orang yang terjangkit Corona di mana satu di antaranya meninggal pekan ini.

Jumlah kasus di Arab Saudi memang belum mengkhawatirkan. Namun, fakta virus Corona yang menyebar ke berbagai wilayah memicu adanya kemungkinan terburuk.


Quote:



Melansir Nature, otoritas Arab Saudi mengklaim Zaki melakukan penelitian ilegal, termasuk saat mengirim sampel virus ke Belanda. Wakil Menteri Kesehatan Arab Saudi, Ziad Memish menegaskan bahwa prosedur nasional mewajibkan untuk melaporkan potensi patogen baru.

Dia juga menekankan bahwa di bawah Peraturan Kesehatan Internasional WHO memerintahkan semua negara anggota harus melaporkan kepada organisasi setiap kasus penyakit parah yang tidak biasa dan tidak teridentifikasi yang dapat menjadi perhatian internasional.

Terkait hal itu, Zaki mengklaim telah mematuhi prosedur dengan mengirimkan sampel virus dan data klinis terkait ke Kemenkes Saudi pada 18 Juni 2019. Namun, dia menyebut kementerian tidak cukup menindaklanjutinya karena alasan sampel dikirim tanpa bendera merah yang memadai.

Zaki menambahkan dirinya berhak hanya memberi tahu pihak berwenang tentang perkembangan selanjutnya lewat ProMED.


Quote:



Ane jadi nangkepnya virus ini sebenarnya berawal dari Arab Saudi dan entah gimana ceritanya sampai ke Wuhan,Cina? Kasihan juga pasien tersebut sampai harus meninggalemoticon-Berduka (S) Lagi-lagi ini karena ada birokrasi yang dilanggar yang menyebabkan si penemu Ali harus kehilangan pekerjaannya, tapi saat ini dia sudah bekerja di Universitas Ain Shams di Kairo.

Semoga virus ini cepat ada obatnya dan tidak sampai meluas ke Indonesia 


Spoiler for sumur:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
feraldi2001 dan 38 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
amin gan semoga obatnya segera ada ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ningdidien dan 4 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nielzone dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Gara-gara hobi minum kencing onta kali gan emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
moga cepet ketemu vaksinya breee.....
profile-picture
wolfzmus memberi reputasi
barokah sungguh ya akhi emoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nielzone dan 2 lainnya memberi reputasi
Ga usah deh bawa-bawa kaum, ras atau agama..
Semua udah kehendak Allah..

Jangan sok tau ente..

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 20 lainnya memberi reputasi
ngawur ts emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leh..uga dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Udah ada 3 hari tapi gak masuk moderasi sebelum diangkat HT emoticon-Cape deeehhemoticon-Cape deeehh
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
para kadrun kejang2, padahal ts nya ga mengesankan judge ke satu ras atau agama tapi para kadrun sudah self defense. Terima aja lah awal virusnya dari mana dan sebut itu ujian, kalo buat kaum lain baru azab
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:

3 kadrun malas baca, cuma komen kejang2
enjoooyyyemoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hazbility dan 3 lainnya memberi reputasi
Banyak yang bikin berita ginian, apalagi Liputan6 metronews juga publikasikan berita ini. Lain cerita yang di web lainnya bilangnya pembasni... Ane jadi bingung yang bener yang mana emoticon-Hammer2

BTW yang gak simak bacaan TSnya please sebelum marah2 cuman gara2 ada kata "ISLAM". Baca lagi sejenak.. Jangan asal komentar tanpa baca beritanya.
profile-picture
profile-picture
meldeyy99 dan extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh wolfzmus
kalo kata kadrun dia di pecat karena menemukan vaksin corona
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
mukanya mirip gubernur london


