CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
WHO Harus Tetapkan Status Darurat Global untuk Virus Corona, Setuju?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2e9b6d82d49559ec22894d/who-harus-tetapkan-status-darurat-global-untuk-virus-corona-setuju

WHO Harus Tetapkan Status Darurat Global untuk Virus Corona, Setuju?

WHO Harus Tetapkan Status Darurat Global untuk Virus Corona, Setuju?


Dunia dalam keadaan panik menyusul wabah virus corona yang berasal dari kota Wuhan, China. Melansir dari berbagai media mainstream, virus mematikan ini disebut-sebut berasal dari hewan liar yang djual di Pasar Makanan Laut Huanan (Huanan Seafood Market) yang terletak di pusat kota Wuhan. Berbagai spekulasi muncul, digadang-gadang hewan kelelawar atau ular menjadi penyebab awal dari beredarnya wabah virus corona. Namun hal tersebut belum dipastikan juga kebenarannya. Seperti diketahui, Huanan Seafood Market memang menjual berbagai jenis makanan yang unik. Contohnya seperti anak serigala, rubah hidup, buaya, salamander raksasa, ular, tikus, burung merak, landak, daging unta, hingga musang. Mungkin ada salah satu diantara hewan tersebut yang menjadi biang permasalahan dari adanya virus corona nan mematikan tersebut.

Sebenarnya virus corona ini sudah menjadi perhatian pemerintah China sejak bulan Desember tahun 2019 lalu. Namun, karena penyebaran virus ini sangatlah cepat dan masif, membuat pemerintah China baru mengambil langkah ekstrem pada Kamis, 23 Januari 2020, dengan memberlakukan penyegelan terhadap Wuhan dan beberapa kota lain di China. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona baru ke bagian lain di negara China.

Mungkin lo akan berpikir kalau virus corona ini hanya akan mewabah di negara China aja, secara pemerintah China sudah melakukan karantina terhadap kota-kota yang disinyalir masyarakatnya terjangkit virus corona. Tapi jangan terlena dahulu, karena diketahui terdapat sebanyak 5 juta penduduk telah meninggalkan kota Wuhan sebelum diisolasi. Tentunya ini perlu kita waspadai.

Apalagi, sekarang ini kasus terkait virus corona semakin bertambah. Hingga Senin, 27 Januari 2020, pukul 08.18 WIB, total ada sebanyak 2510 kasus terkait virus corona. Sebanyak 80 orang juga tewas karena virus yang menyerang saluran pernapasan ini.

WHO Harus Tetapkan Status Darurat Global untuk Virus Corona, Setuju?


Hal yang semakin membuat kita harus selalu waspada adalah karena penyebaran virus ini sudah menjalar ke berbagai negara-negara lainnya. Data paling terbaru menyebut sudah ada 14 negara diluar China yang mendeteksi adanya virus corona di negaranya. Negara tersebut diantaranya adalah Thailand, Hong Kong, Amerika Serikat, Macau, Taiwan, Australia, Singapura, Malaysia, Perancis, Jepang, Vietnam, Korea Selatan, Kanada, dan Nepal.

Hingga kini, Indonesia memang diketahui tidak terkena sebaran virus corona. Namun 4 ilmuwan dari Amerika dan Australia telah membuat proyeksi sebaran virus corona, dan Indonesia digadang-gadang berpotensi terkena wabah mematikan tersebut.


WHO Harus Terbitkan PHEIC Terkait Virus Corona!
Keadaan yang semakin membuat panik ini tentunya tidak boleh terus-terusan berlangsung. Diperlukan adanya upaya preventif yang lebih jauh lagi melalui kebijakan internasional. Salah satunya adalah dengan diberlakukannya status darurat kesehatan global (PHEIC) oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Beberapa hari yang lalu memang sempat ada narasi yang menyebut WHO akan menerbitkan PHEIC, namun kemudian batal dikarenakan minimnya pengetahuan terkait penyebaran virus mematikan tersebut. Situasi yang rumit dan perkembangan kasus yang terus berubah membuat Komisi Kedaruratan IHR (International Health Regulation)—yang bernaung dibawah WHO—tak kunjung membuat keputusan tersebut.

