CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Dokter Amerika Pakai Robot Rawat Pasien Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2e880397751327e90522b1/dokter-amerika-pakai-robot-rawat-pasien-virus-corona

Dokter Amerika Pakai Robot Rawat Pasien Virus Corona

TEMPO.CO, Jakarta - Dokter di Amerika menggunakan robot medis untuk merawat orang pertama yang terkonfirmasi terinfeksi virus corona misterius dari Cina. Si pasien kini dirawat di salah satu rumah sakit di Everett, Washington, Amerika Serikat, dengan kesadaran bahwa virus telah menyebabkan 17 orang meninggal dan menginfeksi lebih dari 500 orang lainnya.

George Diaz, kepala bagian penyakit menular di Pusat Medis Regional Everett, mengatakan bahwa pasien itu berada dalam kondisi yang baik. “Dia berada di ruangan pasien berukuran 20x20 kaki (6x6 meter). Kami mengoperasikan robot, yang dilengkapi kamera, mikrofon dan stetoskop,” katanya seperti dikutip Guardian, Rabu 22 Januari 2020.

Si pasien diketahui pria berusia 30-an tahun dan merupakan warga negara Amerika. Dia baru kembali dari perjalanan ke Cina dan didiagnosis terinfeksi 2019-nCoV di Seattle.

Diaz menuturkan, pasien itu dijemput di rumahnya dan dibawa ke rumah sakit dengan ambulans. Dia langsung dibawa ke unit isolasi di Isopod, yang merupakan brankar tertutup. “Penggunaan robot merupakan salah satu dari banyak cara rumah sakit bekerja untuk mengurangi risiko penyebaran virus,” ujar dia.

Menurut Diaz, ini adalah pertama kalinya Pusat Medis Regional di Everett memasukkan seorang pasien ke unit patogen khusus. Rumah sakit itu telah mempersiapkan kemungkinan isolasi itu sejak 2015, ketika mereka merespons wabah Ebola di Afrika Barat.

Rumah sakit tersebut saat ini memiliki dua unit kamar isolasi itu dan menyatakan menyiapkan setidaknya 10 kamar tambahan, jika ada kebutuhan. “Sekarang ketika seseorang, misalnya, ke UGD, hal pertama yang ditanyakan adalah apakah bepergian ke Cina dalam 14 hari terakhir atau dekat dengan seseorang yang pernah bepergian ke Cina," kata Diaz.

Rumah sakit juga hanya menyediakan satu titik pintu masuk untuk unit patogen khusus, yang dijaga oleh petugas keamanan. Pengunjung juga diwajibkan memakai helm jenis khusus yang disebut CAPR, sekaligus perlindungan tubuh penuh, gara-gara ancaman virus corona dari Wuhan.

https://tekno.tempo.co/amp/1299058/d...s-corona-wuhan

kok bisa ya? Emangnya kapan amerika menciptakan robot? Kok diam diam sudah ada robot, bisa jalan gitu robotnya? emoticon-Bingung
profile-picture
LordFaries memberi reputasi
TS nga pernah tau program DARPA amerika
search aja di youtube DARPA robot
teknologi robot amerika sudah semakin maju
Lah di negara kita kebalikan
karena pengaruh dari semboyan
BANYAK ANAK BANYAK REJEKI emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
gapernah nonton BattleBots ya emoticon-Malu
disono bikin robot udah jadi makanan sehari2,,
Wah sudah sampe mamarika ya gan ternyata ngeri juga ya
emoticon-Turut Berduka


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di