CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Lebih Baik Cegah Turis China, Daripada Mengobati WNI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2ec093337f9335894a5c91/lebih-baik-cegah-turis-china-daripada-mengobati-wni

Lebih Baik Cegah Turis China, Daripada Mengobati WNI

Spoiler for pekerja dengan baju pelindung:


Spoiler for Video:


Mungkin bagi anda pecinta game sudah tak asing lagi dengan game Resident Evil (RE). Game ini mengisahkan tentang penyebaran virus sehingga menyebabkan manusia yang mati dapat hidup kembali, tapi hidup bukan dalam keadaan seperti manusia, melainkan sebagai zombie. Virus itu sendiri dikembangkan oleh Umbrella Corp sebagai senjata biologis.

Wabah virus zombie seperti yang terjadi di game agaknya memiliki kemiripan dengan yang terjadi di dunia nyata, meski tidak seekstrim yang ada di RE. Yakni wabah yang berasal dari 2019 Novel Coronavirus atau 2019-nCoV yang muncul pertama kali di Wuhan, China. Ironisnya, ternyata di China ada perusahaan kosmetik dan bioteknologi yang memiliki kemiripan logo dengan Umbrella Corp.

Terlebih lagi, Dany Shanom, seorang ahli perang biologis Israel memiliki kecurigaan bahwa virus mematikan itu berasal dari laboratorium di Wuhan. Sebagai laboratorium virus tercanggih di China, hanya Wuhan Institute of Virology yang mampu mengembangkan virus mematikan.

“Laboratorium lainnya bisa jadi juga terlibat, baik dalam penelitian maupun pengembangan (senjata biologis) China, namun perannya hanya sebagai pendukung bukan fasilitas utama,” papar Shoham.

Sumber : Kumparan [Virus Corona Berasal dari Laboratorium Senjata Biologis China?]

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Daeng Mohammad Faqih mengatakan virus ini dapat menular antarmanusia lewat batuk, bersin, hingga makanan yang tercemar saliva orang yang terinveksi virus. "Dari cairan dari air liur, kemudian kalau kena batuk di makanannya kemudian termakan juga itu bisa menular," kata Daeng.

Artinya penularan lewat kontak langsung dengan penderita virus Corona bisa lewat pernafasan, percikan ludah, terkena batuk, atau menyentuh langsung makanan yang dimakan orang terinfeksi virus. Untuk menghindari kontak langsung, maka masyarakat diimbau untuk tidak melakukan perjalanan ke tempat terjadinya penyakit itu.

Sumber : CNN Indonesia [IDI: Virus Corona Bisa Menular Lewat Liur, Batuk dan Bersin]

Oleh karena itu pula, WNI yang tengah berada di Wuhan belum bisa dipulangkan kembali ke Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Kementerian luar Negeri Teuku Faizasyah. Ia mengatakan, sejak mewabahnya virus Corona, Wuhan masih diisolasi.

Pernyataan ini merupakan tanggapan dari rencana beberapa negara seperti Jepang dan Amerika Serikat yang hendak mengevakuasi warga mereka dari Wuhan pasca penyebaran virus Corona. "Hingga saat ini status Wuhan masih diisolasi, tidak bisa masuk ataupun keluar," kata Faizasyah, Senin, 27 Januari 2020.

Data Kemenlu hingga Jumat (24 Januari 2020) juga menunjukkan belum ada WNI di China yang terpapar virus corona.

Sumber : Kompas [Wuhan Masih Diisolasi, Kemenlu Sebut Belum Memungkinkan Evakuasi WNI]

Di sinilah muncul lagi salah satu kemiripan antara virus di game RE, tepatnya RE2 dengan Wuhan. Di game RE2, Raccoon City diisolasi oleh pemerintah agar tidak ada yang dapat keluar dari kota tersebut. Hingga pada akhirnya kota itu dimusnahkan karena tidak dapat diselamatkan lagi.

Meskipun begitu pemerintah RI tetap harus berusaha memulangkan WNI yang ada di Wuhan apabila mereka tidak terjangkiti virus corona. Kekhawatirannya adalah, penyebaran virus yang cepat dan masif dan telah mengakibatkan 56 orang meninggal serta 2.022 orang lainnya terinfeksi tentu menyebabkan warga kita di sana sangat rentan terjangkiti virus.

