CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Wikipedia 'Benahi' Artikel PBB yang Disunting Sunda Empire
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2ead9f65b24d2551702622/wikipedia-benahi-artikel-pbb-yang-disunting-sunda-empire

Wikipedia 'Benahi' Artikel PBB yang Disunting Sunda Empire

Wikipedia 'Benahi' Artikel PBB yang Disunting Sunda Empire

Berita -- Wikipedia mengonfirmasi sudah 'membersihkan' dua artikel berbahasa Indonesia yang diduga disunting Sunda Empire ke format awal. Dua artikel tersebut adalah laman terkait Persatuan Bangsa-bangsa dan North Atlantic Treaty Organization.

Lewat akun Twitter resmi Wikipedia Indonesia @idwiki, mereka menyampaikan pembersihan artikel tersebut sudah rampung. Artikel tersebut sudah kembali normal terhitung Jumat pada pukul 09.26 WIB.

"Saat ini kontributor Wikipedia telah usai menangani kasus perubahan informasi di artikel PBB dan NATO," tulis Wikipedia bahasa Indonesia di Sabtu siang.

Wikipedia memastikan kasus serupa tidak akan terjadi kepada dua artikel tersebut. Mereka juga mengklaim sudah meningkatkan proteksi terhadap dua laman itu. "Kedua artikel tersebut kini sudah diperbaiki dan diberikan pelindungan agar kejadian serupa tak terulang kembali," kata Wikipedia bahasa Indonesia.

Artikel berbahasa Indonesia tentang PBB dan Nato menyita perhatian publik usai disunting oleh akun anonim. Kasus itu pun dibawa pakar telematika Roy Suryo ke Polda Metro Jaya.

Roy Suryo mengadukan petinggi Sunda Empire Rangga Sasana ke kepolisian terkait vandalisme artikel itu. Dia menjelaskan ada pengubahan tempat Sidang Umum PBB pertama dari Church House, London menjadi di Lembang.

"Yang bersangkutan mengatakan kalau PBB dan NATO itu dilahirkan, didirikan di Bandung di Gedung Isola," ucap Roy di Polda Metro Jaya Jumat. "Kemudian yang bersangkutan malah mengatakan secara langsung kalau saya salah, tidak mengerti sejarah. Karena dia nuduh saya enggak ngerti sejarah, dia ubah sejarah dan inilah yang saya laporkan, itu intinya," lanjut Roy. 

Dari temuan tersebut, Roy menuding kelompok Sunda Empire telah mengubah data dalam laman Wikipedia menggunakan akun anonim. Lantas, dia yang juga merupakan pakar telematika itu membuat laporan ke Polda Metro Jaya.

"IP anonim itu merujuk ke Sunda Empire. Dia secara kasar, secara tidak ilmiah telah mengubah sejarah melalui Wikipedia," kata Roy. Laporan polisi itu tertuang pada LP/530/I/YAN.2.5./2020/SPKT/PMJ tanggal 24 Januari 2020. Pihak-pihak yang dilaporkan Roy kini sedang dalam tahap penyelidikan.

Pasal yang dilaporkan terkait Tindak Pidana ITE, menyebarkan berita bohong dan pencemaran nama baik melalui media elektronik. Pasal yang dilaporkan yakni Pasal 27 ayat 3 junto Pasal 45 ayat 3, Pasal 31 junto Pasal 48 dan atau Pasal 35 junto Pasal 51 ayat 1 UU RI nomor 19/2016 tentang ITE dan Pasal 14, 15 dan Pasal 311 KUHP.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
peyeum buatan bandung mungkin maksudnya si akang rangga teh..
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ki Ageng Rangga Sasana alias Edi Hartono.
Lagi gemeter kakinya untuk saat ini.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Pakar it yg goblok. Wikipedia itu bebaa, siapa sj boleh suting, mau isinya palsu atau benar itu bebas. Nah, tiap artikel yg disuting itu ada backup swbwkum dan sesudah suting, tgl adminnya cek, jika benar info yg ditambahkan maka akan di terbitkan umum, klo salah maka akan di kembalikan ke waktu sebelum suting.
profile-picture
profile-picture
diehard57 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Hati hati aja kalau sampai Roy Suryo ke rumahmu
Pasti ada yg dibawa pulang!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sposolo dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
lah uu apa yg bisa di gunakan utk menjerat krn merubah wikipedia?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Komentator malah pada nyerang si sukro emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Adeuh emoticon-Leh Uga hanceur minah wkwk
padahal SUNDA EMPAIER itu.. blabla dan bla..
SUNDA EMPAIER.. bla bla.. bla SUNDA EMPAIER SUNDA EMPAIER.. blabla dari bla SUNDA EMPAIER.. emoticon-Bingung dan SUNDA EMPAIER ber bla bla.. dan blablabla.. SUNDA EMPAIER.. paham ya emoticon-Shakehand2 klean ?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


swbwkum apaan gan? emoticon-Bingung
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Gw heran polisi gak ngebui orang sinting pendiri sunda empire dan kerajaan sinting lainnya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
dua-duanya orang stress... ngapain dikasih panggung? emoticon-fuck

bata
profile-picture
profile-picture
ariesurya1988 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Leh wikipedia bisa seenak itu di edit?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Wikipedia kan memang bebas diedit sama siapa aja..

makanya kalo tulisan ilmiah yang rujukannya wikipedia langsung di tolak...
profile-picture
profile-picture
ariesurya1988 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
gw harap roy sukro dituntut balik

biar sesama orang gila saling perangemoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
orang sunda rindu pemimpin yang berasal dari suku sunda.... tapi ko edi hartono emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
wikipedia gwoblokkk emoticon-Gregetan
Udah jelas jelas kalo Sunda Empire itu orang gila gak waras...
... kalo pakar2 ahli yang bener bener waras sih gak bakalan nanggapin yang ginian..
.... cuma orang yang gak waras juga yang ikutan nanggapin orang gak waras ini kaya si Sukro..
Diubah oleh balado.jengkol
Quote:


Biar ad lucu2an di negeri serius ini kang mas.

emoticon-Jempol
Quote:


Lah sukro kan emang gila, dulu kan aktif di kaskus angkatan 2008-2010 sebelum sukro jadi kader bemokrat.

Sering ngamuk dimari dia kalau ga salah.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
ueki19 memberi reputasi
Diubah oleh longneversee
Quote:


Kalo orang yang ahli sih gak bakalan nanggapin ginian...
dikampus jg kan dilarang wikipedia
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di