CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Perusakan Masjid di Minahasa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e338db3af7e934a67592db3/perusakan-masjid-di-minahasa

Perusakan Musholla di Minahasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi Hukum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anton Tabah mengatakan perusakan rumah ibadah umat Muslim membuktikan siapa yang radikal dan intoleran. Pernyataan Anton itu merespons perusakan terhadap Musala di Perum Agape, Tumaluntung, Minahasa Utara.

Perusakan Masjid di Minahasa

"Dari kasus banyaknya rumah ibadah umat Islam dirusak bisa membuka mata pemerintah siapa yang intoleran dan radikal," kata Anton melalui keterangan tertulisnya, Kamis (30/1) kemarin.

Selama ini umat Islam kata Anton selalu menerima cap radikal dan intoleran. Padahal, umat Islam selama ini tidak pernah mengganggu apalagi merusak rumah ibadah umat lain.

Anton mengatakan, menyelesaikan silang selisih rumah ibadah di berbagai daerah memang sering menemukan masalah komunikasi antarumat beragama. Untuk itu harus dibangun komunikasi yang lebih komunikatif mengendepankan pendekatan sosial yang beradab. "SKB Mentri yang mengatur pendirian rumah ibadah dengan tanda tangan minimal 60 orang warga sekitar, tidak boleh kaku," katanya.

Menurut dia, jika memang di sekitar tempat tersebut belum ada rumah ibadah, padahal sangat dibutuhkan oleh warga setempat maka boleh dibangun rumah ibadah. Hal tersebut jika sudah ada tanda tangan warga setempat bisa jadi bahan pertimbangan.

Perusakan Masjid di Minahasa
 
Anton mengatakan, kasus Perum Agape Minahasa bisa divasilitasi tokoh-tokoh di Minahasa dengan hasil yang terukur sebagaimana yang pernah dilakukanmnya ketika menangani kasus Masjid Tolikara Papua.  Anton mengatakan, tokoh-tokoh umat Kristen setempat marah dan mengutuk keras terhadap perusakan masjid di daerah tersebut. Para tokoh umat Kristian juga meminta pemda segera terbitkan izin pendirian masjid tersebut karena keberadaannya sangat diperlukan umat Islam.

"Akhirnya mereka mengganti rugi kerusakan dan akan bantu kelancaran pembangunan masjid. Alhamdulillah tidak sampai sebulan Tolikara sudah punya masjid lagi dan lebih bagus lebih strategis," katanya.

Anton mengaku telah mendengar kasus perusakan Mushola di Minahasa. Dia juga mendapat laporan dari tokoh-tokoh Minahasa sepakat ganti rugi dan membantu kelancaran perbaikan tempat ibadah umat Islam yang dirusak. "Terkait soal hukum terhadap pelaku perusakan diserahkan yang berwajib yang kini sudah beberapa pelaku yang ditangkap," katanya.

Purnawiran Polri ini mengingatkan semua warga Negara Indonesia tanpa kecuali tidak boleh mempersulit apalagi menghalang-halangi ibadah umat lain. Kebebasan ibadah diatur konstitusi UUD 1945 dan Pancasila. "Jangan hanya berteriak saya pancasila tapi nihil dari sifat-sifat kelima sila tersebut," katanya.

Republika

Teloransi..

Perusakan Masjid di Minahasa
profile-picture
profile-picture
lokshin.khushin dan scorpiolama memberi reputasi
Diubah oleh red23rd
Halaman 1 dari 3
Sebelum mewek pahami dulu akar masalahnya
profile-picture
profile-picture
lokshin.khushin dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Turut prihatin, duh

emoticon-Kalah
profile-picture
red23rd memberi reputasi
astajim, agama mu agama mu, agama ku agama ku..Islam itu agama damai.

Kalo ummat islam protes pembangunan gereja dimana2, itu semata2 karena gereja tak ada IMB nya, beda dengan mushola di Manado tsb yg lengkap semua ijinnya emoticon-Nyepi

Perusakan Masjid di Minahasa
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
di berita lain musolah

di republika berubah jadi masjid

@mantan.caver

tipu daya emoticon-Leh Uga
profile-picture
lokshin.khushin memberi reputasi
Purnawiran Polri ini mengingatkan semua warga Negara Indonesia tanpa kecuali tidak boleh mempersulit apalagi menghalang-halangi ibadah umat lain. Kebebasan ibadah diatur konstitusi UUD 1945 dan Pancasila. "Jangan hanya berteriak saya pancasila tapi nihil dari sifat-sifat kelima sila tersebut," katanya.

setuju yg ini.. berlaku untuk semua agama yg diakui dan dilindungi oleh negara ini ya!
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Kacau ini...

bisa diperlihatkan surat skb 3 mentri dan imb-nya ?

