CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Jenis Daging Hewan Ini Dapat Menyebarkan Virus, Apa Saja?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2f0313c820845f637aa9ea/5-jenis-daging-hewan-ini-dapat-menyebarkan-virus-apa-saja

5 Jenis Daging Hewan Ini Dapat Menyebarkan Virus, Apa Saja?

5 Jenis Daging Hewan Ini Dapat Menyebarkan Virus, Apa Saja?

Beberapa hewan konsumsi ternyata dapat membawa virus yang bisa merugikan kesehatan manusia, termasuk hewan ternak. Pengelolaan ternak dan kualitas hewan konsumsi yang kurang bagus menjadi salah satu faktor terjangkitnya hewan-hewan tersebut dari virus.

Inilah lima jenis daging hewan yang bisa menyebarkan virus. Apa saja?

1. Sapi5 Jenis Daging Hewan Ini Dapat Menyebarkan Virus, Apa Saja?
Sapi merupakan hewan ternak konsumsi yang paling umum dan paling banyak di konsumsi di dunia. Jumlahnya yang melimpah membuat harga daging sapi cenderung stabil di seluruh dunia, kecuali di daerah-daerah yang memang tidak memiliki akses untuk masuknya daging sapi.

Namun, sapi juga dapat terjangkit beberapa penyakit yang mematikan dan dapat berakibat fatal bagi manusia. Antraks dan sapi gila merupakan dua di antara beberapa penyakit menular mematikan yang bisa ditularkan ke manusia.

Untuk virusnya sendiri, sapi juga bisa terjangkit oleh BLV (bovine leukemia virus), yakni virus kanker yang biasanya menyerang organ-organ sapi. Menurut IFL Science yang termuat dalam lamannya, para ilmuwan dan pakar kesehatan telah mengindikasikan BLV sebagai virus yang dapat ditularkan ke manusia.

Hal ini didapat dari penelitian yang dilakukan di Universitas California, Barkeley, Amerika Serikat. Kesimpulan dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa BLV pada sapi bisa meningkatkan risiko kanker payudara pada manusia.

2. Ayam5 Jenis Daging Hewan Ini Dapat Menyebarkan Virus, Apa Saja?
Selain daging sapi, daging ayam juga dapat menyebarkan virus yang sangat mematikan. Flu burung atau avian flu merupakan salah satu virus mematikan yang sempat membuat panik dunia.

Gejala ringan dari virus ini, yaitu demam, nyeri otot, dan pusing layaknya flu biasa. Namun, jika sudah mencapai fase berikutnya, gejala bisa menjadi lebih berat seperti gagal napas, kejang, bahkan kematian.

Virus yang sempat mewabah beberapa tahun silam ini juga sempat dianggap sebagai virus mematikan dengan tingkat fatality atau kematian yang sangat tinggi. Seluruh negara di dunia saat itu meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah flu burung masuk dan menyebar.

3. Babi5 Jenis Daging Hewan Ini Dapat Menyebarkan Virus, Apa Saja?
Daging babi juga merupakan daging konsumsi yang sangat banyak dikonsumsi di dunia, terutama di Eropa, Amerika Serikat, Amerika Latin, Australia, Tiongkok, Jepang, Korea, dan masih banyak lagi.

Namun, beberapa tahun silam, beberapa peternakan babi yang tersebar di seluruh dunia juga diserang dengan virus, lazim disebut dengan virus babi.

Seperti diberitakan dalam Nature, meskipun tidak ada laporan korban serius pada manusia, virus babi menyebabkan kerugian ekonomi yang luar biasa terhadap para peternak babi.

Kerugian ekonomi di seluruh dunia diperkirakan mencapai ratusan juta dolar. Beruntung, para ilmuwan dan pakar biologi telah menemukan obat dan vaksin untuk babi-babi yang rentan terpapar virus.

4. Kambing dan Domba5 Jenis Daging Hewan Ini Dapat Menyebarkan Virus, Apa Saja?
Kambing dan domba merupakan hewan ternak favorit bagi banyak orang. Selain harganya stabil, rasa dagingnya juga khas dan sedap di lidah. Di Eropa, domba bahkan dijadikan konsumsi pada acara-acara khusus.

Namun, sayangnya, kambing dan domba juga tak lepas dari virus yang cukup berbahaya. Virus yang kerap menyerang kambing dan domba yaitu virus orf, virus yang menyebabkan penyakit atau infeksi pada mulut, kulit, dan beberapa organ lainnya.

CDC dalam lamannya menjelaskan bahwa manusia yang tertular virus orf biasanya memiliki gejala demam, kelelahan hebat, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Orang yang terinfeksi virus ini juga akan mengalami luka dan lesi (kulit bernanah) pada lapisan epidermis kulit.

5. Salmon5 Jenis Daging Hewan Ini Dapat Menyebarkan Virus, Apa Saja?
Ikan salmon merupakan makanan favorit bagi banyak orang di dunia. Selain rasanya yang lezat, kandungan nutrisi salmon juga sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Namun, dalam beberapa kasus, ternyata salmon dapat terjangkit virus dan menularkannya pada manusia, meskipun masih belum diketahui apa dampak negatifnya.

Dilansir laman Science Daily, penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari departemen kelautan UBC Kanada, ada beberapa virus evolusioner yang diduga kuat dapat berubah menjadi virus corona didapati dalam beberapa sampel insang ikan salmon perairan Pasifik.

Meskipun selama ini belum ada kasus penularan virus salmon ke manusia, para peneliti waspada karena bisa saja virus-virus tersebut dapat berevolusi menjadi virus mematikan bagi manusia.

Itulah lima jenis hewan konsumsi yang bisa menularkan dan menyebarkan virus berbahaya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu, ya!


Sumber : https://www.idntimes.com/health/medi...mpaign=network

---

dah jadi vegetarian aja emoticon-Hammer (S)
Artinya semua daging yg umum dikonsumsi dong emoticon-Hammer (S)


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di