CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
5 KREASI MASAKAN BUNDA UNTUK SI KECIL SUPAYA LAHAP MAKAN, ALA RIZKA FEBRIYANTI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3390c97414f55d7c262f0f/5-kreasi-masakan-bunda-untuk-si-kecil-supaya-lahap-makan-ala-rizka-febriyanti

5 KREASI MASAKAN BUNDA UNTUK SI KECIL SUPAYA LAHAP MAKAN, ALA RIZKA FEBRIYANTI

Assalamualaikum Semuanya emoticon-Smilie!!
 
Pada kesempatan kali ini saya akan sharing informasi yang santai nih dengan kalian, informasi ini mungkin bisa cocok banget ya untuk para bunda - bunda atau ayah yang care dengan perkembangan buah hati tercinta.  Di era milenial yang serba instant ini kadang sebagai orang tua, yang penting anaknya antheng dikasi gadget dan segala macemnya supaya antheng, tapi malah anthengnya ada yang kebablasan, anak jadi terlalu antheng sehingga gak mikirin lapernya, males makan, yang akhirnya gak jarang buat jengkel para bundanya, kalo bunda dah jengkel, ehhh malah anaknya jadi melakukan GTM (Gerakan Tutup Mulut) gak mau makan sama sekali dehh. 
 
nahh, sebetulnya GTM itu gak akan terjadi ya bun, kalo kita sebagai orang tua punya strategi strategi yang bisa kita lakukan supaya anak lahap makan, gak jadi GTM, tapi jangan yang penting anak kenyang ya bun, nanti anak kenyang tapi gizinya gak mencukupi malah bisa jadi masalah lagi, hihihi.
Anak - anak terkadang bisa bosan dengan menu makanan di rumah yang itu itu saja, bayangkan bun, coba kalau setiap hari si kecil dikasihnya makan mie instant terus, atau makan sayur yang dia gak pernah doyan, itu akan menimbulkan kebosanan bagi anak.  Memang bener yaa, jadi emak emak itu memang terkadang harus kreatif dan inovatif di dalam pemilihan menu dan berkreasi masakan untuk makanan anaknya.
nahhh untuk itu, Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini saya mencoba untuk membahas satu per satu "5 KREASI MASAKAN BUNDA UNTUK SI KECIL SUPAYA LAHAP MAKAN, A LA RIZKA FEBRIYANTI", Yuk langsung aja disimak emoticon-Smilie
 
1TELUR GULUNG SOSIS 
5 KREASI MASAKAN BUNDA UNTUK SI KECIL SUPAYA LAHAP MAKAN, ALA RIZKA FEBRIYANTI
Hmmmm, siapa yang gak tau telur, terus siapa yang juga yang gak tahu nikmatnya Sosis, kelezatan 2 bahan makanan ini masuk dalam daftar masakan yang bisa membuat anak - anak mencari mencari makanan lho bunda, bosen banget gak sih bun, kalau tiap hari bentuk telurnya kalo gak dadar, ceplok, hihihi, dan hidangan inipun bisa menjadi variasi di jam makannya ataupun jam ngemilnya daripada jajan di luar kan emoticon-Smilie, Adapun cara membuatnya juga cukup mudah, berikut resep singkatnya:
Bahan: 
- 3 butir Telur ayam (kocok lepas terlebih dahulu yaa)
- 2 Sosis Ayam/Sapi  (goreng / kukur utuh terkebih dahulu)
- 1 Batang daun bawang
- 1 cabe merah besar
- 1 buah Tomat
 
Cara Membuat:
- Kocok rata semua bahan, kecuali sosis
- siapkan wajan yang anti lengket, tuangkan minyak / magarine secukupnya janga terlalu basah
- Tuangkan telur yang sudah dikocok ke wajan dengan api sedang kecil, letakkan sosis di pinggir wajan, lalu gulung telur sampai mentupi sosis, ulangi 2 sampai 3 kali prosesnya sampai menjadi gulungan yang cukup besar dan padat
- Bila sudah matang sempurna, angkat telur gulungnya, dan segera sajikan selagi hangat  
 
*Pengalaman waktu masak ini yaitu anak saya yang paling kecil itu di dapur sukanya "mbantuin" teruss, hihhi, sampai nggulung telurnya itu diulang berkali kali karena tidak konsen kali ya bun?? hihihi
*gunakanlah wajan anti lengket, karena itu sangat memudahkan proses memasak varian makanan ini
*Awasi anak-anak saat membantu untuk memasak di dapur, perhatian dan safety untuk bunda dan anak nomor 1 ya, bun emoticon-Smilie
 