Memang, WHO sendiri tergolong sangat jarang mendeklarasikan PHEIC dalam kasus wabah penyakit. Sejak dibentuk pada tahun 2005 lalu, WHO baru menerbitkan lima status darurat. Wabah-wabah tersebut diantaranya adalah H1N1 (2009), Polio (2014), Ebola di Afrika Barat (2014-2016), Virus Zika (2016), dan wabah Ebola di Republik Demokratik Kongo (RDK) hingga saat ini. Pada kasus Ebola di Kongo, WHO bahkan harus menunggu selama satu tahun sebelum memberlakukan status PHEIC.


Emang Apa Pentingnya Status PHEIC dari WHO?
Deklarasi PHEIC tentunya akan sangat membantu upaya perlindungan kesehatan publik internasional di negara yang terkena wabah. Jika WHO telah menerbitkan status PHEIC, keran uang dan pembiayaan internasional akan disalurkan kepada negara-negara yang terjangkit wabah tersebut.

Status darurat tersebut juga berisi rekomendasi terkait perdagangan atau pariwisata, termasuk pemeriksaan di bandara. Hal tersebut dilakukan oleh WHO dalam upaya mengurangi potensi pada aktivitas perdagangan.

WHO Harus Tetapkan Status Darurat Global untuk Virus Corona, Setuju?


Sebenarnya WHO tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menerbitkan status PHEIC seperti kasus Ebola di Kongo yang menunggu hingga satu tahun. Dengan dideklarasikannya PHEIC, gw yakin hal-hal baik akan terjadi. Upaya pencegahan pasti akan dilakukan secara masif oleh setiap negara, secara WHO yang merekomendasikannya. Upaya penyembuhan juga akan dilakukan secara intensif, ilmuwan akan melakukan riset lebih dalam lagi untuk mencari vaksin terkait virus corona ini. Kalau sudah seperti itu, tentunya virus corona berpotensi dapat ditekan penyebarannya.

WHO tidak perlu harus menunggu banyak negara berpotensial terjangkit virus corona terlebih dahulu baru menerbitkan PHEIC. Jika seperti itu tentunya upaya pencegahan sejak dini sudah tidaklah berlaku. Apalagi setiap harinya kasus orang yang terjangkit semakin banyak, dan negara yang mendeteksi adanya virus corona juga semakin bertambah.

Terdapat sebuah simulasi tentang virus corona yang dilakukan oleh Eric Toner, ilmuwan dari Johns Hopkins Center for Health Security, yang menunjukkan bahwa dalam 6 pekan, hampir semua negara di dunia akan punya kasus penularan. Bahkan dalam 18 bulan, 65 juta orang bisa meninggal karenanya.

Melihat berbagai studi ilmiah, perkembangan termutakhir, jumlah korban tewas, hingga penyebaran virus corona yang sangat cepat ke seluruh dunia, harusnya bisa membuat WHO secepatnya mengambil tindakan dengan mendeklarasikan PHEIC. Jujur saja, publik internasional sudah sangat khawatir loh..




Apakah lo setuju jika WHO menerbitkan PHEIC secepatnya?

