CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
PERLUKAH BERHEMAT KUOTA, PADAHAL SEKARANG JAMAN ONLINE ??
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e33a8cab840884a4360eb31/perlukah-berhemat-kuota-padahal-sekarang-jaman-online

PERLUKAH BERHEMAT KUOTA, PADAHAL SEKARANG JAMAN ONLINE ??

Ini berdasarkan pengalaman TS, jadi kalo ada cara menghemat kuota, itu cara TS ( mungkin bukan yang paling tepat untuk masing2 orang ).

Beda nya non kuota & kuota, ada di mobilitas nya ( wifi & 3/4/5 G ).
Wifi kadang2 ada yg gratis tapi kelemahan nya : Daftar / login dulu, kecepatan yang malah gak stabil karena itu untuk umum maka nya banyak orang make juga, statis alias 'diam di situ2 aja'.
3/4/5 G emang butuh kuota, tapi kelebihan nya : Mobile, akses cukup stabil ( tergantung provider & letak BTS nya ), bisa internetan apa aja tanpa takut / parno.

TS sendiri walau di bilang bukan pelajar lagi ( steorotip pelajar yg duit nya pas2an bgt ) tapi sikon sekarang emg duit TS pas2an krn masih proses dapetin pekerjaan. Jadi TS inisiatif untuk 'berhemat' dalam berinternetan.

Walau begitu, kalo di bilang berhemat, tapi fakta nya gak hemat juga. Karena internetan sesuai kebutuhan. Jadi TS internetan palingan nonton video, browsing, sosmed. No gaming ataupun upload streaming. Yang paling menguras kuota emang nonton video ( nonton meaning watching ie youtube, IG videos, etc ).

Naahh .. TS pake kartu sim Telkomsel ( simpati & nomor baru ie 0813 ). Rumor nya kalo kartu ini paling mahal di banding semua kartu sim. Emang sih banyak yang pilih smartfren karena murah & kuota nya menggunung. Untuk orang yang kebanyakan statis & tinggal di tempat tinggal / kerja nya ada BTS smartfren yg mencukupi ( dan tentu nya konsumen nya juga gak banyak ), pasti sangat menguntungkan. Ambyar dah .. emoticon-Ngakak

TS pake kartu itu karena TS tipe orang yg sebenar nya rada mobile & males klo terlalu lama di satu tempat ( kecuali kalo gaming di game center emoticon-Matabelo ). Dan Telkomsel mempunyai reputasi karena kestabilan kecepatan nya.

Untuk 1 bulan, TS perlu kuota antara 20 - 30 GB. Itu duit nya kira2 120 rb - 180 rb. Itu pun beli 4 x - 6 x ( kuota termurah, 28 rb dapet 5 GB yg termasuk 1 GB utk chat aja. Nah kuota chat TS akalin pake buat browsing n nonton pake aplikasi Anonytun - cara nya cari aja di google ).

Itu aja TS masih berhemat walau gak hemat bgt. Jadi hemat ala TS :
1. Karena browsing susah banget untuk hemat, jadi nya palingan hemat di nonton. Untuk nonton, biasa nya tergantung apa yg mau di tonton.

Contoh : Untuk nonton acara talkshow atau semacam nya, TS pake mode resolusi 144p, tapi posisi layar vertical atau no landscape. Biar gambar gak terlalu pecah. Lagi kan cuman pgn liat apa yg di omongin aja.
Kalo untuk nonton bola / basket ( durasi minimal agak lama ), TS pake mode 240p, posisi layar landscape. Gpp gambar agak sedikit pecah tapi yg penting bola nya keliatan cukup jelas, jadi tau gimana proses nya.
Untuk nonton highlights basket / NBA, highlights Dota 2, streaming turnamen cukup besar untuk pro level dunia Dota 2, TS pake mode 360p. Gambar nya cukup jelas walau dengan posisi layar landscape.

Jadi untuk berhemat, TS agak mengorbankan visual tapi menjaga kualitas agar gak terlalu jelek.

2. Download.

Untuk ini, tergantung sikon nya. Kalo itungan TS, untuk dapetin 1 GB TS harus kluar duit sekitar 6 rb.
Jadi kalo apapun yg mau di download itu jumlah nya harus setara dengan duit yg kluar.

Contoh = Untuk download atau update2 aplikasi2, waktu itu TS pernah download sekitar 300 MB. TS pikir mending download pake kuota. Lebih sederhana n cukup cepet juga n lebih murah.
Kalo cari wifi gratis, pertama harus mikir / inget dulu dimana wifi nya. Kedua, ongkos ke sana nya mungkin lebih besar drpd kuota yg kluar kalo download lewat kuota ( kecuali kalo agan sista mau pergi ke suatu tempat dan lewatin / ada wifi gratis, yahh itu lebih baik heheh )

Tapi kalo mau download / patch game atau sesuatu yg jumlah nya 1 GB ke atas, mungkin cari wifi gratis. Dan bukan wifi gratis aja tapi kecepatan nya juga stabil. Untuk wifi itu, TS ada 2 tempat yg bagus, yaitu di halte TJ Sarinah & monas ( HIGO ). Itu kecepatan nya rata2 3 Mbps. Kalo TS download pake kuota ( dimana aja ), kecepatan rata2 sekitar 1 an Mbps, lumayan ( mau nya sih 3 Mbps 😂 ).