 
2. NUGGET AYAM HOMEMADE
5 KREASI MASAKAN BUNDA UNTUK SI KECIL SUPAYA LAHAP MAKAN, ALA RIZKA FEBRIYANTI
Nugget ayam memang makanan yang disukai oleh anak - anak, rasanya yang gurih, lembut, dan enak memang idaman bagi anak- anak. Sebetulnya kalo kita beli aja lebih praktis ya bun, tapi gak penasaran nih sama cara buatnya?  bisa jadi kalo bunda buat sendiri, hasilnya bisa lebih enak lhoo, dan tentunya costnya jauh lebih murah daripada beli nugget ayam kemasan di supermarket kan, bun? hehe, dan tentunya lebih sehat yaaa emoticon-Smilie. Berikut adalah resep singkat cara membuatnya, bun:
Bahan:
- 200 gr Ayam Giling
-  Wortel Parut
- 1 butir Telur ayam
- 1 sdm Tapioka
- 2 sdm terigu
- 1 sdt Garam
- 1/2 sdt merica
- 1/2 sdt kaldu bubuk
- 1 sdm parsley bubuk
 
Cara Membuat:
- Aduk semua bahan sampai rata
- masukkan dalam loyang ukuran sedang
- Kukus adonan selama kurang lebih 60 menit
- bila sudah matang, angkat, kemudian dinginkan, setelah dingin potong menjadi bentuk balok kecilatau persegi Sesuai selera
-lumuri nugget yang sudah dipotong - potong dengan tepung terigu, celupkan ke telur yang sudah dikocok, kemudian lumuri dengan tepung roti di akhir
- Goreng sampai bewarna kuning keemasan
- Sajikan selagi hangat, bisa untuk cemilan ataupun dimakan bersama nasi
 
*Tips untuk yang kurang suka ayam: daging ayam bisa diganti dengan Daging ikan ( misal tengiri atau ikan yang bertekstur daging tebal).  Tahu plus Jamur juga bisa digunakan sebagai pengganti daging di sini.
 *di metode mengukus, perhatikanlah banyaknya air kukusan, jangan terlalu sedikit, karena jika terlalu sedikit, air akan cepat habis, dan jika tidak terawasi, maka panci kukusan kehabisan air dan aroma masakan bisa berubah menjadi beraroma "Smokey" namun lebih ke arah Gosong sih menurut saya, hihihi
*pada resep ini gunakanlah dada ayam, karena bagian ini jarang mengandung lemak, dan dagingnya banyak
*Awasi anak-anak saat membantu untuk memasak di dapur, perhatian dan safety untuk bunda dan anak nomor 1 ya, bun emoticon-Smilie
 
 
3. ROTI KUKUS DAGING
5 KREASI MASAKAN BUNDA UNTUK SI KECIL SUPAYA LAHAP MAKAN, ALA RIZKA FEBRIYANTI
Berikutnya adalah Roti Kukus Daging, yang mana bahan baku utamanya sudah jelas pasti adalah Roti, dan Daging. Anak - anak pasti cepat merasa bosan kalau saja  setiap hari cuma makan roti tawar yang bentuknya itu itu aja ya bun, lama lama malah jadi males untuk makan, dengan resep ini semoga bisa menghindarkan anak - anak dari rasa bosan untuk ngemil dan makan, Berikut resep kreasinya:
Bahan:
- 3 Lembar Roti tawar
- 100 gr daging sapi giling
- 1 butir telur ayam
- 200 ml susu cair
- brokoli, potong kecil kecil
- keju cheddar
- parsley
- garam secukupnya
- merica secukupnya
- kaldu bubuk
- margarin , cairkan
 
Cara membuat:
- Potong dadu kecil roti tawar
- Campurkan semua bahan menjadi 1
- tuangkan ke dalam cetakan Cup alumunium foil
- Kukus selama kurang lebih 30 menit
-  sajikan selagi hangat emoticon-Smilie
 
*selain di kukus, resep ini bisa juga menggunakan metode panggang, gunakan Oven alih alih sebagai pengganti metode kukus. 
*di metode mengukus, perhatikanlah banyaknya air kukusan, jangan terlalu sedikit, karena jika terlalu sedikit, air akan cepat habis, dan jika tidak terawasi, maka panci kukusan kehabisan air dan aroma masakan bisa berubah menjadi beraroma "Smokey" namun lebih ke arah Gosong sih menurut saya, hihihi
*perhatikan Bahan - bahan Alergen yang mungkin dihindari oleh anak bunda, bahan yang tidak cocok dibolehkan untuk digantikan dengan bahan yang cocok 
 
4. MACARONI SCHOTEL
5 KREASI MASAKAN BUNDA UNTUK SI KECIL SUPAYA LAHAP MAKAN, ALA RIZKA FEBRIYANTI
Sumber Karbohidrat untuk manusia tidak melulu harus nasi putih ya bun, walaupun sebagai orang indonesia kalau belum makan nasi rasanya gak mantap, tapi anak - anakpun juga harus mengenal sumber karbohidrat dari makanan yang lain, salah satunya ya dari salah satu jenis pasta ini, Macaroni. ini adalah resep sederhana untuk membuat macaroni Schotel, supaya anak gak gampang bosen kalau harus makan.
Bahan:
- 250 Gram Macaroni yang sudah direbus
- 2 butir telur ayam
- Garam & merica secukupnya
- bawang Putih halus
- wortel parut & buncis potong kecil halus
- 100 gr daging ayam yang sudah direbus, potong kecil
- Keju Cheddar secukupnya
 
