CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Dunia Hiburan /
Review MV Rapsodi - JKT48 : Elegan dan Sejuk
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e313681b41d3019ed4a41c1/review-mv-rapsodi---jkt48--elegan-dan-sejuk

Review MV Rapsodi - JKT48 : Elegan dan Terniat

Review MV Rapsodi - JKT48 : Elegan dan Sejuk
Member-member pengisi music video(MV) Rapsodi (Sumber : Overseas48.com)

OK, halo semua, lama tak bikin thread dan kali ini saya mau me-review sebuah music video(MV) terbaru dari JKT48 yaitu Rapsodi.

Sebelum ke review-nya, saya mau ngomong sebentar soal Rapsodi ini. Jadi, Rapsodi ini merupakan lagu original pertama dari JKT48 yang baru saja dirilis pada tanggal 22 Januari kemarin, tepatnya seminggu yang lalu. Lagu ini tentunya dikemas ke dalam suatu single ke-21 dari JKT48 yaitu Rapsodi, bersamaan dengan keempat lagu lainnya yaitu Sweet & Bitter, Menanti, Mimpi yang Hina, serta Siapa yang Mempertemukan Kita Berdua?

Buat kalian yang penasaran sama single terbaru dari JKT48 tersebut, kalian bisa mendengar lagu-lagu di single tersebut di beberapa platform musik digital macam Spotify, JOOX, Apple Music, YouTube Music dsb.

Disamping merilis single terbarunya tersebut, JKT48 Operational Team (JOT) selaku pengelola JKT48 juga merilis MV dari lagu Rapsodi tersebut di tanggal yang sama pada sore harinya. Per-hari ini (29/01), MV Rapsodi ini sudah dilihat oleh 1 juta pasang mata netizen YouTube.

Review MV Rapsodi - JKT48 : Elegan dan Sejuk
Komposer sekaligus pencipta lagu Rapsodi, Laleilmanino (Sumber : twitter.com/Billboard_INA)

Kembali lagi ke lagu Rapsodi, sebagai lagu original dari JKT48, lagu Rapsodi ini tentunya diciptakan oleh salah satu kelompok musisi Tanah Air ternama yaitu Laleilmanino. Adapun member yang membawakan lagu tersebut ialah member-member berperingkat 1 s/d 16 pada Pemilihan Member Single Original tahun 2019 kemarin.

Review MV Rapsodi - JKT48 : Elegan dan Sejuk
Member-member pengisi music video(MV) Rapsodi (sisi kiri bawah-atas foto : Viona Fadrin, Diani Amalia, Jinan Shafa Safira, Shania Gracia, Tan Zhi Hui Celine, Melati Putri, Angelina Christy dan Helisma Putri, sisi kanan bawah-atas foto : Cindy Hapsari, Nadila Cindi Wantari, Riska Amelia Putri, Shani Indira Natio (C), Feni Fitriyanti, Nurhayati, Gabryela Marcelina dan Beby Chaesara Anadila) (Sumber : twitter.com/InshanityID)

Member-member tersebut tentunya dipilih berdasarkan votingdari para fansnya. Jadi, jika oshi kalian gak kepilih buat mengisi lagu Rapsodi tersebut, janganlah kalian berkecil hati apalagi berkecil hatinya sambil menyalahkan beberapa pihak (manajemen maupun fans lain). Kenapa begitu? Karena yang berbicara di pemilihan tersebut tentunya jumlah vote dari para fans, bukan bacotan kalian ke orang lain, OK......! Keep voting for the next Sousenkyo........! (Kalo tahun ini ada pemilihan member khusus single (Sousenkyo) lagi itu juga).

Yaudah, daripada nge-bacotnya makin panjang lebar, mending langsung aja deh ke review sotoy saya soal MV Rapsodi ini.

Waktunya Review

1. Kualitas Musik dan Liriknya

Review MV Rapsodi - JKT48 : Elegan dan Sejuk
Lirik lagu Rapsodi - JKT48 (Sumber : twitter.com/CaesarioSD)

Kualitas musiknya kalo menurut saya udah OK lah ya. Berkat "tangan dingin" dari Laleimanino selaku komposer, lagu Rapsodi ini tentunya punya mixingyang bagus plus liriknya pun terdengar syahdu, puitis dan menyentuh buat beberapa orang.

2. Suasana di Videonya

Review MV Rapsodi - JKT48 : Elegan dan Sejuk
Salah satu scene di MV Rapsodi (Sumber : youtu.be/Xu1wA7CfhQg)

Setelah menonton MV Rapsodi beberapa kali, saya berkesimpulan kalo suasana videonya agak sedikit berkabut (keliatan banget pas scene siang di album tersebut). Tapi meskipun begitu, saturasi warna di video tersebut tetap terjaga dengan baik dan situasi berkabutnya juga berhasil tersamarkan ketika kita disuguhkan scene malam hari di MV tersebut.