"Saya pikir langkah itu (evakuasi) harus dilakukan segera, karena di China penyebarannya sudah ribuan. Itu artinya penyebarannya sudah sangat tinggi kan," ucap pengamat hubungan internasional dari Universitas Pelita Harapan, Alex Jamadu pada Senin 27 Januari 2020.

Lantas bagaimana dengan WNA China yang ingin berkunjung ke Indonesia? Apabila WNI kita tertahan di Wuhan, maka ada baiknya pula Indonesia melarang sementara WNA China masuk ke Indonesia bukan?

Alex Jamadu mengatakan upaya lain yang bisa dilakukan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan melarang sementara waktu WNA China yang ingin masuk ke Indonesia. "Dengan melihat perkembangan, itu bisa dilakukan. Karena ini menyangkut jiwa banyak orang. Kita tidak boleh demi pariwisata, tapi meniadakan kesiagaan kita terhadap penyakit yang mematikan ini," ujarnya.

Ia juga meyakini bahwa Pemerintah China tidak akan tersinggung dengan langkah tersebut. Sebab langkah ini dilakukan demi melindungi warga negara Indonesia dari ancaman virus yang mematikan itu. "Kita bukan memusuhi rakyat China, tapi kita ingin menyelamatkan rakyat kita yang begitu rentan dengan tingkat aktivitas dan tingkat kemampuan ekonomi yang tidak terlalu canggih dalam menangani masalah kesehatan seperti ini," kata Alex lagi.

Sumber : Kompas [Pemerintah Dinilai Perlu Evakuasi WNI dari Wuhan dan Larang WN China Masuk]

Kekhawatiran ini tentu sangat masuk akal. Apalagi berdasarkan peta persebaran virus Corona dari John Hopkins University, hampir semua wilayah China telah terpapar virus Corona. Apabila Indonesia tetap membuka pintu masuk bagi WNA China ke Indonesia, dikhawatirkan virus ini akan menyebar luas di Indonesia.

Sumber : Gisanddata [Wuhan Coronavirus (2019-nCoV) Global Case (by JHU CSSE)

Seperti yang terjadi di Bumi Cenderawasih. Seorang WNA China dicurigai terinfeksi virus Corona di Sorong, Papua Barat. Saat ini pria tersebut sedang menjalani pemeriksaan di RSUD Sele Be Solu. Pasien tersebut merupakan turis asing dari China yang sedang melakukan perjalanan ke Raja Ampat untuk menyelam.

Oleh karena itu, Direktur RSUD Sele Be Solu, Mavkren Kambuaya mengimbau agar pemeriksaan bandara diperketat agar virus mematikan itu tidak menyebar di Papua Barat.

Sumber : BBC [Seorang warga negara China jadi pasien suspect corona di Sorong]

Apabila kita melihat situasi seperti ini, ada baiknya pemerintah mengambil langkah pencegahan dengan cara memberikan larangan berkunjung turis asing dari China ke Indonesia. Kita bukannya anti warga China, tapi hal ini juga dilakukan untuk melindungi warga Indonesia sendiri. Jangan sampai demi pariwisata, kita melalaikan keselamatan rakyat sendiri. Apalagi pemerintah RRC tengah menahan dan mengisolasi WNI di Wuhan.

Apabila kita berbicara kemiripan dengan game lain. Mungkin penutupan akses masuk ini mirip dengan yang dilakukan Greenland di Game Plague Inc. Indonesia tidak perlu seekstrim itu, cukup dengan melarang sementara waktu WNA China yang ingin masuk ke Indonesia.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
victimaye dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh NegaraKITA
Halaman 1 dari 3
Emang masyarakat Indonesia kebenciannya udah parah kali ya,yang kena daerah Wuhan tapi seluruh wn China dilarang masuk ke Indonesia, emoticon-Nohope



Bata!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
^MeWmEw^ dan 7 lainnya memberi reputasi
demi bangsa dan negara
take a berr emoticon-Belgia
profile-picture
maverick4ever memberi reputasi
masih ku merasa angkuh ..

terbang kan hayal ku jauh ..


walau kan terjatuh ...
Penyebaran virus corona bukan hanya di wuhan akan tetapi telah menyebar

Lebih Baik Cegah Turis China, Daripada Mengobati WNI

Virus corona bukan kaleng kaleng,jadi lbh baik stop turis cina dulu sampe kondisi aman

