CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Berita Jokowi Heran Ada Warga Mau Pinjam Rp 20 Juta ke Bank untuk Usaha Es Degan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2efd7a018e0d5f2f5cf5e2/berita-jokowi-heran-ada-warga-mau-pinjam-rp-20-juta-ke-bank-untuk-usaha-es-degan

Berita Jokowi Heran Ada Warga Mau Pinjam Rp 20 Juta ke Bank untuk Usaha Es Degan

Berita Jokowi Heran Ada Warga Mau Pinjam Rp 20 Juta ke Bank untuk Usaha Es Degan
Gresik -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdialog dengan warga di sela-sela membagikan sertifikat tanah di Gresik, Jawa Timur. Jokowi sempat heran karena warga tersebut hendak meminjam Rp 20 juta ke bank untuk usaha es degan.

Jokowi awalnya bertanya ke Atikah, warga asal Surabaya, mengenai luas tanah yang dimilikinya. Namun perempuan tersebut justru tak tahu sehingga akhirnya Jokowi yang memberikan penjelasan.

"Kalau ditanya tanahnya berapa meter, harus langsung hapal loh jawabnya, jangan 3 kali... berapa meter persegi. Tahu? Nih saya tunjukkan. Supaya semuanya tahu. Itu yang buka-buka juga belum tahu itu," ujar Jokowi di Gresik, Jawa Timur, Senin (27/1/2020).


"Coba dibuka, nama bu Atikah, betul. Di kelurahan Tambak Wedi, betul. Luasnya 23 meter persegi ya. Di bawah (ini) 23 meter persegi," sambung Jokowi.

Jokowi kemudian bertanya jumlah uang yang akan dipinjam Atikah ke Bank. Atikah mengaku akan meminjam uang Rp 20 juta untuk modal es degan. Jokowi pun heran.
Jokowi mengingatkan Atikah mengenai penggunaan uang Rp 20 juta itu. Jokowi juga bertanya untuk apa saja uang itu akan digunakan.

"Satu, buat stan. Stannya kan Rp 10 juta," jawab Atikah.

"Beli kelapanya," imbuh Atikah.
"Buat modal usaha es degan?" kata Jokowi mengulangi pernyataan Atikah.

"Sebentar, es degan kok sampe Rp 20 juta? sambung Jokowi disambut riuh peserta.

Di tengah percakapan itu, Atikah juga curhat ke Jokowi soal sikap Satpol PP yang suka memarahinya ketika berjualan. Jokowi pun mengingatkan Satpol PP agar tak bersikap demikian.

"Jangan gampang marahin," ujar Jokowi.


Atikah juga mengaku barang dagangannya kerap diambil Satpol PP. Lagi-lagi Jokowi pun memberikan peringatan.


"Saya pesan ini sama Satpol PP jangan suka ngambili. Barang-barangnya masyarakat. Diperingatkan nggak apa-apa tapi jangan ngambili," ujar Jokowi.



Setelah itu, Jokowi kembali mengingatkan Atikah untuk hati-hati meminjam uang dari bank. Perencanaan usaha harus dibuat jelas.



"Hati-hati kalau mau pinjam ke bank dihitung dulu, Rp 20 juta itu untuk apa, oh kios Rp 10 juta. Buat modal usaha es degannya Rp 5 juta, beli es nya, harus dirinci betul," kata Jokowi.



SUMBER : https://news.detik.com/berita/d-4875...ha-es-degan/3




Kalau utang harus tertib juga nyaur hutangnya
profile-picture
profile-picture
Gentayaumal dan ambarawan memberi reputasi
Kadrun kejet-kejet baca berita gini, tapi ngarep sertifikat tanahnya. emoticon-Wakaka
20jeti pinjaman klo buat ngembangin usaha yg udah jalan ya ok lah, tp klo mw buat coba2 usaha kayaknya bakal banyak ilangnya emoticon-Matabelo
emang mahal kok apalagi kalo pake stan, ditambah lagi uang makan juga masih nombok kalo pertama buka karena belum ada pemasukan
Modalnya 5 juta
15juta buat belanja foya2
Stannya udah 10 jt sendiri
Lihat 1 balasan
Balasan post Avangelino
Quote:


Bayar sewa tempatnya, duit preman, duit sampah, duit keamanan, duit keramaian, duit parkiran, duit bla bla yg paling mahal
profile-picture
Gentayaumal memberi reputasi
Diubah oleh karyanakbangs4
Asal jangan dicampur nutrisari kelapa muda ya mbak kalo jualan!

Gak enak sumpah kecut, gampang basi.

Ane pernah jd korban penjual es kelapa muda yg dicampur nutrisari kelapa muda
emoticon-Hammer2
Hati hati juga wi pinjam duit dari tiongkok...

Nanti gak bisa bayar bahayaa lohhh wi
dimodalin. dicariin pembeli.
jangan bu.. gak ketutup nanti..
kebanyakan itu emoticon-Hammer 5jt juga sudah jadi kalo mo jualan es degan doank
beli klapanya 10jt? emang mo beli seribu biji klapa? siapa yg mo minum sebanyak itu emoticon-Wakaka
wiwi walopun presiden latar belakangnya pengusaha jadi tau itung2an org dagang walopun gak pernah jualan degan
profile-picture
Gentayaumal memberi reputasi
20 juta karena mesti bayar preman, pengamen, sedekah panti asuhan, sedekah biaya bangun masjid, promosi beli dua dapet satu, bayar sri mulyani dan kawan2 via nitip satpol pp atau "petugas" yang mampir, bayarin pembeli dari penduduk sekitar/lokal yang ngutang dulu, bayarin petugas kebersihan....., bayarin apa lagi ya? bayar jin dah sekalian supaya lengkap emoticon-Shakehand2

Diubah oleh hhendryz
mungkin buat nutup utang juga emoticon-Malu
kalo berpikir modal 1 juta cukup buat usaha itu kebangetan
dialog yg luar biasa😂😂😂😂😂. kualitas presiden kuta gak jauh sama yg dukung.cetek
profile-picture
wj2004 memberi reputasi
20jt utk jualan es degan terlalu besar, akibatnya tdk sanggup mengembalikan dan gagal bayar
Ini banyak yg belum mampu berhitung secara benar
20 Juta kalau mau direncanakan dgn baik bisa buat mulai usaha kopi malah -_-" tapi kalau utk jualan es kelapa muda kayaknya kegedean deh. Harusnya diperhitungkan juga berapa lama BEPnya berdasar perhitungan putaran modal.Untuk tempat kan bisa sistem motoran buat ngirit di awal atau cari tempat yg lbh murah.Kadang kesalahan memulai bisnis di awal adalah terlalu over PD.
Diubah oleh Bumblebee.Jogja
Jualan es degan.. Jaman skrng bisa saja mahal.. Sepeda roda 3 viar + kulakan degan + tenda dll bisa habis 20 juta ..

Fix ..bener perlu 20 juta bahkan kadang kurang banyak..
Quote:


emoticon-Ngakak


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di