CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bak Zombieland, Pengakuan WNI di Wuhan saat Virus Corona Merebak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2ef6d528c991625849fcc1/bak-zombieland-pengakuan-wni-di-wuhan-saat-virus-corona-merebak

Bak Zombieland, Pengakuan WNI di Wuhan saat Virus Corona Merebak

/Nasional/Metropolitan/Internasiona


Bak Zombieland, Pengakuan WNI di Wuhan saat Virus Corona Merebak



Reza Gunadha
3 jam yang lalu




Suara.com - Wuhan, salah satu kota ramai di China, kekinian mendadak sepi, seiring kemunculan wabah virus Corona secara global. Virus itu diketahui kali pertama muncul di Wuhan. Bahkan, banyak orang menyebut Wuhan kekinian seperti Zombieland akibat sepi.

Bak Zombieland, Pengakuan WNI di Wuhan saat Virus Corona Merebak © suara.com Pramesti Ardita Cahyani Cs yang kekinian berada di Wuhan China. [Suara.com/dokumentasi pribadi]

Sejumlah mahasiswa Indonesia berada di Wuhan. Kepada Suara.com via telepon, Senin (27/1/2020), mereka mengungkapkan seluruh aktivitas termasuk perkuliahan terhenti.

Pramesti Ardita Cahyani, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang sedang mengikuti program belajar di Wuhan mengatakan, Wuhan menjadi sepi pascamenyebarnya virus corona.



“Toko-toko tutup. Warga lebih memilih berdiam diri di dalam ruangan masing-masing,” kata Pramesti.

Para pendatang di Wuhan kebanyakan memilih pergi, pulang ke kampung halamannya masing-masing. Apalagi bertepatan dengan libur Imlek 2020, persisnya sebelum kota tersebut “dikunci” pemerintah.

“Kondisi di Wuhan juga sedang di-lockdown sebagai bentuk upaya preventif pemerinta. Supaya virusnya tidak menyebar ke mana-mana. Jadi keadaannya sepi banget," kata dia.

Pramesti sendiri mengakui, awal mengetahui virus itu menyebar setelah pemerintah setempat memberikan imauan resmi.

"Segala macam transportasi seperti MRT, bus, pesawat, kereta semuanya diberhentikan sementara. Tidak ada kendaraan dari maupun menuju Wuhan," ungkapnya.

Penduduk yang tinggal di Wuhan, kata Pramesti, dianjurkan untuk tetap berada dalam asrama atau rumah.

Mereka tak diperkenankan pihak otoritas untuk keluar kecuali untuk hal-hal tertentu seperti membeli kebutuhan logisik.

"Kami tak diperkenankan keluar rumah apabila bukan untuk hal-hal yang penting seperti itu. Jadi harus ada di kamar terus," kata dia.

Hampir setiap saat, kata Pramesti, terdapat inspeksi pihak otoritas ke kamar-kamar maupun rumah warga.

“Untuk memastikan logistik, pihak otoritatif juga beberapa hari sekali mengetuk untuk mempertanyakan hal itu,” kata dia.

Pramesti sendiri mengakui, sudah menimbun makanan untuk tiga sampai empat hari ke depan.

“Ada beras, mi instan, wortel, kentang.  Alhamdulillah kondisi saya sama teman-teman di sini baik," ucapnya.

Setiap kamar para mahasiswa diberi termometer untuk mengatur suhu badan. Setiap hari, mereka diharuskan melaporkan suhu badan masing-masing.

"Dari pihak kampus juga memberikan masker dan sabun cair untuk terus menjaga kami supaya baik-baik saja.”

Pramesti beserta kawan-kawannya tengah mengikuti program pertukaran pelajar dengan Central China Normal University .

Program itu sebenarnya sudah terselesaikan. Pramesti Cs dijadwalkan pulang ke Tanah Air tanggal 2 Februari 2020, sebelum akses ke maupun dari Wuhan ditutup sementara.



sembur

profile-picture
profile-picture
profile-picture
FIRE12345 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh totongJKW
Halaman 1 dari 3
CORONA = azab awlloh akibat menzolimi uighur !! emoticon-Belgia


kalau yang ini :

Bak Zombieland, Pengakuan WNI di Wuhan saat Virus Corona Merebak


emoticon-Sundul Up cobaan awlloh (S n K ) emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizariri dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kadalgurun19
Lihat 5 balasan
Balasan post kadalgurun19
Quote:


oh jadi gara-gara majikan yang melancong ke cinak sepertinya emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
rizariri dan lokshin.khushin memberi reputasi
Balasan post kadalgurun19
profile-picture
profile-picture
profile-picture
budyglory dan 4 lainnya memberi reputasi
Ya buat WNI yang sedang ada di China, hati²
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Balasan post totongJKW
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setiagustaman dan 3 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizariri dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh autistic.dog
mirip film zombie berjudul "28 days later"


profile-picture
yoshioka.ky memberi reputasi
Diubah oleh kampret.strez
Ngeri ya..berasa kayak di game2 zombie..kalau beneran mewabah, pasti benar2 jadi kota zombie
Lihat 2 balasan
Balasan post Aparatkaskus
Yang udah mati gak bangun lagi tong.. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan cipokan.yuk memberi reputasi
Katanya virus ini mati di suhu 57°C dan alkohol. Betulkah itu? Orang sono bukan kebanyakannya minum arak, ya? Ah, dasar virus lemah. Ngga strong amat. Masih kalah sama flu ternyata.
Quote:


Haiiiya lu olang menlen sudah senang hidup dimali jangan pancing masalah leeee...

Nanti ketahuan id lu sama temen lu kena pukul lu punya kepala maaa...

Dalipada lu olang plovokativ mending lu kasih semangat lu olang punya kelualga di wuhan leee...


emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizariri dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tsimtsum
Lihat 2 balasan
Balasan post tsimtsum
Quote:


Bak Zombieland, Pengakuan WNI di Wuhan saat Virus Corona Merebak

emoticon-Christmas
profile-picture
lokshin.khushin memberi reputasi
Quote:


RIPemoticon-Berduka (S)
moga moga ada bantuan logistik
Balasan post tsimtsum
Bak Zombieland, Pengakuan WNI di Wuhan saat Virus Corona Merebak


idiot !
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
Kasian juga ya mereka, gara gara pertukaran pelajar sama univ di china mlh jdi bgitu emoticon-Mewek

" tuntutlah ilmu sampai ke negeri china"

Me : aku cinta indonesia emoticon-Matabelo
ngeri ya warga yg kejebak di kota itu gak bisa kemana2 udah kayak di film2 aja.
Diubah oleh jhonlenon60
Quote:


Kayaknya lebih berbahaya zombie 212 yg penyebaran dri onta. Sampe skrg belum ada vaksinnya bahkan penyebarannya bisa hanya dengan melalui jaringan internet hanya modal klik Like, Share, Amin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizariri dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Anjir kok ngeri dah rasanya disana
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
Bener2 kayak di resident evil, bedanya yg kena virus corona ini klo mati ya gak bangun lagi
profile-picture
herans memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di