CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ditolak Masyarakat, 150 Turis China Batal ke Tanah Datar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2e7afeaf7e931e69254cc3/ditolak-masyarakat-150-turis-china-batal-ke-tanah-datar

Ditolak Masyarakat, 150 Turis China Batal ke Tanah Datar

Senin, 27 Januari 2020 11:37 WIB
Ditolak Masyarakat, 150 Turis China Batal ke Tanah Datar

Ditolak Masyarakat, 150 Turis China Batal ke Tanah Datar
Rombongan wisatawan asal China tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Ahad (26/1/2020). (republika.co.id)




BATUSANGKAR - Rombongan wisatawan asal Kunming, China, batal berkunjung ke Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), hari ini, Senin (27/1/2020).

Dikutip dari republika.co.id, Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Tanah Datar Yusrizal mengatakan, menurut informasi dari pihak Dinas Pariwisata, 150 orang turis asal China itu batal ke Tanah Datar karena kuatnya penolakan dari masyarakat.

Dikatakan Yusrizal, warga khawatir, virus corona yang sangat mematikan terbawa oleh turis China tersebut.

''Saya dapat informasi dari Dinas Pariwisata karena banyaknya penolakan di masyarakat Tanah Datar, jadi kedatangan wisatawan China dibatalkan,'' kata Yusrizal kepada Republika.co.id, Senin.

Sebanyak 150 orang wisatawan asal Kunming, China mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada Ahad (26/1). Rencananya mereka akan melakukan perjalanan wisata ke Kota Pariaman, Kota Bukittinggi, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang.

Informasi yang diterima, sebelum dibatalkan, rencananya rombongan wisatawan asal China ini bertolak dari Kota Bukittinggi menuju Tanah Datar pada siang ini.

Di Tanah Datar, wisatawan punya agenda berkunjung ke Istana Pagaruyung, ke Rumah Dinas Bupati Tanah Datar di Gedung Indo Jolito dengan jamuan makan siang oleh bupati, menyaksikan olahraga tradisional Pacu Jawi, dan selanjutnya ke Danau Singkarak.

''Seluruhnya dibatalkan,'' ucap Yusrizal

Larang ke Luar Negeri

Sementara itu, pemerintah China telah melarang perjalanan rombongan wisatawan ke luar negeri. Larangan ini diberlakukan mulai Senin (27/1/2020).

Kebijakan ini diberlakukan pemerintah China untuk mencegah penyebaran virus corona ke berbagai negara.

Dikutip dari kompas.com yang melansir NHK World-Japan, travel agent asal China menunda penjualan paket penginapan dan tiket pesawat selama beberapa waktu karena kebijakan pemerintah China tersebut.

Penangguhan penjualan paket wisata tersebut hingga saat ini masih belum diketahui akan berjalan berapa lama.

Pelarangan ini diumumkan pada Sabtu (25/1/2020). Seperti dikutip dari New York Times, pemerintah China menunda keberangkatan semua tur grup serta penjualan paket tiket dan hotel ke luar negeri.

Asosiasi agen perjalanan wisata China menuturkan bahwa grup tur yang tengah dalam perjalanan wisata di luar negeri, tetap bisa melanjutkan perjalanan tersebut.

Namun, travel agent harus terus memonitor kesehatan wisatawan yang mereka bawa.

Langkah ini diambil sebagai upaya pemerintah untuk menahan penyebaran virus corona ke negara-negara lain.

Beberapa negara, termasuk Indonesia, sudah melakukan produser dengan pemasangan alat untuk memantau pelancong dari China yang dikhawatirkan pernah mengalami kontak dengan virus corona.

Pelarangan warga China untuk berkunjung ke luar negeri dipastikan akan memengaruhi industri pariwisata global, termasuk Indonesia.

Dalam lima tahun belakangan ini, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal China mengalami peningkatan.

Berdasarkan data dari BPS, jumlah wisatawan China ke Indonesia mencapai 2,06 juta pada tahun 2017. Jumlah wisman China meningkat menjadi 2,14 juta pada tahun 2018.

Sementara itu, periode Januari hingga November 2019, wisman asal China berada di angka 1,92 juta. Angka ini menempati China sebagai wisman terbanyak di peringkat kedua. Posisi pertama adalah wisman asal Malaysia. ***

Editor: hasan b

Sumber: republika.co.id


LINK


profile-picture
profile-picture
profile-picture
usthalay dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
tanah datar english nya flat earth
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Suruh pulang aja napa sih. Mengerikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
1penk dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Berarti masyarakat Tanah Datar masih waras
emoticon-Traveller
Mendingan balik aja deh ke negaranya, biar ditanganin dulu sama pemerintah cina. Nanti kalo udah beres, baru ke luar negeri lagi.

Tapi kalo mau,
Kirim aja ke Glodok, mungkin masyarakat glodok mau menampung, seperti koar2nya di kaskus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
1penk dan 36 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Sentimen daerah sono kuat bener nyak..emoticon-Big Grin
profile-picture
1penk memberi reputasi
Waduh gak tahu terimakasih banget nanti duit bayar upeti ke padang pasirnya buat ke sorga siapa yang bayarin?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
1penk dan 17 lainnya memberi reputasi
mereka udah sempat disini... dengan masa inkubasi yg lebih dari 2 minggu, bisa jadi udah tersebaremoticon-Shutup
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Sudah dibatalkan ternyata
Quote:


moga emoticon-Takut
kasian juga ya cina
kena semua

gmn kl yang datang wisatawan uigyur?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rastareno18 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 3 balasan
Balasan post gundullla
Quote:


Ah kamu bar bar !!!
Bener usir aja..bawa penyakit.
Bahaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akirayamagashi dan 4 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Quote:


Mungkin bakal diterima dengan datar dada emoticon-Ngakak
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Quote:


keburu mati tewas dijalan kalo kena colornana jadi percuma kagak bakalan bisa naik onta..keren tanah datar ternyata otaknya kagak datar wkwkwkemoticon-Big Grin
profile-picture
akirayamagashi memberi reputasi
ya intinya kalau si turis dapet ganti rugi sepantasnya dari penyelenggara acara tur masih bisa diterima sih....soal turisnya ga mau datang lagi ke sana lain kali atau pas balik ke negaranya ga rekomendasi itu tempat...itu urusan lain lagi emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan kaiharis memberi reputasi
Lihat 7 balasan
wah makasih infonya gan jadi tau nih gerakan apa saja yang dibikin oleh kota kota Indonesia
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di