CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
4 Cara Mendidik Anak Bandel / Keras Kepala!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2ee61ab84088225750f5ac/4-cara-mendidik-anak-bandel---keras-kepala

4 Cara Mendidik Anak Bandel / Keras Kepala!!

4 Cara Mendidik Anak Bandel / Keras Kepala!!

Mendisiplinkan anak yang nakal dan membuat mereka mematuhi semua perkataan kita, tidak bisa dilakukan dengan jalan kekerasan. Justru sebaliknya, hal ini malah akan membuat anak anda semakin liar dan tidak takut dengan siapapun. Dalam hal ini orangtua harus mampu menerapkan pola asuh dan cara mendidik anak yang nakal menjadi patuh dan penurut namun tidak dilakukan dengan jalan kekerasan seperti main pukul, main cubit atau ancaman, sebab hal-hal ini akan berdampak buruk terhadap pertumbuhan anak. Nah, berikut ini terdapat beberapa cara untuk mendisiplinkan anak yang nakal agar bisa patuh dan menjadi penurut pada orangtuanya.

1. BERSIKAPLAH YANG LEMBUT

Saat anak melakukan kesalahan apalagi perbuatan tersebut dilakukan didepan umum yang membuat kita malu, rasanya kita ingin sekali memarahi mereka. Namun, sebagai orangtua yang baik, tidak seharusnya kita melampiaskan amarah seketika ditempat yang sama apalagi disaksikan banyak orang. Kesalahan yang diperbuat anak anda bisa mungkin adalah ketidak sengajaan yang membuat mereka khilaf, untuk itu kendalikan amarah anda dan tanyakan pada mereka mengapa hal tersebut bisa sampai mereka lakukan. Setelah itu, baru berikan nasihat dan sampaikanlah dengan lembut. Anak anda bisa jadi merasa malu dan bersalah dengan masalah yang ia buat, untuk itu jangan perparah penyesalannya dengan caci makian anda yang akan membuat mereka semakin tertekan.

2. JADILAH CONTOH YANG BAIK

Ketika anda mengharapkan anak anda bisa tumbuh dan menjadi seorang anak dengan perilaku yang bersahaja dan baik, maka perbaiki terlebih dahulu sikap kita dan jadilah contoh yang baik untuk mereka. Pelajaran paling jitu yang bisa diberikan pada anak tidak hanya terbatas pada teori dan nasihat, namun juga harus dibarengi dengan praktik dan kenyataan. Selain itu, anak-anak umumnya akan meniru apa yang mereka saksikan. Jika perbuatan dan perilaku kita tidak sesuai dengan norma yang berlaku maka jangan heran jika anak anda bisa sangat nakal dan sulit diatur.

3. TETAPKAN ATURAN DAN BERIKAN SANKSI YANG TEGAS

Cara lain dalam menghadapi dan mendidik anak yang bandel dan nakal agar menjadi seseorang yang penurut dan patuh adalah dengan menetapkan aturan untuk membatasi perilaku anak-anak. Selain itu, berlakukan sanksi yang tegas untuk mereka. Namun tentunya tidak dengan menggunakan cara kekerasan yang akan menyakiti anak dan membuat mereka berada dalam bahaya. Misalkan ketika anda memberlakukan peraturan jam belajar dari jam 7 sampai jam 8,  sementara anak anda sibuk bermain game di komputernya. Maka berikan ia sanksi seperti mengambil komputernya dan tidak mengizinkan ia bermain game sampai waktu belajar dimalam hari diselesaikannya. Dengan begini anak akan dengan perlahan menyelesaikan kewajibanya sebelum mengambil hak-haknya.

4. JADILAH ORANGTUA YANG KONSISTEN

Berhentilah memberikan toleransi pada anak-anak sewaktu aturan yang anda terapkan dilanggarnya. Semakin banyak toleransi yang anda berikan akan membuat anak lebih leluasa melanggar semua peraturan yang telah anda buat untuk mereka. Dengan begitu mereka akan cenderung menjadi pembangkang dan sulit diatur. Untuk itulah, cobalah menjadi orangtua yang konsisten pada semua perturan yang anda perbuat. Dengan ketegasan dan sifat konsisten pada diri anda akan membuat anak segan untuk melanggar peraturan yang anda buat karena ada sanksi yang harus mereka tanggung untuk semuan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
makeyoudream dan 3 lainnya memberi reputasi
no.4 tuh kadang ga konsisten hmmm emoticon-Malu
profile-picture
hanifsptr memberi reputasi
wah bagus nih, nambah-nambah ilmu parenting
emang iyaa ya perlu tegas dan konsisten, kalau dikasih ruang dikit aja pasti sulit diatur lagii.. dan perlu dicontohin juga
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
betuuuulll, ane punya sodara yang keluarganya tuh baik banget, anaknya mau apa aja diturutin. tapi yaa gitu anaknya jadi selalu mau menang sendiri atau keras kepala
tentatif banget .... nambahin coba pahamkan statusnya sabagai anak dan ortu juga kudu paham status sebagai ortu
Bener nih. Ngadepin anak keras kepala nggak bisa dengan emosi. Kita harus berhasil ambil hatinya dulu. Kalau sudah baru beri peraturan dan sanksi yang tegas supaya dia tahu soal tanggung jawab
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tegas dan konsisten...
sebagai ortu juga kudu mahami apa mau anak, yang terpenting jangan marahin didepan umum
anak nanti malah makin menjadi
Balasan post christyas1994
bener banget gan..
terkadang ngadepin anak keras kepala tu gampang-gampang sulit
tapi kalau kita dah ngambil hatinya, dijamin deh kita bakal ada aja jalannya buat menakhlukan dia
bener nihhh, setuju. kadang ortu ga tega ngeliat anaknya jadi suka ga konsisten dan tegas
jangan lupa di ajak negosiasi jugaa sih si anaknya drpd dimarah2in kan
punya temen yang keras kepala aja bikin pusing sendiri, apalagi kalo anak yang keras kepala. semoga jangan sampe deh
Beginiii yaaaa caranyaa.. nice info gannn
kadang ane paham dan setuju banget sama teori2 begini
tapi kadang juga pas kita coba terapin yang macem ini, dan pas lagi ada orang tua, jadinya menceng, dan gak konsistenlah kita.
Buat anak lagi buat perbandingan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di