Naahh .. itulah cara TS untuk berhemat kuota. Tapi inti dari itu semua sih sebenar nya adalah bukan soal menyimpan uang dan atau 'untuk masa depan' , tapi bagaimana kita bisa menikmati duit yg udah kita keluarkan untuk mendapatkan hasil yg bisa memuaskan pikiran & hati kita, itu aja.

Kalo soal berhemat, kaya nya udah kurang relevan lagi karena secara kita udah hidup di jaman online sekarang ( jadi semacam kebutuhan 'primer' ). Yg lebih penting adalah bagaimana kita memuaskan diri kita, dan mungkin lebih baik dengan mencari pemasukan duit yg lebih besar drpd berhemat.

*Notes = Hidup bukan untuk kerja, dan jangan terlalu merasa benar kalo kerja untuk hidup. Yg TS pikir sih yg bagus adalah .... Live for life emoticon-Toast

Diubah oleh dlsn_huff
Halaman 1 dari 2
hemat-hemat gan biarpun zaman online. jangan kecanduan sampe boros kuota. justru karena zaman online maka harus makin berani kontrol diri.

udah pengalaman emoticon-Hammer
profile-picture
dlsn_huff memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post EnzoMan
Iyah, ada bener nya juga agan.
Tapi tetep 'seimbangin' sih kalo ane bilang. Kasian juga kita kalo hemat tapi menyiksa diri .... atau boros tapi gak kekontrol. Secukup nya ajah mungkin yg lebih bagus yak ?! Hemat enggak, boros juga gak ..
profile-picture
dlsn_huff memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yuk yuk berhemat kuota.ceritanya sama persis dengan yang aku alami.aku juga lagi bahas kuota mahal sekarang
profile-picture
dlsn_huff memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post segoroagungindo
Yup. Harta adalah kasta tertinggi gamers. Gak ada duit, kaya gak ada hidup emoticon-Wakaka
Dih
Hare gene masih mw hemat kuota



emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
dlsn_huff memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post blackysharky
Pinter2 aja gan pake duit & kuota nya. Susah juga jadi nya berhemat kalo nyiksa diri. Coz we live in present, not in future ( do now, see future )
Balasan post stunningchicks
Itu pilihan tiap orang gan.
Tapi asal gak rugiin diri sendiri & orang lain sih, masih bagus2 aja.
Maka nya kita pinter2in cari duit & pake kuota nya & cari kartu sim yg tepat, cuman itu aja ..
ane pakai tri dgn 1500 dapet 2gb full sehari penuh di semua jaringan 😎
profile-picture
dlsn_huff memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Neh
Pemakaian internet ane di akhir bulan

PERLUKAH BERHEMAT KUOTA, PADAHAL SEKARANG JAMAN ONLINE ??

Apa yang mau dihemat

emoticon-DP
profile-picture
dlsn_huff memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kuota mah tergantung pemakaian kita sehari2 sih
profile-picture
dlsn_huff memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ga usah hemat kuota klo ada wifi mah
profile-picture
dlsn_huff memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ga perlu

PERLUKAH BERHEMAT KUOTA, PADAHAL SEKARANG JAMAN ONLINE ??

emoticon-Cool
profile-picture
dlsn_huff memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post almara96
Wew ..... ciuus sis ?
Balasan post guiltforit
Hahahah ( woooww ) ... setidak nya agan bagaikan di surga kalo lagi internetan ( bahkan amat gak sepuas itu ). Btw, kuota abis segitu, nonton nya 4k mulu gan ? emoticon-Big Grin
Balasan post fuzxxx
Yup, thats so true gan. Tergantung kebutuhan / kebiasaan aja
Balasan post MrJeffBezos
Ane juga mau nya gitu gan.
Tapi wifi gratis kan palingan ada nya di rumah & tempat2 tertentu. Tapi fakta nya nge wifi gratis itu biasa nya ngerepotin & lelet kecepatannya ( kecuali di rumah / kantor ). Ada sih wifi.id, cuman musti bayar juga emoticon-Malu
profile-picture
MrJeffBezos memberi reputasi
Balasan post Vandisk
Congrats gan, anda adalah orang yang menikmati ketika internetan 👏

kalo ane secukupnya saja gan
profile-picture
dlsn_huff memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post fadhil.15
Nice gan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di