Tuliskan komentar lo jika punya opini yang berbeda dari gw.
emoticon-Angkat Beer




#AgreeToDisagree




Quote:
Polling
152 Suara
Setuju Jika WHO Terbitkan PHEIC Secepatnya Terkait Virus Corona? 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zexalbeast dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh VolkswagenPutih
Halaman 1 dari 11
setuju. emang itu bener2 darurat dah emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Croet dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh diskie
Se7 gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 2 lainnya memberi reputasi
Penyakit makin aneh" aja ya gan
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan skc56 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
kata WHO : meh...
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan yusuprakaa memberi reputasi
terlalu di blow up, bentar lagi juga reda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asdfghjklas dan 11 lainnya memberi reputasi
setuju ini wabah Internasional gan
profile-picture
VolkswagenPutih memberi reputasi
akal akalan umbrella tuh emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 2 lainnya memberi reputasi
setuju gan apalagi ini lebih buruk daripada wabah sebelumnya tahun 2000an itu emoticon-cystg
profile-picture
VolkswagenPutih memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Setuju, dan kantor2 menerapkan work from home, terutama kantor2 yang banyak expat chinq
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan TOBIRAMA memberi reputasi
akal²an trump ini
profile-picture
rea.sky memberi reputasi
gua suka sebel nih, sama prilaku orang ga dimana tempat. Yang seneng makan hewan bukan konsumsi, entah karena mereka kaya atau memang sejarah mereka yang pernah krisis, pokoknya jijik emoticon-Stick Out Tongueemoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 2 lainnya memberi reputasi
WHO Harus Tetapkan Status Darurat Global untuk Virus Corona, Setuju?
Hmmm.. ada kemungkinan jg, dari waktunya pas banget sama imlek buat bikin chaos 1 negara, apalagi tiba2 sudah sampai uighur mau dibuat gesekan lagi sama pemerintah
WHO Harus Tetapkan Status Darurat Global untuk Virus Corona, Setuju?
Untungnya corona ini tidak seganas dan agresif dibanding mers
WHO Harus Tetapkan Status Darurat Global untuk Virus Corona, Setuju?WHO Harus Tetapkan Status Darurat Global untuk Virus Corona, Setuju?WHO Harus Tetapkan Status Darurat Global untuk Virus Corona, Setuju?

Update!!!
*Aneh Tapi Nyata: 3 Bulan Sebelum Virus Corona Menjadi Kasus di Wuhan RRC, Ternyata Ada Pembicaraan Ilmiah di Amerika tentang Kemungkinan Cara Menangani Virus Tersebut* Seminar kedokteran yang diadakan pada bulan Oktober 2019 di Rumah Sakit John Hopkins itu secara khusus memang seperti sebuah prediksi tentang kemungkinan meledaknya penyakit yang membahayakan banyak orang. Baca selengkapnya di https://www.dailymail.co.uk/health/a...onths-ago.html
*Target penyebaran coronavirus adalah seluruh negara Asean sampai ke China, Korea, Jepang.* Kenapa? Karena kita semua secara DNA adalah keluarga, Haplogroup O, keturunan yang sedarah dengan nenek moyang dari Cina. Karna orang barat takut dengan kita, Bangsa Asia Timur.. Karena jumlah kita terbanyak di dunia, kita terkuat, dan bisa melampaui hegemoni AS dan barat..

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Haplogroup_O-M175

Coronavirus sendiri adalah produk biological weapon yang dipatenkan dan dikembangkan oleh perusahaan Amerika

https://patents.google.com/patent/US7220852

Perang ini kemungkinan adalah kelanjutan perang dagang antara China dan Amerika. Dampak dari virus ini thdp China: membuat perdagangan China memburuk karena ketakutan publik thdp virus tsb, Murid2 tidak mengambil inisiatif beasiswa + digaji besar2an yg China berikan: https://mp.weixin.qq.com/s/yDZVO81p4ke27QjRVnCOeQ

Juga sektor pariwisata China yang saat ini terbesar #4 dunia akan terkena dampaknya.

Dibawah ini peta persebaran Coronavirus saat ini, di-update setiap hari..
https://gisanddata.maps.arcgis.com/a...23467b48e9ecf6


Bata only!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh CYBERTRUCK
stop imigran dari china. karantina dan pulangkan mereka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
77665.123456 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
setuju bro, ngeliat kondisi di wuhan jadi kota mati emoticon-Takut emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bogreeek
jika ini menjadi darurat maka imbasnya kemungkinan perlambatan ekonomi dunia. dimana arus barang dan manusia antar negara bakal terhambat
profile-picture
VolkswagenPutih memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pemusnahan populasi kah ? emoticon-Shutup
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan rea.sky memberi reputasi
bisa jadi, di Indonesia jangan2 sudah ada tp tidak terdeteksi/ tersaring
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 2 lainnya memberi reputasi
setuju biar ga ada penyesalan nntinyaemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
VolkswagenPutih memberi reputasi
Quote:


Lo blg ini ULAH ?? Bos2.. Skolah yg bener makanya... Biar tuh jari ga licin bener
profile-picture
victimaye memberi reputasi
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di