CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Antisipasi Virus Corona, Pemkot Bogor Beri Perhatian Khusus Sekolah Internasional
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3290e909b5ca102440a512/antisipasi-virus-corona-pemkot-bogor-beri-perhatian-khusus-sekolah-internasional

Antisipasi Virus Corona, Pemkot Bogor Beri Perhatian Khusus Sekolah Internasional

Antisipasi Virus Corona, Pemkot Bogor Beri Perhatian Khusus Sekolah Internasional

BOGOR - Guna mengantisipasi merebaknya virus Corona, Pemkot Bogor melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor memberikan perhatian khusus kepada beberapa sekolah yang kurikulumnya berbasis internasional.

"Iya dalam hal ini (antisipasi virus Corona) kita juga memberikan perhatian kepada sekolah-sekolah internasional yang biasanya ada studi tour ke luar negeri. Apalagi sekarang ini habis liburan nih, banyak juga sekolah yang liburan ke luar negeri. Kita juga akan periksa untuk anggota keluarganya," ungkap Kepala Dinkes Kota Bogor, dr Rubaeah usai peresmian Gedung Kelas III RSUD Kota Bogor, Kamis (30/01/2020).

Tak hanya itu, lanjut Rubaeah, pihaknya juga akan mendiskusikan serta memberikan peringatan kepada penyelenggara berbagai kegiatan yang melibatkan wisatawan mancanegara."Kita akan warning berkaitan dengan adanya beberapa event seperti Cap Go Meh yang menghadirkan atau mengundang tamu atau wisatawan mancanegara dari luar negeri. Kalau ada masyarakat yang masuk dari luar Kota Bogor kita akan screening," ujarnya.

Baca Juga:

Terkait dengan persiapan fasilitas kesehatan, pihaknya mengakui belum ada satupun rumah sakit di Kota Bogor yang memiliki ruang isolasi. "Seperti RSUD Kota Bogor, hingga saat ini belum menyediakan fasilitas ruang isolasi khusus pasien pengidap virus berbahaya semacam Corona, flu burung, SARS. Kalaupun ada kasus, biasanya kita rujuk ke RSPI Sulianti Saroso, Jakarta," tegasnya.

Dari puluhan ruang di gedung lama maupun baru RSUD Kota Bogor, bukan ruang isolasi untuk pasien pengidap inspeksi virus berbahaya semacam Corona. "Kalaupun ada ruang isolasi, itu bukan untuk pasien semacam virus Corona. Itu hanya untuk TBC, tetanus, dan penyakit menular biasa lainnya," jelasnya.

Sementara itu, Humas Rumah Sakit PMI Bogor dr Niken mengatakan, sejauh ini RS PMI Bogor hanya memiliki ruang isolasi yang biasa digunakan untuk pasien pada umumnya. Niken menuturkan, untuk merawat pasien suspect virus corona membutuhkan ruang isolasi khusus bertekanan negatif.

"Soalnya untuk kasus-kasus seperti ini kita tidak punya ruang isolasi tekanan negatif. Paling nanti kita rujuk kalau ditemui kasus yang patut dicurigai terinfeksi virus Corona," ujarnya.

Dia menambahkan, sejauh ini belum ditemukan pasien di RS PMI Bogor yang terjangkit virus Corona. Sebagai langkah antisipasinya, pihak rumah sakit terus melakukan edukasi, seperti pemakaian masker dan etika batuk. "Saat ini sih masih aman. Yang baru kita lakukan sejauh ini ya sebatas edukasi aja," ucapnya.


Sumber : https://metro.sindonews.com/read/151...nal-1580369745

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Antisipasi Virus Corona, Pemkot Bogor Beri Perhatian Khusus Sekolah Internasional Pemprov DKI Buka Konsultasi Publik untuk Pembangunan 2021 Mendatang

- Antisipasi Virus Corona, Pemkot Bogor Beri Perhatian Khusus Sekolah Internasional Uang dan Bosan Tinggal dengan Orang Tua, Faktor Remaja Jadi PSK Kalibata City

- Antisipasi Virus Corona, Pemkot Bogor Beri Perhatian Khusus Sekolah Internasional Cegah Pungli, Disdik Kota Bekasi Diminta Terbitkan Peraturan Soal Outing Class

profile-picture
anasabila memberi reputasi
Cara penyebaran virus corona COVID-19 adalah melalui tetesan air liur (droplets) atau muntah (fomites), dalam kontak dekat tanpa pelindung. Transmisi virus corona atau COVID-19 terjadi antara yang telah terinfeksi dengan orang tanpa patogen penyakit.Penyebaran virus corona COVID-19 lewat dudukan toilet, pegangan pintu kamar mandi, dan wastafel (fecal shedding) terjadi pada beberapa pasien.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di