hoax bukan nih?
Diubah oleh MrJeffBezos
Hhmmm...
Keren juga nih..
emoticon-Traveller
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Bedanya ama mers apa gan?
TS nya kebanyakan micin
Entahlah
Kalo dari geng gurun meragukan suka klaim sembarangan merasa paling berjasa
profile-picture
profile-picture
youpork dan .theflash. memberi reputasi
*Aneh Tapi Nyata: 3 Bulan Sebelum Virus Corona Menjadi Kasus di Wuhan RRC, Ternyata Ada Pembicaraan Ilmiah di Amerika tentang Kemungkinan Cara Menangani Virus Tersebut* Kisah Ali Mohamed Zaki Penemu Virus CoronaSeminar kedokteran yang diadakan pada bulan Oktober 2019 di Rumah Sakit John Hopkins itu secara khusus memang seperti sebuah prediksi tentang kemungkinan meledaknya penyakit yang membahayakan banyak orang. Baca selengkapnya di https://www.dailymail.co.uk/health/a...onths-ago.html

Hebatnya kita org Indonesia, Masih Bebas Virus Corona Meski Banyak Negara Sudah Kena

Mari kt berpikir sdkt gila tp msh dlm koridor fakta.

Virus Corona bs jadi sdh masuk ke tubuh org Ind. Ttp si virus kebingungan krn begitiu bnyk antibody.
Orang Indonesia itu mayoritas kebal dgn virus bginian...
Mau virus flu Singapore kek, virus Mers, dsb...
Krn kita hidup di negara tropis dengan kelembaban yang sangat tinggi, dimana2 bermukim jamur, dan udara kotor... jadi tubuh kita jauh lebih kebal daripada mereka2.

Orang Eropa kena flu, banyak yang mati... coba kita yg kena flu, mau sampe ingus warna ijopun ya tetap bisa hahahihi... 😅😁

Orang Jepang kena bakteri eColi, langsung mati... kita kalau kena bakteri eColi, paling banter ya mencret2 doank... 😅😅😂😂

Krn sudah kebiasaan dari jaman masih bocah beli es pinggir jalan, pake air mentah n es batu nya juga bikinnya pake air kali yg banyak bakteri eColinya... 😅😂😂🙈🙈

Itu lom lagi tubuh juga dah digembleng tiap hari hadapin borax, formalin, pewarna pakaian, plastik, pengental semen, dsb... pokoke badan orang indo dah tahan banting ... 😎😎😅😂😂😂

Bayangkan, mana berani mrk meniru....
100 sendok piring gelas cuma dicuci dng air 1 ember.👌🏿👌🏿👍🏾

Minyak goreng campur plastic biar crispy.🤓👍🏾👌🏿

Limbah di impor utk jd bahan bakar produksi tahu di Sidoarjo.👍🏾🤓

Ayam yg sdh sakit-mati dijual dan tentu akhirnya dimakan org.

Makan Usus, jantung, paru; brutu, darah, leher, isi di kepala dan semua ditubuh hewan kecuali bulunya. 👍🏾🤓

Gula sintetis sdh jd asupan harian.👍🏾🤓

Tanpa micin rasa tak menjadi sedap.🤓👍🏾

Tanpa cabai bnyk makan tak terasa nendang.

Dari asap knalpot, obat nyamuk, rokok smpai debu juga disedot.😄😄👍🏾👌🏿

Di Jkt, karak telur dijual dan digoreng 40 cm di atas tanah. Ditepi jln raya yg pasti ramai dan tdk peduli sblmnya banjir luapan septic tank dan kali.😄😄😄👍🏾🤓👌🏿

Makan pakai tangan yg cuma dicelupkan ke air bekas cucian piring 😄😄🤓👍🏾👌🏿

Dan kekonyolan2 lain yg mungkin sekaligus menjadi prestasi. 😄😄😄🤓👍🏾

Jika ada individu yg terpapar corona virus di Indonesia
KeMungkinab besar org tsb tdk memiliki gaya hidup di atas?

Apalagi makanan kita rawon setan, nasi goreng gila, mie petir sambel mercon...😄😄😄😄👍🏾👌🏿
Wes kuat tenan lah kita2 ini..
💪🏻💪🏻

Bata only!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rastavazi dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh CYBERTRUCK
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di