Lebih Baik Cegah Turis China, Daripada Mengobati WNI

Kalo memang virus corona itu kaleng kaleng gaakan cina melakukan isolasi kek gini
Lebih Baik Cegah Turis China, Daripada Mengobati WNILebih Baik Cegah Turis China, Daripada Mengobati WNILebih Baik Cegah Turis China, Daripada Mengobati WNILebih Baik Cegah Turis China, Daripada Mengobati WNI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
^MeWmEw^ dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Ojodupeh
Lihat 2 balasan
seingat gue pas wabah MERS
Ga ada tuh turis arab dilarang masuk ke indo

kadrun rasis goblok
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan lokshin.khushin memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Gw ga rasis sih. Pemerintah cina aja isolasi tuh wuhan. Ya baiknya kita juga jaga jaga. Termasuk singapore dll yang dah kena.

Kalo dibanding mers dll yang pernah mewabah lebih parah mana yak sama ini? Ngeri dalam 2 hari yang meninggal berlipat ganda.
profile-picture
^MeWmEw^ memberi reputasi
Lah bukan rasis itu tp mencegah
Yg rasisi itu kl udah disini tp diusir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
^MeWmEw^ dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post Skyland999
Quote:


Biar lu waras,coba bandingkan korban yang telah jatuh dan seberapa luas ke 2 virus itu menyebar

Lihat gambar gambar yang ane pos diatas

Ini demi keselamatan negri mikir ente masih rasis aja,jepang n amrik aja dah rencana mo evakuasi warganya,cina juga dah mengisolasi daerah daerah yg tinggi penyebaranya sehingga ga boleh masuk atau keluar,ente malah nampol kadrun

Hubungane opo? emoticon-Cape d...
profile-picture
^MeWmEw^ memberi reputasi
Diubah oleh Ojodupeh
Quote:


Udah ada pesannya tuh, bukannya benci ya. Tapi drpada mewabah di sini
harusnya sudah paham keadaan indonesia ini semenjak menolak vaksinasi meningitis emoticon-Big Grin
Quote:


Kadrun itu sifat nya dengki dan rasis

Amrik sdh duluan evakuasi warga nya dari sono
Lah turis china itu sdh di cek dan di scan di airport jadi sdh clear n clean

Gw yakin kalo virus corona dari arab pasti kadrun ga bakal nolak turis dari arab
profile-picture
profile-picture
^MeWmEw^ dan lokshin.khushin memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


emoticon-Belgiaemoticon-Belgia
Balasan post Skyland999
Quote:


Trus klo screening di cina itu save trus kenapa 10 negara bisa terpapar,dan bukanya kesemuanya suspect bepergian lewat pesawat?

Jadi kesimpulanya lu benci ma kadrun dan pikiran ente kram sehingga tidak melihat realitas itu bagaimana virus itu menyebar

emoticon-Cape d... (S)

profile-picture
profile-picture
^MeWmEw^ dan bagask memberi reputasi
Quote:


Ya wajar gan dilarang, kan orang Cina sana masih satu negara. Kalo ga dicegah, ya ngeri juga penyebarannya.
profile-picture
lokshin.khushin memberi reputasi
Quote:


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Balasan post Ojodupeh
niat amat itu buat ngisolasi
Balasan post Ojodupeh
gak usah spamming foto guoblog
profile-picture
binyomin memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Quote:


Quote:


Virusnya harus dielus2 goblok! Jangan dengki sama virus! Hidup lo pasti susah makannya benci sama coronavirus, iya kan?
Diubah oleh maverick4ever
Balasan post Skyland999
Belajar dong dari negara 2 yg kemasukan corona. Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam itu dari turis China. Di Bandara lolos scanner karena blum demam, setelah beberapa hari gejalanya keluar dan dites positif corona.

Ini bukan masalah rasis, tuh virus nggak pandang bulu ras nya apa. Coba kalo virusnya pilih2 maunya cuman nyerang Chinese, Ane kira negara2 di dunia nggak terlalu khawatir.

Tapi ini kan beda, bahkan orang di China sendiri bilang kalo kondisi sekarang jauh lebih buruk dari wabah sars.
profile-picture
profile-picture
^MeWmEw^ dan LordFaries memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di