CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pakar HI: Pemerintah Langgar HAM Kalau Larang WN China Masuk Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2e9df828c991243210ce57/pakar-hi-pemerintah-langgar-ham-kalau-larang-wn-china-masuk-indonesia

Pakar HI: Pemerintah Langgar HAM Kalau Larang WN China Masuk Indonesia

Buntut gaduhnya virus corona yang dikabarkan mulai menyebar ke beberapa negara membuat sebagian pihak di tanah air mendesak larangan warga negara China untuk memasuki wilayah Indonesia.

Salah satu yang lantang menyuarakan hal tersebut adalah politisi PDIP, TB Hasanuddin yang meminta pemerintah menutup sementara wisatawan asing masuk Indonesia agar wabah virus tersebut tak menyebar. Namun demikian, pakar hubungan internasional dari Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana justru berpendapat sebaliknya. Jika pemerintah melarang warga negara China masuk Indonesia, akan berpotensi melanggar HAM.

“Menurut saya pemerintah tidak bisa menutup masuknya WN asal China karena itu dianggap melanggar HAM dan bisa diprotes oleh pemerintah China,” kata Hikmahanto kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (26/1). Pemerintah Indonesia, kata Hikmahanto, hanya bisa melakukan pencegahan secara intensif di pintu-pintu masuk Indonesia untuk mencegah masuknya virus mematikan dari Wuhan tersebut. “Yang pemerintah bisa lakukan adalah melakukan pengecekan yang teliti ketika siapapun yang berasal dari China discan, apakah menderita demam tinggi atau tidak,” ucapnya. “Biasanya bagian kesehatan punya alat deteksi itu,” tambahnya.



Dengan melakukan pengecekan virus berbahaya itu, maka pemerintah tidak melakukan pelanggaran HAM. “Kalau ada yang terindikasi, maka harus dipisahkan dan langsung dibawa ke RS untuk dilakukan pengecekan. Cara itu tidak melanggar HAM,” tandasnya.


https://politik.rmol.id/read/2020/01...uk-Indonesia-

tuh nasbung denger noh, pelanggaran HaM berat menolak turis china, rasisme itu, cuma islam radikal yg menolak cokin masuk ke indon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Ya udah, tampung aja di kantor komnas HAM

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubebe dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Lebih baik di ikuti saja himbauan dari WHO.
Balasan post tujuh.tahun
Quote:


Good idea emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
angelo.ogbonna dan lokshin.khushin memberi reputasi
“Menurut saya pemerintah tidak bisa menutup masuknya WN asal China karena itu dianggap melanggar HAM dan bisa diprotes oleh pemerintah China,” kata Hikmahanto kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (26/1).

kan ada alasan yg kuat.. terutama yg berasal dari wuhan dan sekitarnya.. emang lu mau kena virus corona... coba kasih contoh dulu kena virus corona..pengin tau selanjutnya bisa ngomong apa...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubebe dan 2 lainnya memberi reputasi
Kalo demi aman sih gpp, gak ada hubungannya sama ras karena ini stop negara China bukan ras chinese.
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
lahhh ko bisa lari ke HAM???situ goblok tah??emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KzRaItoN dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kirimkan satu yg kena ke Petamburan emoticon-Big Grin
profile-picture
lokshin.khushin memberi reputasi
Kirim aja ini pakar ke wuhan, kalo gak dikasih masuk bilang melanggar ham
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KzRaItoN dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Disini yg dikedepankan adalah langkah preventif karena ada resiko & potensi bahaya jika menerima turis asal negara china.
Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Org yg kena cacar air aja gak boleh keluar rumah, apalagi ini virus corona, penyakitnya aja masih banyak yg simpang siur.

Masa bodo dg namanya ham, asalkan rakyat indo terbebas dg penyakit corona.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KzRaItoN dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh not.allowence
pakar ngawur... kl anak ente yg kena corona, mau ngomong apalagi ente? emoticon-Traveller

bataemoticon-Cool
Quote:


tuh org palestina yg jadi gelandangan di tampang noh di rumah elo ato di markas FPI

Quote:


Quote:


terima saja lah jokowi pro china kok

Quote:


sudah lah terima saja, lah indo saja belum resmi kasih travel warning kok, cuma "akan" doang
profile-picture
ecolux memberi reputasi
Tolol, lu mentingin HAM wna drpada wni?
Tai emang komnas HAM ini.
emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
LordFaries dan angelo.ogbonna memberi reputasi
Lihat 2 balasan
pakar tolol, siapa itu namanya cari tau itu lulusan mana. lulusan UI modelnya kayak gitu. dia kira gampang kalau orang udah sampai diindo terus disuruh pulang lagi karna terdampak sakit. terus yang satu pesawat sama dia gimana ceritanya? kagak kena?
sudah diberitahukan kalau corona bisa masuk lewat mata gak cuma pernafasan saja. sitolol yang ngaku pakar ini kurang ilmu, dia kagak tau kalau dokter yang melakukan penanganan juga sudah jadi korban meninggal karena corona.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
warbound dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post longneversee
Quote:


Jangan kaget bahkan pancasilapun ketika dibenturkan dengan HAM,Pancasilanya akan disuruh minggir dulu
profile-picture
warbound memberi reputasi
Balasan post Ojodupeh
@Ojodupeh HaM kami cokin memang harus di utama kan terlebih dahulu, soal nya kami cokin spesial
profile-picture
profile-picture
gambit410 dan hhendryz memberi reputasi
Makan aja itu ham...
terus ntar giliran kita kena virus komnas hamnya mendadak ilang emoticon-Leh Uga
profile-picture
wiranevi memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di