CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Alasan Bersikap Masa Bodoh agar Kamu Fokus Pada Prioritas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3340c328c9914a1b594320/alasan-bersikap-masa-bodoh-agar-kamu-fokus-pada-prioritas

Alasan Bersikap Masa Bodoh agar Kamu Fokus Pada Prioritas

Bersikap masa bodoh tidak selamanya buruk. Kadang-kadang kamu perlu egois untuk bisa mencapai apa yang kamu mau. Namun, bukan berarti kamu adalah orang jahat yang tidak memiliki perasaan. Kamu tetap bisa menghargai keinginan atau keputusan orang lain, tetapi kamu tidak perlu selalu mendukung mereka dengan mengorbankan diri sendiri.

emoticon-Wow


Tidak mungkin kamu bisa membuat semua orang senang, ada beberapa orang yang pasti akan kamu kecewakan saat kamu membahagiakan yang lain. Itu merupakan hal yang wajar.

Lalu bagaimana caranya supaya kamu bisa bersikap masa bodoh? Coba deh, ingat beberapa hal di bawah ini.


1. Hidup itu pendek dan waktu terbatas

Kamu tidak bisa memberikan atensi terhadap semua hal. Artinya, kamu tidak bisa menjadikan segalanya sebagai prioritas. Kebanyakan orang terlalu sering terdistraksi dengan hal-hal yang sebenarnya tidak penting untuk mereka. Contohnya bermain sosial media, seperti YouTube, Facebook, Instagram dan lain sebagainya.

Sebenarnya itu tidak masalah jika memiliki makna dan bisa mendekatkan kamu dengan hal yang kamu pedulikan. Tapi, jika hal itu tidak bermakna, artinya ada yang salah dengan apa yang kamu lakukan. Ingat, waktu yang kamu miliki terbatas.

Kamu tidak bisa peduli terhadap segala hal. Pedulilah pada hal-hal yang memang ingin kamu pedulikan.


2. Personal value itu penting

Kamu tidak bisa bersikap masa bodoh ketika kamu tidak tahu apa personal value-mu. Jika kamu tidak tahu apa hal yang harus kamu pedulikan, kamu akan bingung. Oleh karena itu, yang harus kamu lakukan adalah menganalisis personal value-mu.

Apa hal yang kamu anggap penting di dunia ini? Itu harus segera kamu tentukan agar kamu bisa mempedulikan hal tersebut dan bersikap masa bodoh terhadap hal lain yang tidak membawa kamu kepada personal value-mu.


3. Masalah tidak akan pernah ada habisnya

Masalah akan selalu muncul dalam hidup siapa pun. Oleh karena itu, adalah hal yang konyol jika kamu ingin terbebas dari masalah yang ada di dunia ini. Daripada mencoba menghilangkan masalah dalam hidup, kamu harus menyadari bahwa itu tidak bisa dihindari dan hidup merupakan penderitaan.


Setelah itu kamu bisa memilih untuk menderita karena hal apa. Jangan kabur dari masalah, pilih masalah yang layak untuk diselesaikan dan selesaikan sesuai dengan kemampuanmu.


4. Hal yang ada di dunia ini seringkali kontradiktif

Ironisnya, semakin kamu berusaha untuk mencari kebahagiaan, justru kamu akan semakin merasa tidak bahagia. Begitu pun dengan emosi lainnya. Semakin kamu berusaha untuk tidak bersedih, semakin kamu akan merasa sedih. Semakin kamu berusaha untuk melupakan, kamu justru akan semakin ingat dengan kejadian yang ingin dilupakan. Dari sinilah kamu harus peka.


Apa sih hal yang harusnya kamu lakukan dari kontradiksi tersebut?


5. Tentukan apa yang ingin dilakukan

Sebagian besar orang hanya membayangkan hal-hal enak dari apa yang ingin mereka lakukan. Misalnya saat kamu ingin menjadi artis, kamu hanya tahu mereka memiliki banyak uang dan terkenal. Kamu tidak tahu perjuangan mereka dibalik itu semua. Apa saja yang harus mereka korbankan dan konsekuensi yang harus diterima untuk mencapai posisinya saat ini.

Jadi, bayangkan saat kondisi kamu sedang kesulitan. Apakah kamu masih mau melakukan hal yang kamu idam-idamkan apa pun risikonya nanti? Apakah kamu mau melaksanakan prosesnya sampai ke level yang lebih tinggi atau kamu hanya ingin enaknya saja? Jangan sampai kamu mengidam-idamkan sesuatu tanpa mengetahui dan ingin menjalani proses di baliknya.


6. Selalu pertanyakan keyakinan yang kamu miliki

Pertanyakan terus hal yang kamu percaya sampai saat ini. Terus tantang diri kamu, karena jangan-jangan kepercayaan yang kamu miliki saat ini salah, atau kamu menganutnya hanya karena ikut-ikutan saja. Tanpa mengerti hal di balik kepercayaan tersebut.

Intinya tantang terus dan pertanyakan kepercayaan yang kamu punya. Hal ini akan membantu kamu memilih secara kritis hal-hal yang memang ingin kamu percayai dan perjuangkan.

Well, itulah beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk bisa bersikap masa bodoh. Semoga bisa menginspirasi, ya!

emoticon-Wowemoticon-Toast




kesukaan ane nih bodoamat
setuju banget sm yg nomor 3
masa bodo itu perlu
"Anda harus memulai sesuatu yang aneh untuk mencapai sesuatu yang mustahil" Albert Einstein.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di