CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
WNI di Wuhan Minta Pulang, Menteri Terawan: Cara Evakuasinya Gimana?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2efa945cf6c440b52ebe60/wni-di-wuhan-minta-pulang-menteri-terawan-cara-evakuasinya-gimana

WNI di Wuhan Minta Pulang, Menteri Terawan: Cara Evakuasinya Gimana?




WNI di Wuhan Minta Pulang, Menteri Terawan: Cara Evakuasinya Gimana?



Raden Jihad Akbar, Arrijal Rachman
3 jam yang lalu




VIVAnews – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan bahwa pemerintah belum bisa melakukan evakuasi terhadap 243 Warga Negara Indonesia (WNI) yang terisolasi di Wuhan, China. Daerah itu diketahui masih diisolasi akibat keberadaan Virus Corona.
WNI di Wuhan Minta Pulang, Menteri Terawan: Cara Evakuasinya Gimana? © VIVA Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Menurutnya, evakuasi tersebut tidak bisa dilakukan karena kebijakan pemerintah China. Sehingga siapa pun tidak bisa masuk ataupun keluar dari kota itu, termasuk pemerintah.

"Caranya evakuasi gimana? Kita harus tahu bahwa kota itu sudah di lock down, enggak boleh ada yang masuk enggak boleh ada yang keluar," kata dia di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin, 27 Januari 2020.

Sekalipun WNI bisa keluar dari Wuhan, lanjut dia, China akan melakukan inkubasi terlebih dahulu terhadap mereka supaya bisa dipastikan bahwa kondisinya benar-benar terbebas dari keberadaan virus tersebut. Sehingga, tidak bisa serta merta langsung keluar dari wilayah China.

"Diperiksa dengan lengkap bahwa ini sudah bebas. Itu pun harus diletakkan dulu di wilayah China lainnya untuk sampai masa inkubasi dan sebagainya hilang kalau memang itu dicurigai ada," tegas Terawan.

Karena itu, dia menegaskan, pemerintah hanya bisa memberikan saran bagi mereka untuk terus menjaga imunitas tubuh. Sebab, menurut dia, apapun bentuk virus tidak akan menyerang seseorang bila imunitasnya kuat dan terjaga.

"Tidak usah khawatir, jaga imunitas tubuh kita. Cara melindunginya kita beri tahu mereka, eh jaga kesehatannya, imunitasnya yang baik, itu lebih murah, lebih tepat dan teori medisnya ada itu semua, imunitas yang baik pasti kita bisa menghindari itu semua," ungkap dia.

Sebagai informasi, sebelumnya diberitakan, Prancis dan sejumlah negara lain telah mengatakan bahwa mereka tengah bersiap mengevakuasi warganya dari Wuhan, yang merupakan pusat penyebaran Virus Corona jenis baru yang telah menewaskan setidaknya 80 orang sampai pada Senin 27 Januari 2020.

Menteri Kesehatan Prancis Agnes Buzyn pada Minggu (26/01), mengatakan bahwa warga Prancis juga akan dievakuasi dari wilayah Wuhan. Ini sebagai bentuk antisipasi Prancis mencegah ratusan warganya yang tinggal di daerah Wuhan tertular virus mematikan tersebut.

Sebagai informasi, sebelumnya diberitakan, Prancis dan sejumlah negara lain telah mengatakan bahwa mereka tengah bersiap mengevakuasi warganya dari Wuhan, yang merupakan pusat penyebaran Virus Corona jenis baru yang telah menewaskan setidaknya 80 orang sampai pada Senin 27 Januari 2020.

Menteri Kesehatan Prancis Agnes Buzyn pada Minggu (26/01), mengatakan bahwa warga Prancis juga akan dievakuasi dari wilayah Wuhan. Ini sebagai bentuk antisipasi Prancis mencegah ratusan warganya yang tinggal di daerah Wuhan tertular virus mematikan tersebut.

Sebelumnya, puluhan mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di Wuhan, China juga telah menyampaikan permintaannya kepada pemerintah untuk segera mengevakuasi mereka. Menyusul terus meningkatnya jumlah orang yang meninggal akibat Virus Corona.
Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Wuhan, Nur Musyafak, mengatakan sudah meminta kepada pihak KBRI di Beijing agar memulangkan mereka. Namun, Kementerian Luar Negeri mengatakan pemerintah masih mempertimbangkan hal tersebut.


