CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Larangan Jilbab Di Masa Orde Baru
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e323c31f0bdb27ac7582760/larangan-jilbab-di-masa-orde-baru

Larangan Jilbab Di Masa Orde Baru



Larangan Jilbab Di Masa Orde Baru

Orde Baru memang sudah tumbang, namun banyak pelajaran yang bisa kita petik di masa kini. Terlebih lagi sudah sejak lama politik identitas itu ada. Jadi kalau baru tahu sekarang ada yang bermain dengan politik identitas mungkin mereka amnesia.

Kasus tanjung priok menjadi bukti catatan hitam dalam perjalanan orde baru, bahkan dahulu Jilbab pun membuat pemerintah meriang dan dianggap satu hal yang dilarang. Setelah kekuasaan Presiden Sukarno tumbang (1967), orde baru menganggap simbol-simbol ideologis Islam sebagai ancaman.

Larangan Jilbab Di Masa Orde Baru

Setelah hancurnya Partai Komunis Indonesia, maka yang menjadi batu sandungan adalah simbol dari agama karena orde baru tahu perjuangan mereka menghadapi para penjajah tak lepas dari simbol Islam. Bila ini terjadi bukan tak mungkin, Indonesia gagal menjadi negara sekuler.

Maka simbol Islam seperti Jilbab pun menjadi hal yang terlarang, puncaknya di tahun 1981 pihak orde baru menumpas Komando Jihad pimpinan Warman dan Jamaah Imran. Efeknya jilbab dilarang menjadi pakaian sekolah di negeri seperti siswi SMAN 1 Jember tahun 1982, ia bernama Triwulandari harus dikeluarkan dari sekolah karena memakai Jilbab.

Larangan Jilbab Di Masa Orde Baru

Tidak hanya sampai disitu, SMAN 3 Bandung dan juga SMAN 68 Jakarta mengalami kendala serupa, maka kalau masih ingin bersekolah di sekolah negeri harus melepas Jilbab bila masih ingin memakai Jilbab silahkan angkat kaki dan bersekolah di sekolah swasta.

Hingga di tahun 1989, ada propaganda yang membuat takut masyarakat yaitu 'Jilbab Beracun' masyarakat dibuat resah dengan penggunaan Jilbab namun alih-alih terkungkung, para Himpunan Mahasiswa Islam pun melancarkan protes di tahun 1990.

Larangan Jilbab Di Masa Orde Baru

Hingga akhirnya pemerintah orde baru pun mengalah, kemudian di tanggal 16 Februari 1991 keluarlah SK.No.100/C/Kep/D/1991 Diman pemerintah mulai melunak mereka membolehkan para siswi untuk mengenakan pakaian yang didasarkan pada keyakinannya.

Mereka Mahasiswa dari Mesir yang berafiliasi dengan Ikwanul Muslim pun mulai mendapatkan tempat, ini cikal bakal Partai Keadilan yang kini menjadi Partai Keadilan Sejahtera. Kini Jilbab sudah menjadi trend, dari pejabat hingga anak sekolah tanpa takut lagi untuk memakai Jilbab.

Larangan Jilbab Di Masa Orde Baru

Larangan Jilbab Di Masa Orde Baru

Namun ketika orde baru mendekati golongan Islam disitulah akhir karir dari Suharto, maka tak heran kini Celana Cingkrang, Jenggot hingga cadar menjadi simbol Islam yang harus di awasi. Banyaknya kelompok teror yang memakai identitas Islam memang bukan omong kosong belaka, karena mereka Islam pun di cap buruk.

Salam lur, saya c4punk see u next thread.




emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2019
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Larangan Jilbab Di Masa Orde Baru
Larangan Jilbab Di Masa Orde Baru
Larangan Jilbab Di Masa Orde Baru

GIF




profile-picture
profile-picture
profile-picture
iamnoone dan 38 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Halaman 1 dari 14
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
begitulah gan, dalam sebuah bus pun, sopir ngga tau siapa-siapa saja penumpangnya, apakah cuman pelajar, pedagang, traveler, sampai copet dan jambret ...

yang paling ironis itu, seseorang yang sangat tidak menyukai sesuatu, tapi memakai segala hal yang berhubungan dengan sesuatu tadi untuk menghancurkannya.