"Perlu kalian ketahui, 85 persen rumah ibadah di Indonesia itu tak berizin. Mayoritas adalah masjid dan musala. Kalau pakai IMB sebagai acuan, siapin saja buldozer yang banyak," kata Imdadun kepada Tempo, Selasa, 9 April 2013.

“Seharusnya izin lainnya juga dilengkapi, seperti IMB dan ada sertifikat tanahnya,” katanya. Mahmudin mengatakan, di Kabupaten Bekasi terdapat 1.600 masjid dan musala. Dari jumlah itu, mayoritas masjid dan musala yang berada di perkampungan yang belum memiliki izin.


@jasaketiktgr
@mantan.caver
@victimaye
@zukr
@antonyus578

salam buldozer emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
lokshin.khushin dan Abel37 memberi reputasi
Diubah oleh calon.pedopil
Selama ini umat Islam kata Anton selalu menerima cap radikal dan intoleran. Padahal, umat Islam selama ini tidak pernah mengganggu apalagi merusak rumah ibadah umat lain.
profile-picture
red23rd memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


kalau agama selain islam lansung koar2 ini, mulai ham, cap radikal, intoleran sampai pemecah nkri.. tidak lupa bawa arab dan kadal gurun..

kalau islam yg jadi korban, "Pahami dulu akar permasalahannya"

ea eaa, standard ganda..

bahkan masih nyempetin ngehina islam segala

wow, great, agama kalian memang penuh kasih dan teloransi..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
No.More.Tear dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jalanin aja deh ketentuan SKB menteri.

kalo gak dapet tanda tangan yang jangan maksa. silahkan beribadah di tempat lain.
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Pelaku pembakaran mesjid bakal diundang ke Istana juga engga nih ama si Joke? emoticon-Leh Uga

Perusakan Masjid di Minahasa
profile-picture
lokshin.khushin memberi reputasi
Diubah oleh harakiri1
Lihat 3 balasan
Quote:


soal skb ini rada aneh juga kalau menurut gw mah...

emang apa sih dampak negatif dari rumah ibadah (rumah ibadah yg agama dan keyakinannya diakui dan dilindungi oleh negara ya)? kenapa imb nya harus berbeda dari imb2 lainnya? (non teknis ya.. )
Diubah oleh khayalan
Lihat 3 balasan
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:


Yang ini ane setuju,
janganlah terlalu kaku apalagi aturan terkait ibadah yang mana kebebasannya dijamin oleh negara.

Cuman entah pendapat pak anton supaya tidak kaku itu untuk keseluruhan agama atau hanya ke agama yang paling sempurna saja. Takutnya beda pendapat mengingat paling sempurna otomatis diperlakukan lebih istimewa, vvip istilahnya kalo di dunia nyata.

emoticon-linux2
Lihat 4 balasan
Ga enak kan kalo di tolak ?


emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
lokshin.khushin dan zeledi memberi reputasi

Tuh masjid eh musala sudah punya ijin belum?

Ada IMB nya?
Sudah melalui SKB 3 menteri apa kagak?
sudah ada rekomendasi dari FKUB setempat?
profile-picture
profile-picture
riolam dan zeledi memberi reputasi
Quote:


kata lainnya..

toleransi beragama!

emoticon-shakehand
Sekarang siapa yang biasa merusak rumah ibadah agama lain dengan alasan agama ?

Baru kena dikit aja langsung mewek teriak2 dizolimi.
profile-picture
lokshin.khushin memberi reputasi
Quote:


soal sekolah IT..

sebenernya gimana pembelajaran dari si sekolah IT itu sendiri.. terutama dalam hal2 yg berhubungan dengan toleransi bergama..

kalau sekedar menanamkan bahwa "agama yg kita anut itu adalah yg paling sempurna", its ok. semua agama pun sama..

ntar lanjut.. miting heula..
Lihat 1 balasan
Quote:


Goblog nya sama kaya kowe
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di