CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
TNI: China Punya Pulau Buatan di Laut China Selatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2ee6704601cf40a63ea071/tni-china-punya-pulau-buatan-di-laut-china-selatan

TNI: China Punya Pulau Buatan di Laut China Selatan

TNI: China Punya Pulau Buatan di Laut China Selatan
CNN Indonesia | Jumat, 24/01/2020 20:55 WIB
Bagikan :  
TNI: China Punya Pulau Buatan di Laut China Selatan TNI sebut China bangun pulau buatan untuk dijadikan markas militer perairan Natuna (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
TNI: China Punya Pulau Buatan di Laut China Selatan

Jakarta, CNN Indonesia -- Panglima Komando Armada I TNI Laksamana Muda Muhammad Ali menyatakan pihaknya tengah menyelidiki dugaan keberadaan pulau buatan yang dijadikan sebagai markas militer oleh China di perairan Laut China Selatan.

Ali menyebut China sengaja menyulap karang-karang di perairan Laut China Selatan menjadi pulau buatan (artificial island) untuk markas militer.

"Dibangun hingga seperti kota. Itu dibangun jadi pangkalan militer. Ini mungkin bisa saja keinginan China itu jadikan garis pangkal, meski itu bertentangan dengan hukum laut internasional," kata Ali saat menghadiri diskusi di KAHMI Center, Jakarta, Jumat (24/1).


Misi TNI menyelidiki dugaan keberadaan markas militer di pulau buatan China itu tak lepas dari polemik Natuna sejak Desember 2019 lalu, yang mana kapal China mengeksploitasi perairan Natuna.

Ali menyatakan pihaknya sudah memantau pulau buatan itu melalui satelit. Ia pun turut menyebut bahwa kapal coast guard China turut bermarkas di pulau buatan tersebut.

Menurut Ali, pulau buatan itu dilengkapi dengan infrastruktur militer yang lengkap. Mulai dari landasan pesawat sepanjang 3 ribu meter dan infrastruktur penunjang lainnya.

"Mereka bangun itu hanya 2-3 tahun. Gerak cepat. Padahal itu [pulau] dari karang mereka bisa bangun 3 ribu meter. Itu semua pesawat bisa mendarat di situ. Dari bomber, fighter, kargo," kata dia.
[table][tr][td][/td]
[/tr]
[/table]


Ali menyatakan pihaknya tetap berkomitmen untuk menjaga kedaulatan perairan laut Indonesia. Ia menyatakan seluruh unsur alutsista dan aparat maritim lainnya akan melakukan operasi secara maksimal di wilayah perbatasan maritim Indonesia.

Termasuk Natuna. Pula, wilayah perairan lain yang berbatasan dengan negara lain.

"Di perbatasan laut disini ada Timor Leste, Thailand, Malaysia, China, Vietnam, Filipina, dan lainnya, Jadi cukup rumit menjaga perbatasan di laut," kata dia.

Indonesia dan China sempat memanas di perairan Natuna Utara. Kapal-kapal China menangkap ikan di perairan tersebut dan dikawal oleh kapal coast guard.

TNI berulang kali mengusir kapal-kapal tersebut. Namun, kapal-kapal China kembali datang ke Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di perairan Natuna. Bahkan kapal TNI sempat mendapati kapal nelayan China tengah menebar jaring ikan.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...-china-selatan
Makanya Menhan RI Prabowo Subianto berencana membangun pangkalan militer baru di Natuna, Kepulauan Riau. Tidak hanya itu, Prabowo berjanji juga membangun pangkalan di wilayah timur Indonesia.

Ya hati² buat TNI-AL dalam penyelidikannya.
Diubah oleh 54m5u4d183
Lihat 1 balasan
Bukannya memang ada? N beritanya udah tahun2 lalu ya?
profile-picture
monkees memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ini dah lama,klo gasalah dah ada runway untuk pesawat wirawiri n ada misil juga disana
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Balasan post bani.bahlool
Pulau2 karang di LCS sudah dibangun cina menjadi pulau buatan sebagai pangkalan militer sejak tahun 2015. Pengen liat pesawat udara tni au main2 ke pulau buatan cina di LCS, apa reaksi dari pihak militer cina. Wartawan BBC sudah main2 ke sana sejak taon 2015, ayo wartawan kaskus jangan mau kalah aksi main2 juga donk ke sana, buat field report hasil kunjungannya ke sana. ini link berita wartawan bbc pelesiran ke sana : https://www.bbc.com/indonesia/majala...na_lautselatan
Mending siap2 menghadapi corona virus bray.

Tapi ya paling cuma dianggap remeh ini virus.
Balasan post 54m5u4d183
Soal pembangunan pangkalan mah itu udah dipikir sejak lama, seinget ane sudah dimulai sejak zaman pak sby
Cuma yg jadi masalah, kalau tu pangkalan jadi, mau diisi apa
Sini aja kekurangan kapal
Quote:


Ya nanti diliat kalau jadi dibangun
Lihat 1 balasan
Balasan post 54m5u4d183
Permasalahannya sih bukan di pembangunannya
Tapi di pengisian nya, soalnya sini kekurangan kapal
Anggaran aja gak mencukupi buat beli kapal baru emoticon-Big Grin
Quote:


Ya biar itu jadi bahan pemikiran dari pemerintah
sambil memantau situasi dan kondisi ya emoticon-Hansip
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
bom aja ude
TNI: China Punya Pulau Buatan di Laut China Selatan

ruwet. emoticon-Hammer2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di