Quote:
penumpang gelap beginian yang seharusnya ditumpas dari akar sampai pucuknya emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasakurirjkt dan 13 lainnya memberi reputasi
Quote:


Yup bner bngettt... 👍👍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasakurirjkt dan 5 lainnya memberi reputasi
bilang sm mereka om, klw mau neror, jgn pakai celana cingkrang, jgn berjanggut dan jgn bawa² simbol islam apalagi mengatasnamakan islam. gara² mereka, stigma islam jdi jelek. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sidqyf dan 15 lainnya memberi reputasi
mulustrasinya pelajar smp yang rambutnya jadul lah gan.. kribo kribo gitu.. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
skrg jamannya BO bleh dilarang make semvak
profile-picture
profile-picture
nastarman dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Teroris di Sarinah
Pakai baju kaus kw merk distro lokal
Pakai topi sama jeans plus sepatu kets
Persis setelan TS kalau mejeng keluar rumah

Larangan Jilbab Di Masa Orde Baru

Trus apakah semua orang dengan
Memakai kaus, jeans, topi, sepatu kets
Mau di cap identitasnya sebagai teroris



Islamofobia ih

emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wanita & ke Anggun nan

Heran kok jilbab tapi ketat itu loh

jilbab apa jumpsuit :cf
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nastarman dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
الاخوان المسلمون
Ya partai politik dan menurut ane jg
Adalah embrio salah satu partai politik dimari



emoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Aganwati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nastarman dan 3 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
awal mula dari banyak hal
emoticon-Matabelo
nice trit om
emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nastarman dan 2 lainnya memberi reputasi
Alhamdulillah, saya pakai jilbab nggak ada larangan dari siapapun termasuk orang tua, tapi awal pake jilbab emang banyak yang mbuli, karena di kampung nggak ada yang konsisten pake jilbab, paling kerudung kalau ada yang make jilbab juga bongkar muat, pernah dikira ikut aliran ini itu, palagi pake kaos kaki. Alhamdulillah sekarang malah yang dulu mbuli pake juga. Sekarang dah umum. Ortu juga suka pake jilbab gede, padahal dulu bilang kaya orang kemulan. Sudah ngerasain angetnya pake jilbab gede. Semoga Istiqomah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daenglawa dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trifatoyah
Disini memakai jilbab adalah budaya bukan karena agama,sama halnya kebaya di Indonesia .....☺️
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nastarman dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
mau dr sisi apapun, kalau ada yg dilarang2, pasti jiwanya akan memberontak, entah islam atau bukan sama aja
profile-picture
profile-picture
nastarman dan kolollolok memberi reputasi
dan sekarang sayangnya agama dipakai untuk mencapai tujuan, dan sebagai tameng supaya bisa kabur dari hukum emoticon-Berduka (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nastarman dan 2 lainnya memberi reputasi
bukannua efektif ya, keliatan islamnya natural

gua lebih pewe sebelum tahun 2009an enak dan toleransi banget khususnya ane yang masih sekolah wwktu itu
profile-picture
profile-picture
nastarman dan areszzjay memberi reputasi
sekarang justru kebalikannya
yang gak pake jilbab dipaksa pake jilbab
dan yang lepas jilbab dimaki maki bahkan diancam

lebih parah dari orde baru dan komunis sekarang ini


coba agan agan telusuri awal runtuhnya afghanistan dan lahirnya rezim otoriter islam iran.
ya..seperti yg terjadi sekarang ini di indo, islamisme, arabisme dan pemaksaan corak corak islam



Larangan Jilbab Di Masa Orde Baru

Larangan Jilbab Di Masa Orde Baru

Larangan Jilbab Di Masa Orde Baru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mio.Kaskus dan 23 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh abdullah.saed
emoticon-Malumaluemoticon-Malu
Jilbab adalah kewajiban... mau kalian perempuan itu kek macam gmn. itu adalah kewajiban bagi mereka seorang perempuan...

Hanya judge dan persepsi aja klau ngeliat wanita berhijab apalagi udah cadar... pasti mikir udik muncul dan propagandaemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kontholl dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 14


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di