CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Baterai HP Android Boros? Ini Caranya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2e705a8d9b176b073bb774/baterai-hp-android-boros-ini-caranya

Baterai HP Android Boros? Ini Caranya

Hallowww hallowww...
Jumpa lagiiii
emoticon-Cipok
Apa yang kamu pikirkan jika baterai HP kamu memiliki baterai yang cepat habis? Ganti baterai? Atau bahkan ganti HP? Hahaha.

Baterai HP Android Boros? Ini Caranya
Sumber Foto : Trusted Reviews

emoticon-Mewek

Biasanya, jika kamu memiliki HP yang daya baterainya cepat habis rasanya ingin sekali beli HP baru. Yakan? Hehehe. Bisa saja, daya baterai HP kamu mengurang satu persen setiap satu menitnya. Entah hp digunakan ataupun tidak digunakan. Terkadang, walaupun HP kamu itu tidak dipakai dan hanya saja memang tetap ada notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang ada di HPmu itu yang masuk, daya baterai bisa berkurang secara cepat. Notifikasi itu bisa dari aplikasi chat, game, dan lainnya ataupun email.
emoticon-Bingung

Hal ini perlu kamu ketahui, bahwa sebenarnya memang ada beberapa aplikasi yang secara diam-diam bisa membuat daya baterai HP kamu terasa cepat berkurang tanpa kita gunakan dan ketahui. Selain aplikasi-aplikasi itu, berkurangnya daya baterai HP secara cepat juga bisa diakibatkan oleh adanya WiFi Hotspot sampai dengan adanya Bluetooth yang masih aktif untuk dioperasikan dan lupa untuk dimatikan. Dilansir dari CNNIndonesia.com.

Nah, buat kamu yang memang memiliki masalah terhadap HP kamu yang daya baterainya berkurang secara cepat, tenang lah… pihak CNNIndonesia.com sudah mengumpulkan dan merangkum sejumlah tips yang bisa digunakan untuk memperbaiki masalah daya baterai HP kamu yang cepat berkurangnya atau cepat habis.
Penasaran? Haha langsung scroll down!
 emoticon-Belocystg
Batasi aplikasi penguras baterai di latar belakang
Pasti ada yang belum tahu dengan detail bagaimana dalamnya HP Android. Sebenarnya HP Android kamu itu memiliki keahlian atau kecanggihan untuk dapat mengetahui aplikasi apa yang memang membuat daya baterai HP kamu cepat habis.
Caranya untuk melihat adalah dengan masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih baterai, lalu batasi. Dengan cara ini, HP Android kamu akan memberi saran dengan aplikasi-aplikasi yang  memang menjadi faktor daya baterai kamu cepat habis.

Aplikasi Penguras Baterai
Untuk mengecek aplikasi-aplikasi yang memang menghabiskan banyak presentase daya baterai HP Android juga bisa dilakukan. Selain dengan latar belakang, caranya adalah kamu bisa buka di menu pengaturan, kemudian pilih baterai. Nah di situ kamu bisa lihat aplikasi-aplikasi yang ada dalam HPmu da nada juga perhitungan presentase penggunaan daya baterai yang digunakan oleh aplikasi tersebut.
Lalu, jika sudah melihat presentase penggunaan daya baterai, apa yang harus dilakukan supaya daya baterai HP tidak boros? Untuk ini, sudah ada saran supaya kamu membuat aktif pembatas akses latar belakang untuk beberapa aplikasi yang memang ingin dipilih. Saran yang juga baik untuk daya baterai HP Android kamu adalah dengan membuat aktif mode pengoptimalan baterai di semua aplikasi yang ada di HP kamu.

Turunkan tingkat kecerahan layar
Pasti kamu tidak tahu atau bahkan tidak sadar, bahwa layar dengan tingkat kecerahan yang tinggi bisa juga menjadi salah satu faktor cepat habisnya daya baterai HP Android kamu. Cara yang satu ini adalah memang cara yang paling mudah untuk dilakukan. Jika tingkat kecerahan layar semakin tinggi, maka semakin cepat habis juga daya baterai.
Maka, sudah pasti tahu dong apa yang harus dilakukan? Hehehe. Sudah menjadi sebuah saran juga supaya kamu atau pengguna HP Android yang lainnya untuk bisa mengurangi tingkat kecerahan layar supaya daya baterai HP bisa bertahan lebih lama lagi. Nah, ada juga menu HP untuk mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis. Sebaiknya menu otomatis itu tidak diaktifkan. Gunakan tingkat kecerahan yang tinggi bila diperlukan saja.

Tutup seluruh aplikasi yang tidak digunakan
Mungkin memang pada biasanya sudah menjadi kebiasaan setiap orang untuk menutup sebuah aplikasi dalam HPnya. Sepengertiannya supaya tidak menyedot daya baterai HP Androidnya. Padahal, asal kamu tahu, aplikasi yang ditutupun pasti tetap menguras daya baterai karena sistem operasional dalam HP tetap berjalan.

Matikan GPS, NFC, WiFi, dan Bluetooth
Selain hal-hal yang sudah dituliskan di atas, aktifnya GPS, NFC, WiFi, dan Bluetooth juga telah menjadi faktor penambah terhadap borosnya daya baterai HP kamu.

Matikan lampu notifikasi dan mute notifikasi
Setiap HP Android pasti sudah memiliki lampu indikator yang menyala ketika ada notifikasi masuk atau ketika daya baterai sedang ditambah. Padahal hal ini juga menjadi faktor berkurangnya daya baterai dengan cepat. Maka bila ingin daya baterai HP lebih irit, lebih baik matikan lampu indikator jika dirasa memang tidak begitu diperlukan. Notifikasi dalam HP Android kamu juga sebaiknya dimatikan saja, karena akan lebih hemat.
Walaupun memang jika notifikasi dalam HP dimatikan pasti tidak akan tahu kapan pesan-pesan penting itu masuk dan bisa jadi melewatkan sesuatu yang penting. Namun, mematikan notifikasi bombardier aplikasi WhatsApp juga bisa mengurangi konsumsi daya baterai.


Gengs... cara-cara di atas tadi bisa dilakukan atau tidak
Jika memang hal-hal yang disarankan dirasa masih diperlukan, gpp gengs...
Intinya semua terserah kalian dan bagaimana kepentingannya aja.
Semoga berguna ya gengs.. hihihi...
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
profile-picture
davecchio memberi reputasi
semua sudah dilakukan tapi sia2
Biasanya setelah 1 thn, android jadi boros batere.. WA punya uda ane set non aktif kalau lagi screen lock, ga nolong juga
Ganti hp lah gitu aja repot


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di