CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pengalaman Buruk Beli Rumah KPR Kayak Gini. Parah Banget!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e339c23c0cad742f0293b8e/pengalaman-buruk-beli-rumah-kpr-kayak-gini-parah-banget

Pengalaman Buruk Beli Rumah KPR Kayak Gini. Parah Banget!

Sebelumnya TS sudah pernah menceritakan pengalaman buruk diri sendiri terkait ini. Silahkan disimak disinigan-sis. Nah kali ini TS akan menceritakan pengalaman buruk sobat karib TS. Dia juga baru ambil rumah secara KPR dengan harga 370 juta-an tipe 36/80. Lebih mahal dikit dari punya TS, tetapi masih satu kabupaten dan lokasinya memang lebih dekat ke perbatasan kota.

Apa saja pengalaman buruknya? Berikut TS sampaikan point-pointnya berikut ini:

1. Pada saat cicilan DP bulan ke-3 tiba-tiba pihak developer bilang ada pengukuran ulang, dan ada kelebihan tanah sehingga harga yang sebelumnya 350 juta an naik menjadi 370 juta. Teman TS itu jelas kecewa, tapi sudah terlanjur sayang dan berharap banget punya rumah baru yang dekat dengan mertua serta orang tuanya. Akhirnya ya sudah. Ngikut saja. SPR (Surat Pemesanan Rumah) pun diperbarui dengan harga lebih mahal. DP pun naik jadi 70 juta yang sebelumnya 50 juta.

2. Pembangunan rumah sangat lelet. Rumah itu dijadwalkan serah terima bulan November 2019. Tetapi sampai sekarang kondisinya masih seperti pada gambar yang dikirimnya ke TS ini (Foto tanggal 30 Januari 2020). Lihatlah tu belum serah terima kunci tapi sudah retak-retak parah.

Pengalaman Buruk Beli Rumah KPR Kayak Gini. Parah Banget!
Pihak developer beralasan ketelatan itu karena ada pergantian mandor. Mandor sebelumnya kerjanya jelek. Sehinga ada penyesuaian jadwal kerja dan jadinya molor. Teman TS sangat jengkel dan tak mampu menahan emosi. Terjadilah pertengkaran cukup serius antara dirinya dengan tim developer di lapangan. Pasalnya menurut teman TS pihak developer sudah menjanjikan paling telat akhir tahun 2019. Tetapi nyatanya molor lagi.

3. Hal lain yang bikin teman TS naik pitam adalah saat acc KPR pertama di SP3K tertera total biaya-biaya realisasi 25 jutaan (sudah plus biaya notaris). Eh pada saat acc KPR kedua di SP3K (update data) malah naik jadi 28 jutaan lebih. Ada kenaikan pada poin premi asuransi jiwa yang naik hampir 2 kali lipat. Menurut pihak bank saat 2019 ada promo, sementara 2020 tidak ada promo untuk asuransi jiwa. Ini konyol sekali, karena TS pun tahu premi asuransi jiwa itu ada dasar perhitungannya. Ada rumusnya.

Asuransi Jiwa = koefisien x LTV (loan to value) : 1.000.

Jadi perhitungannya seperti ini:

(-) LTV, plafon yang diacc bank= 300.000.0000
(-) Koefisien utk debitur usia 30 tahun dengan tenor KPR 15 tahun = 12,10. Angka ini lihat di tabel berikut.

Pengalaman Buruk Beli Rumah KPR Kayak Gini. Parah Banget!

(-) Asuransi jiwa = 300.000.000 x 12,10 : 1000 = 3.630.000

Biaya premi asuransi jiwa utk KPR teman TS harusnya sekitar 3,6 juta seperti yang tertera di SP3K acc pertama. Tetapi yang tertera di SP3K acc kedua naik jadi 6 jutaan. Teman TS jelas protes dan tak mau dibodohi begitu saja. Tetapi pihak bank hanya memberikan penjelasan bahwa kenaikan itu karena tidak ada promo lagi seperti tahun 2019.

Malang sekali nasib teman TS itu. Udah developer bangun rumahnya telat, dia sekarang harus bayar lebih karena ada kenaikan biaya asuransi jiwa yang gak logis dari pihak bank.

=-=-=-=-=-=
Tapi apa mau dikata. Teman TS sudah capek berdebat dengan pihak bank dan developer. Kata-kata nyelekit yang TS ingat dari si teman di akhir percakapan kami hari itu adalah. "Aku merasa dizholimi dalam transaksi jual beli ini. Gak berkah uang yang mereka makan. Aku sudah males ngeladeni mereka. Biarlah Tuhan Yang Maha Adil Mengadili mereka yang berbuat zholim." Ujarnya.

=-=-=-=-=-=
Sekali lagi, seperti yang telah TS sampaikan pada thread sebelumnya.