3. Tarian

Review MV Rapsodi - JKT48 : Elegan dan Sejuk
Salah satu scene di MV Rapsodi (Sumber : youtu.be/Xu1wA7CfhQg)

Dari segi tarian, kayaknya gak usah panjang lebar deh ngejelasinnya, Tariannya luwes, gemulai dan tentunya mudah untuk diperagakan kalo kalian emang mau memperagakannya, hehehe. Oh iya sampe lupa, saya selaku fans tentunya berterima kasih banget sama Ari Tulang selaku koreografer pada lagu Rapsodi ini.

4. Busana

Di MV ini, busana yang digunakan oleh para member terbagi menjadi dua jenis. Busana yang pertama tentunya gaun putih dengan terusan lengan yang berbeda-beda tiap membernya dan yang kedua tentunya gaun berwarna biru tosca dengan terusan lengan yang berbeda-beda juga tiap membernya (khusus 15 member selain Shani). Khusus Shani, dia menggunakan pakaian pengantin di penghujung videonya.

Khusus busana, kayaknya saya gak usah panjang lebar juga deh nilainya, busananya sendiri cukup elegan plus nyejukin mata deh pokoknya, hehehe.

5. Tempatnya

Buat yang belum tau, lokasi syuting dari MV Rapsodi ini ialah Tirtha Bridal, salah satu wedding resortmewah di Bali. Untuk urusan tempat, bisa dibilang JOT ini bener-bener jor-joran banget sih karena ya tempatnya gak tanggung-tanggung aja gitu.

Ya wajar aja sih JOT demikian, mengingat MV Rapsodi ini merupakan MV dari lagu original pertama dari JKT48 yang tentunya sudah dinantikan sejak lama oleh banyak fans, member maupun staff selama JKT48 berdiri 8 tahun silam.

Penilaian soal tempatnya sendiri, yang pertama tentunya mewah, terus pemandangannya juga bagus, langsung menghadap ke laut gitu. Plus, lautnya juga biru dan bersih pula.

6. Pemasaran

Ngomongin soal pemasarannya, ternyata JOT juga jor-joran lho dalam memasarkan MV Rapsodi ini. Untuk memasarkan MV tersebut, mereka bersedia untuk memasang iklan MV ini seperti yang ada pada gambar-gambar di bawah ini.

Review MV Rapsodi - JKT48 : Elegan dan Sejuk
Sumber : twitter.com/jkt48_warriors

 Review MV Rapsodi - JKT48 : Elegan dan Sejuk
Sumber : twitter.com/AllRegion48

Review MV Rapsodi - JKT48 : Elegan dan Sejuk
Sumber : twitter.com/AllRegion48

Tambahan

Buat kalian yang bilang kalo MV Rapsodi gak ada beauty shotdari keenam belas member yang mengisi MV tersebut, sebenernya ada kok beauty shot-nya. Cuma ya letaknya terpisah dari video MV-nya aja. Buat kalian yang mau liat beauty shot-nya, kalian bisa cek 16 video teaser MV Rapsodi di channel YouTube JKT48 yang tentunya udah di-upload dari H-10 MV Rapsodi rilis.

Khusus MV Sweet & Bitter yang dibawakan oleh member undergirl (member peringkat 17-32), sampai saat ini emang belum di-upload di channel official dan semoga aja JOT tetap meng-upload MV tersebut ke channel YouTube JKT48 supaya para fans yang oshi-nya masuk undergirl tetep senang, plus supaya saya gak jadi penasaran terus menerus aja sih sama MV Sweet & Bitter tersebut, hehehe.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, MV Rapsodi ini punya penilaian yang positif dari saya. Bukannya saya gak objektif atau apa, tapi ya emang penilaiannya seperti itu. Kalo masalah MV-nya agak sedikit berkabut, untungnya masih ketolong sih sama saturasi warna video yang lumayan gonjreng.

Banyak improvementyang dilakukan oleh JOT untuk memproduksi MV ini seperti dari segi pemasarannya yang bener-bener jor-joran, terus sewa lokasi syutingnya pun gak kalah jor-joran juga.

Saya berharap, semoga MV Sweet & Bitter nanti juga bisa sebaik MV Rapsodi ini, Amiin.

Penutup

OK, mungkin cukup sekian saja review sotoy saya soal MV Rapsodi ini dan jika ada salah-salah kata di thread ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. OK, cukup sekian dan terima kasih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anasabila dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tim2one
Haduh thread ini sangat beracun untuk ane yang udah pensi alias tobat ngidolemoticon-Bingungbingung

Setelah baca thread ini bisa-bisa ane mulai ngidol lagi nih.
profile-picture
tim2one memberi reputasi
Wah MV rapsodi kerennya gak ada obat sih ya. Menurut gue ini MV paling keren yang pernah dibuat Jkt48.
profile-picture
tim2one memberi reputasi
Curhat:
Ga ada shanju
Jinan ga pa pa lah
emoticon-kissemoticon-kissemoticon-kiss
Nikah yuk Jinan
emoticon-kissemoticon-kissemoticon-kiss


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di