CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
Buku ini Pernah Dilarang Beredar di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2ef8338d9b170bd2660010/buku-ini-pernah-dilarang-beredar-di-indonesia

Buku ini Pernah Dilarang Beredar di Indonesia

Quote:

Semenjak Reformasi bergulir, Pada era orde lama hingga orde baru Kebebasan mengeluarkan berpendapat dibuka Seluas Luasnya. salah satunya adalah penerbitan buku yang dikekang saat itu. ada ratusan buku yang tidak boleh beredar, karena dianggap akan membahayakan posisi pemerintahan. 

di thread ini gw mau bagikan beberapa buku yang pernah dilarang beredar di indonesia.

Simak Terus sampai Akhir ya!!

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast

1. Di Bawah Lentera Merah (Soe Hok Gie)


Quote:

Dinarasikan aktivis mahasiswa Soe Hok Gie melalui buku berjudul "Di Bawah Lentera Merah". Soe Hok Gie mengajak para pembaca untuk menelusuri jejak pergerakan indonesia pada tahun 1920-an. tapi kejaksaan agung malah mencekal buku ini pada tahun 1991.

2. Tetralogi Buru (Pramoedya Ananta Toer)

Quote:


Keempat buku ini dikenal dengan Tetralogi Buru. Buku ini banyak dicari para pecinta sastra. dulu perlah dilarang beredar dan dibaca di indonesia pada tahun 1981. selain itu aja juga karya Pramoedya Ananta Toer yang dicekal pada jaman dulu.

3. Amerika Serikat dan Penggulingan Soekarno (Peter Dale Scott)

Quote:


Buku ini mengungkap campur tangan amerika serikat dalam upaya penggulingan Presiden Soekarno pada tahun 1965-1967. Buku ini dilarang beredar di indonesia oleh kejaksaan Agung pada tahun 1990.

4. Demokrasi Kita (Mohammad Hatta)

Quote:


Tulisannya mengkritik sistem Demokrasi Terpimpin dari Soekarno itu dikumpulkan dalam buku ini. Tapi, Buku ini dilarang beredar oleh penguasa militer. karena dianggap mengkritik keras kebijakan Soekarno yang dinilai Otoriter. 

5. Buku Putih Perjuangan Mahasiswa 1978

Quote:


Buku ini disusun oleh Dewan Mahasiswa ITB pada tahun 1978. Buku ini hingga sekarang cukup sulit ditemukan. selain itu, buku ini juga sempat dilarang beredar oleh Kejaksaan Agung pada tahun 1978. menurut mereka, buku ini mengungkapkan sejumlah penyebab kegagalan Pemerintah Soekarno.

Terimakasih Buat Kalian yang udah mau Mampir di Thread ini.

Sampai jumpa di thread gw selanjutnya.



emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus


profile-picture
profile-picture
profile-picture
jabalnursaja dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Dipesan
Dipesan
Quote:


Wkwk
profile-picture
aldo12 memberi reputasi
trilogi ronggeng dukuh paruk juga dilarang bre katanya
profile-picture
maskii22 memberi reputasi
enny arrow gak masuk gan? emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
rizshad dan maskii22 memberi reputasi
sukarno dulu juga ngelarang beredarnya buku ya
profile-picture
maskii22 memberi reputasi
pengen baca nomor 3emoticon-Matabelo
profile-picture
maskii22 memberi reputasi
rata rata alesan nya kritik pemerintahan.. kl skrg sih bebas
profile-picture
maskii22 memberi reputasi
kalo buku forno gmna tuh?
profile-picture
maskii22 memberi reputasi
wah nice inpoh
profile-picture
maskii22 memberi reputasi
justru buku seperti ini menarik banget buat di baca gan, ketimbang novel. selera sih
profile-picture
maskii22 memberi reputasi
beberapa buku sudah ane baca
profile-picture
maskii22 memberi reputasi
Menurut ane dengan dilarangnya buku-buku itu malah ngebikin orang penasaran untuk nyari dan baca. Akhirnya malah orang-orang ngelakuin itu semua dengan cara yang illegal deh emoticon-Cape d...
profile-picture
maskii22 memberi reputasi
follow ya GanSis
profile-picture
farell6005 memberi reputasi
Cendolnya jangan lupa
Terimakasih buat yang udah mampir
Wow..wajib dibeli klo gitu emoticon-Cool
profile-picture
maskii22 memberi reputasi
Quote:


Pernah lihat buku ini di lemari temen ane cuma belum sempet baca, udah pernah baca gan??
masih banyak sejarah yang belum terbuka di Indonesia ini hehe
Quote:


Hanya Ronggeng Dukuh Paruk sma Bekisar Merah
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di