Sembur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
FIRE12345 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh totongJKW
Halaman 1 dari 7
Cukup banyak juga jumlah WNI di Wuhan, 243
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh 54m5u4d183
Cukup dgn berdoa pak.. emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
akamals dan kakekane.cell memberi reputasi
WNI kita juga diazab awloh ya akhi emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
burjo24jam dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Balasan post autistic.dog
profile-picture
profile-picture
profile-picture
theJizyah dan 11 lainnya memberi reputasi
Quote:


evakuasi wni yg ada di wilayah merah epidemi untuk dipulangkan ke negara kita itu tergantung kebijakan (kebijakan soal penanganan epidemi) pemerintah negara china.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prayformysky dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ya emang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


njiir... salah ngequote..
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Ya ampun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


kudunya ngequote agan yg atas.. emoticon-Nohope


emoticon-Ngacir
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Duh
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Poinnya jelas :

1. Pemerintah china berlakukan isolasi ketat ke semua yg tinggal di daerah terpapar
2. Seandainya mereka langsung dipulangkan (tanpa dikarantina dulu oleh pemerintah china), ada resiko mereka bawa coronavirus ke indonesia & nularin orang
3. Katakanlah izin sudah diberikan pemerintah china, apakah fasilitas karantina di indonesia sudah siap utk ratusan WNI yg balik dari daerah terpapar? Setidaknya dikarantina sebulan dulu, lihat apakah mereka gak terpapar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mana.mana.aja dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wiry
Amerika bisa pulangkan staf kedubesnya dari wuhan ke san fransisco, kabarnya hari ini.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
WNI di Wuhan Minta Pulang, Menteri Terawan: Cara Evakuasinya Gimana?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Balasan post jonfaisal
profile-picture
profile-picture
zulfi888 dan kakekane.cell memberi reputasi
Balasan post jonfaisal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Skyland999 dan 3 lainnya memberi reputasi
Pake pintu ajaibnya doraemon ae

Wni dari wuhan sono mending jangan pulang dulu deh, sabar aja dulu disono, dripada maksa kemari mlh bawa penyakit dan bikin 1 nkri tertular kan gawat emoticon-Takutemoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post rizieq.shikimak
Quote:


subahenol, hanya modal imajinasi dan bisikan goib akhirnya junjungan kitak-kitak menemukan obat segala penyakit emoticon-Ngakak
the chosen one is real emoticon-Matabelo

WNI di Wuhan Minta Pulang, Menteri Terawan: Cara Evakuasinya Gimana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kurapbadak dan 3 lainnya memberi reputasi
WNI disana itu beneran murni WNI apa kewarga negaraan ganda????
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zulfi888 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


bisa pulang.. dengan melewati beberapa tahap.. yg jelas bukan tahapan yg sederhana..

yg pasti sih ga bisa langsung ujug2 bisa pulang ke rumah..

sama halnya dengan warga negara china yg saat ini ada di negara kita.. ga boleh mudik dulu..

kumaha deui..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
harusnya bisa kalo ada kemauan emoticon-Hammer
menlu buat permintaan resmi ke china utk evakuasi wni di wuhan
sekalian pinjem kendaraan buat jemputin wni2 di sono kalo gak bisa kumpul di bandara

kerjasama sama tni pinjem 2 hercules c130 bisa diangkut sekali jalan semuanya
tapi ya itu tadi setelah sampe dimari ya harus di karantina semua di lanud terpencil di kepuloan yg jauh dari penduduk
paling gak selama 2 minggu di bawah screening yg ketat oleh dinkes militer sebelom boleh pulang ke rumahnya masing2
pesawat yg tiba beserta semua kru juga didesinfectant total takutnya ada virus yg nempel dari wuhan

ini bukan kondisi perang yg semuanya kaco balo ini cuman isolasi dari pemerintahan china biar virus tidak menyebar
jadi komunikasi dgn pemerintahan china masih normal & bisa dilakukan
kalo alesan kita tepat & sop penanganan wni yg keluar wuhan bisa dipastikan bebas virus seharusnya china tidak akan melarang wni pulang balik
profile-picture
aldonistic memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di