CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Investasi Perumahan Syariah Fiktif di Ponorogo
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2edff065b24d46012e17b6/investasi-perumahan-syariah-fiktif-di-ponorogo

Investasi Perumahan Syariah Fiktif di Ponorogo

Investasi Perumahan Syariah Fiktif di Ponorogo, 47 Korban Tertipu Rp 4,5 M
Investasi Perumahan Syariah Fiktif di Ponorogo
Ponorogo -
Sebanyak 47 orang menjadi korban penipuan perumahan syariah Dream Land yang berada di Desa Plalangan, Kecamatan Jenangan. Para korban tertipu dengan total kerugian sekitar Rp 4,5 Miliar.
Mereka tergiur dengan harga murah perumahan yang tersebar di media sosial. Para korban kebanyakan ingin berinvestasi untuk masa tua.
"Total korban ada 47 orang dengan kerugian Rp 4,5 Miliar," tutur pengacara korban Ari Hersofiawanudin kepada detikcom, Senin (27/1/2020).

Ari mengatakan pelaporan resmi ke polisi dilakukan karena tergugat, Sarjito (35) warga Desa Wagir Lor, Kecamatan Ngebel tidak ada itikad baik untuk menyelesaikan permasalahan ini.


[table][tr][td]Baca juga: 47 Warga Ponorogo Tertipu Perumahan Syariah Fiktif
[/td]
[/tr]
[/table]
"Klien kami sudah bayar tapi rumahnya belum jadi. Ada yang sudah lunas pembayaran tapi belum diberikan surat-surat kepemilikan. Kami ajukan gugatan untuk diproses hukum," kata Ari.
Menurut Ari, Sarjito selain melakukan penipuan terhadap 47 korban terkait perumahan syariah, juga menggunakan tanah tersebut untuk agunan di bank.
"Sarjito juga punya agunan di bank Rp 800 juta di bank Magetan, tanahnya sempat mau dilelang tapi batal," ujar Ari.

Pihaknya pun berharap Sarjito segera melakukan itikad baik kepada warga perumahan Dreamland untuk segera menyelesaikan proses pembangunan.


"Harapannya segera diselesaikan, rumahnya dibangun, sertifikat diserahkan kepada warga," tandas Ari.
Sementara salah satu korban, Agus Nugroho mengaku perumahan tersebut ada tipe 36 dan 45 dan gagal dibangun sejak tahun 2018. Saat ini pun kantor developer PT Cahaya Indah Mulia yang beralamatkan di Kelurahan Kertosari, Babadan sudah pindah.
"Saya beli sejak 2016, tapi 2018 lalu sudah menghilang. Pemiliknya Sarjito juga sudah tidak bisa dihubungi, makanya kami laporan," pungkas Agus.



sumur



komeng TS sebagai salah satu korban pengembang yang sama tapi beda perumahan, ni orang punya 4 perumahan dan semua masalah, kasusnya mirip mirip cuma kebetulan perumahan yg beli itu ndak serumit diatas kasusnya, sekarang baru proses pengadilan.

masalahnya orang orang daerah itu mereka terlalu santai kalau ditipu, banyak dari korban yang tidak mau melapor karena alasan ribet dan macam macam alasan lain, moga pengembangnya segera ketangkep biar bisa ditatar.

pengembangnya ini ga banyak duit, pertama ketemu itu orangnya dekil begitu perumahan laku, kaget beli ini itu, buka sana sini... dan sebagainya lalu duit dan manajemen bubrah.

profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
pendukung wan jembut gwoblok
Kalau mau investasi ya hati², di cek² dulu
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post 54m5u4d183


kebanyakan yg beli itu TKI gan makanya ga bisa ngecek setiap saat
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Quote:


Ya, makanya dari kejadian yang mereka alami, kedepannya bisa lebih berhati-hati lagi kalau mau investasi apa pun itu
Lihat 1 balasan
Balasan post 54m5u4d183
pasti akan sangat berbekas kok jadi hati hati, kecuali yg bebel dan ngga mau tau.. malah ada kok yang mau rela bayar 50jutaan lagi patungan bayarin utangnya si penipu..

ya susahnya di daerah itu sih itu, mudah dipengaruhi dan ditakut takuti
Quote:


Kalau sudah ndaleg ( Sudah tau tapi masih dilakukan ) ya wes biarin aja.
astajim developer Agung Ponorogo berulah emoticon-Kagets
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
sebaiknya beli cash dan langsung AJB atau balik nama sertifikat atau konversi jika surat masih petok ke notaris/PPAT setempat sgar menjadi kekuatan pembuktian secara hukum yaitu telah tercatat dalam berkas negara dalam hal ini BPN setempat.

hindari pembelian secara termin, telebih lagi hanya bukti kwitansi aja, namun jika terpaksa.. lakukan dg perjanjian dihadapan notaris/ppat yg ada disekitar anda dan lebih baik langsung akad hak tanggungan dg bank ternama disekitar anda..
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
astajimemoticon-Mad
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
tips beli rumah dari developer dari ane, siapa tahu bermanfaat.
1. kredibilitas developer. cek dulu track recordnya si pengembang, bagus atau tidak, pernah bangun dmn saja. klo developer baru, agan cek siapa jajaran direksinya. klo bukan orang setempat lebih baik tahan dulu.

2. perizinan lahan. cek IMB sudah ada atau belum. klo belum lebih baik tunggu dulu IMB keluar. lebih aman.

3. Cari tahu juga, tiap kavling tanahnya sudah displit atau belum. klo belum di split. tahan dulu.

4. kalau ambil cara bayar bertahap setelah booking minta ppjb (perjanjian pengikatan jual beli) di notaris. supaya ada ikatan hukumnya.

5. Cari tahu juga tanahnya milik developer atau bukan. byk developer yg kerjasama dgn pemilik tanah. yg kerjasana seperti itu cenderung rentan kedepannya gak akan beres, karena di awal sertipikat tanahnya diagunkan. tidak sedikit developer nakal yg abis cair dana hasil diagunkan yg harusnya untuk membangun rumah, malah dipakai keperluan pribadi. rumah ga dibangun, gak bisa akad. kabur.

jangan cepat tergiur dengan promo murahnya rumah, gali infonya secara dalam.

semoga bermanfaat.
lu lagi lu lagi
Bener juga kata TS kebanyakan Pengembang Syariah gini sebetulnya bukan karena menipu gagal bangun. Tapi lebih ke manajemen perputaran uang yg g bener.

Lebih baik cari rumah syariah dengan pengembang yg sukses membangun perumahan daripada pengembang yg janji manis punya perumahan dimana saja tapi lum dibangun


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di