Mending bangun rumah sendiri saja pelan-pelan. Beli tanah kavlingan. Terus dibangun bertahap. Kita tahu dengan kualitas material yang dipasang. Ketimbang beli rumah secara KPR, udah nanggung hutang belasan tahun, kualitas rumah jelek pula. Ujung-ujungnya keluar duit lebih banyak untuk renovasi.

Sumber: 100% dari Kisah Nyata teman TS dan TS sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 58 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 15
tapi?
profile-picture
mulivw memberi reputasi
kali ini setuju sama TS emoticon-shakehand:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 8 lainnya memberi reputasi
ane 3 tahun lalu ngambil KPR dengan cara takeover(masih bawaan developer), liat rumah KPR miris banget padahal bukan subsidi emoticon-Frown akhirnya renov sendiri sampe hampir 2/3 dari harga rumah yg di KPR in emoticon-Frown

sebagai perantau, kalo cuman beli rumah dan bangun sendiri, khawatirnya ada ketidakcocokan dengan tetangga tanah rantau (fikiran terjauhnya) emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Smriwiing dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
sebenernya kalo mau ambil rumah kpr ini harus diriset lagi sih si pihak developernya terpercaya apa ngga.. cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan


Quote:

setuju gan jan asal ambil ya

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 4 lainnya memberi reputasi
Kpr gini, apa yang mau diharap? emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan pein666 memberi reputasi
Quote:


Iya kan? Kakak ane nyari rumah kpr juga yg terpercaya diriset dr segala aspek dan syukur dapet yg bagus sih belum ada keluhan apa2 selama 2 tahun ini
profile-picture
profile-picture
iskrim dan kakekane.cell memberi reputasi
Alhamdulillah kpr ane kurang 5taun lagi, tp emang sih pas tahun² pertama banyak masalah dan kebanyakan ada di kualitas pembangunan, pada 2 tahun pertama rumah ane udah retak dan hampir terbelah emoticon-Ngakak tp alhamdulillah ngadu ke developer dibenerin juga meski cm ditambal bukannya di sabuk pake besi dulu dll, pokoknya asal keliatan dibenerin, tp ya sudahlah terlanjur abis²an buat bayarin awalnya, sedikit demi sedikit dibenerin dan alhamdulillah ada tempat buat berteduh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 13 lainnya memberi reputasi


Quote:

iya biasanya kalo kita riset sendiri sesuai dengan apa yg kita mau

profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Cash aja om, nabung duyu 40 taun.
emoticon-Baby Boy
Ajib bener harga bisa rubah setelah kesepakatan gan? Hehehe.. ane bekas marketing KPR.. kalo kualitas bangunan mah.. yah gitu lah.. gak bagus2 amat.. banyak developer maen2.. tapi kasus rubah harga ini kali kedua gan..
Ane pernah dapet cerita dr temen SMA..dia KPR emang posisinya hook jadi ada lebihan tanah.. marketingnya (biasanya reseller/maklar) bilang harga sama.. ternyata harganya lebih mahal.

Saran aja.. kalo beli KPR.. sering2 dicek pas pembangunan.. tambahin semen dll.. sering kasih uang rokok ma tukangnya/pengawasnya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 19 lainnya memberi reputasi
iyaa sih, idealnya kayak yang dibilang TS..

pelan" dari beli tanah terus ngebangun bertahap.. kualitas udah pasti sesuai harapan dan kemampuan kita emoticon-2 Jempol

tapi....
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan longneversee memberi reputasi
solusi lainnya:
- KPR rumah yang udah jadi
- KPR ke developer yang punya nama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 5 lainnya memberi reputasi
hitam diatas putih itu perlu, nama besar developer juga bukan jaminan, ane ambil di salah 1 developer besar, terkenal lah, 1 cluster penyakit semua emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
ya gitu deh, memang kalo mau bagus ya bangun sendiri emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 6 lainnya memberi reputasi
developer nya abal2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
brengsek banget pihak developer nya... masukin koran aja tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 2 lainnya memberi reputasi
apa ga liat dulu developernya? ane 2x KPR rumah sampai dilunasi baik2 saja. kondisi rumah ya alakadarnya. kalau pengen bagus ya di renov sesuai keinginan. pengalaman ane saat wawancara lanjut akad kredit semua biaya dll diomongin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 5 lainnya memberi reputasi
ya kpr emang wajar banyak kekurangannya, jd harus bener2 jeli dalam mencari rumah untuk kpr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 2 lainnya memberi reputasi
sukur udeh pny rumah gan
ane masih nungguin rmh DP n cicilan 0%emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 4 lainnya memberi reputasi
mending buat rumah sendiri bre
Halaman 1 dari 15


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di