CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Eksepsi 6 Aktivis Papua Ditolak Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2f0345337f93600d4ce7fc/eksepsi-6-aktivis-papua-ditolak-hakim-pengadilan-negeri-jakarta-pusat

Eksepsi 6 Aktivis Papua Ditolak Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

Eksepsi 6 Aktivis Papua Ditolak Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

Jakarta, IDN Times - Sidang lanjutan kasus dugaan makar yang dilakukan oleh enam aktivis Papua kembali dilanjutkan dengan agenda putusan sela. Eksepsi yang diajukan oleh kuasa hukum keenam terdakwa ditolak oleh majelis hakim.

Suryanta Ginting, Charles Kossay, Dano Tabuni, Isay Wenda, Ambrosius Mulait dan Arina Elopere menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat hari ini (27/1).

1. Eksepsi ditolak oleh majelis hakimEksepsi 6 Aktivis Papua Ditolak Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
Ketua majelis hakim untuk kasus ini, Agustinus Setya Wahyu Triwiranto membacakan hasil putusan sela untuk keenam terdakwa.

"Menyatakan, eksepsi atau keberatan yang disampaikan penasehat hukum terdakwa tidak dapat diterima," kata Agustinus dalam persidangan. "Dua, memberikan kepada penuntut untuk melanjutkan peneriksaan perkara ini. Tiga, menanggung biaya perkara sampai putusan hakim," lanjutnya.

Keenam tersangka menjalani persidangan dengan tiga berkas perkara yang berbeda. Ariana Elopere dalam berkas perkara sendiri, Surya Anta Ginting bersama Charles Kossay, Isay Wenda, dan Ambrosius Mulait dalam berkas perkara kedua, dan Arina Elopere Dano Tabuni di berkas perkara ketiga.

2. Salah satu aktivis mencabut bantuan hukumnyaEksepsi 6 Aktivis Papua Ditolak Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
Usai putusan sela dibacakan majelis hakim, Isay Wenda menyatakan dirinya mencabut bantuan hukum yang saat ini didapatkannya. Isay didampingi kuasa hukum yang sama dengan kelima terdakwa lainnya.

"Kami menyayangkan (pencabutan kuasa)," kata salah satu kuasa hukum terdakwa, Matthew Michele Lengu. "Kami berharap semoga Isay tetap bisa mendapat bantuan hukum yang baik," kata dia lagi.

3. Sidang dilanjutkan pekan depanEksepsi 6 Aktivis Papua Ditolak Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
Sidang akan dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan saksi yang akan dihadirkan Jaksa Penuntut Umum. Sidang ditunda dan akan kembali dibuka pada Senin (3/2) peka mendatang. Matthew mengatakan pihaknya akan menghadirkan 15 saksi fakta dan saksi ahli dalam persidangan ini nantinya.

Keenam tersangka didakwa dengan Pasal 106 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP atau Pasal 110 ayat 1 KUHP. 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di