CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
MENYEDIHKAN : Ruang kelas Yang Dibangun Dengan Plastik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2f095782d4951dd36e4f8f/menyedihkan--ruang-kelas-yang-dibangun-dengan-plastik

MENYEDIHKAN : Ruang kelas Yang Dibangun Dengan Plastik

MENYEDIHKAN : Ruang kelas Yang Dibangun Dengan Plastik
Sumber : pixabay.com

  • Sampah plastik yang tidak ramah lingkungan.
  • Sampah plastik yang di daur ulang ternyata dapat dijadikan batu bata.
  • Ruang kelas yang dibangun dengan batu bata plastik.


Sampah plastik yang tidak ramah lingkungan

Sampah plastik sudah merupakan hal yang tidak asing lagi terlihat disekitarkita, dimana hampir disetiap jalan dan gang serta lorong di Indonesia pasti memiliki sampah yang satu ini.

Sampah plastik sendiri sangat terkenal dengan ketidakramahannya dilingkungan karena sampah plastik masuk ke dalam kategori sampah anorganik, dimana sampah-sampah plastik tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat terurai oleh tanah, setidaknya membutuhkan waktu sekitar 50 sampai dengan 100 tahun.

Sampah sendiri sudah merupakan produk umat manusia setiap harinya sehingga kita tidak perlu merasa heran lagi jika ada kota atau Ibukota yang dapat memproduksi sampah cukup banyak yang mencapai ribuan ton perharinya. Kita ambil contoh disini semisal Ibukota Jakarta, Ibukota negara kita ini (yang sebentar lagi mau pindah, pastinyaemoticon-Roll Eyes (Sarcastic)) dalam seharinya mampu menghasilkan setidaknya 7.000 ton sampah organik dan anorganik.

Jika dilihat! ini merupakan angka yang besar dari perhitungan skala nasional Indonesia yang mencapai 175.000 ton perharinya, data ini merupakan hasil studi yang dilakukan oleh McKinsey and Co dan Ocean Conservancy.

Quote:


Sampah plastik yang di daur ulang ternyata dapat dijadikan batu bata

Daur ulang adalah solusi dari permasalahan yang timbul dari sampah plastik. Sebuah perusahaan di Bogota - Kolombia "Conceptos Plasticos"membuat sampah plastik yang terlihat buruk menjadi bahan yang berguna bagi manusia, perusahaan ini mempunyai misi mengubah sampah plastik berbahaya di planet kita menjadi "batu bata" yang bermanfaat untuk membangun rumah.

Ide dibalik gagasan ini datang dari seorang bernama Oscar Mendez, setelah beberapa tahun dia mencoba dan meneliti inovasi tersebut, dan pengolahan plastik ini merupakan tesis kelulusannya di perguruan tinggi.

Quote:


Ruang kelas yang dibangun dengan batu bata plastik

Perusahaan yang didirikan oleh mendez ini akhirnya digandeng oleh UNICEF untuk menandatangani sebuah kontrak membangun sekolah di daerah pantai gading. Sejak tahun 2018 silam mereka setidaknya berhasil membangun  26 ruang kelas dari batu bata plastik yang diimpor dari kolombia dan selebihnya nanti menggunakan  limbah lokal untuk pembuatan batu bata plastik.

Quote:


Pantai Gading pun kedepannya akan berancana membangun kemitraan dengan perusahaan pembuat batu bata plastik yang didirikan oleh Mendez tersebut, sehingga diharapkan dapat mengurangi sampah plastik didaerah mereka dimana nantinya dapat memberdayakan para wanita dan keluarganya untuk memperbaiki kondisi hidupnya dengan mengumpulkan plastik.



Source code :
- Building schools with plastic briks : https://www.unicef.org/cotedivoire/f...stic-pollution











Diubah oleh muhammadeltar
wah sungguh sungguh kreatip bray.. bisa bikin rumah pakai sampah plastik emoticon-Matabelo


*bray minta bata bray emoticon-Bata (S)


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di