Cara Membuat:
- Kocok Telur, dan masukkan semua bahan ke dalamnya
- siapkan Cup Alumunium foil, tuangkan adonan 
- beri taburan keju di atas cetakan
- Kukus selama kurang lebih 30 menit
- Sajikan selagi hangat emoticon-Smilie
 
*untuk beberapa orang, Macaroni dan keju bukan pilihan tepat untuk dikonsumsi, perhatikan alergen yang di hindari oleh anak bunda, dan pastikan gunakan bahan bahan yang terjamin mutu dan kulaitasnya.
*perhatikan Bahan - bahan Alergen yang mungkin dihindari oleh anak bunda, bahan yang tidak cocok dibolehkan untuk digantikan dengan bahan yang cocok 
*di metode mengukus, perhatikanlah banyaknya air kukusan, jangan terlalu sedikit, karena jika terlalu sedikit, air akan cepat habis, dan jika tidak terawasi, maka panci kukusan kehabisan air dan aroma masakan bisa berubah menjadi beraroma "Smokey" namun lebih ke arah Gosong sih menurut saya, hihihi
 
5. NASI GORENG BAKSOS MENTEGA
5 KREASI MASAKAN BUNDA UNTUK SI KECIL SUPAYA LAHAP MAKAN, ALA RIZKA FEBRIYANTI
Nasi Goreng Baksos Mentega (Bakso Sosis) ,Ini adalah resep Favorit saya, Cocok sekali untuk sarapan anak - anak ataupun bekal sekolah, kita smeua tahu, nasi goreng adalah salah satu kuline  Indonesia yang cukup terkenal seantero jagad raya, dan apalagi nasi juga merupakan sumber karbohidrat utama di Negara ini, jadi gak mungkin kalau resep yang satu ini gak ada yang suka bun, anak anak dijamin suka deh. 
Bahan: 
- Nasi Putih 
- 2 Siung Bawang putih & 2 bawang merah dihaluskan
- mix vegetable
- 2 butir telur ayam
- bakso ikan/ sapi, dipotong 
- Sosis ayam/sapi, dipotong
- daun bawang 
- 1 ikat pokchoy, dipotong tipis kecil
- 2 Sdm Margarine
- 3 Sdm Minyak goreng  
- 1 sdm minyak wijen
- kaldu bubuk secukupnya
 
Cara membuat:
- panaskan minyak di wajan, masukkan margarine
- goreng terlebih dahulu bakso dan sosis yang telah dipotong-potong
- setelah sudah keliatan matang, masukkan telur, aduk sampai telur matang
- masukkan bawang putih & merah, terus tumis sampai aromanya harum
- sayuran pokchoy di masukkan, aduk sampai kira kira sudah kelihatan layu
- sekarang giliran nasi putih dimasukkan ke wajan
- tambahkan garam, merica, minyak wijen dan kaldu bubuk secukupnya
- aduk terus , tumis sampai rata semua, bersama dengan masuknya mix vegetable
- Sajikan selagi hangat
 
* Nasi goreng merupakan masakan yang bisa dicampur dengan bahan makanan apa saja, tidak berbatas dan bunda bebas untuk memasukkan bahan - bahan kesukaan bunda dan anak. 
*perhatikan Bahan - bahan Alergen yang mungkin dihindari oleh anak bunda, bahan yang tidak cocok dibolehkan untuk digantikan dengan bahan yang cocok 
*di metode mengukus, perhatikanlah banyaknya air kukusan, jangan terlalu sedikit, karena jika terlalu sedikit, air akan cepat habis, dan jika tidak terawasi, maka panci kukusan kehabisan air dan aroma masakan bisa berubah menjadi beraroma "Smokey" namun lebih ke arah Gosong sih menurut saya, hihihi
 
-------------------------------------------
Bagaimana bunda? cukup mudah bukan "5 KREASI MASAKAN BUNDA UNTUK SI KECIL SUPAYA LAHAP MAKAN, A LA RIZKA FEBRIYANTIyang saya share ini, kalau bunda punya pengalaman dan resep kreasi yang lain, bunda bisa share di kolom komentar juga yaa. Semua resep telah diuji coba, memasak tidak terbatas hanya pada resep, Bunda bebas berkreasi, menggunakan bahan bahan yang paling cocok untuk anak - anak bunda.
 
Mungkin sekian  dulu sharing info dari saya, apabila ada kata - kata yang salah mohon dimaafkan ya bunn emoticon-Smilie. Kita bertemu lagi di Postingan selanjutnya yaaa, Bye -byee!!!  
 
Wassalamualaikum!!
----------------------------------------------------------------------------
Yuk, Kunjungi Facebook Bunda Rizka Febriyanti untuk mendapatkan Info lainnya 
 


Bahannya yg murmer cmn no.5 emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Balasan post srusuut
Quote:


wkwkwk, pasti ada ya gan tiap rumah, ehehe emoticon-Big Grinemoticon-Ngakak
Quote:


Iyaa gan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di