CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Apa yang Dikhawatirkan Tentang Virus Corona?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2e685c68cc9559137320f5/apa-yang-dikhawatirkan-tentang-virus-corona

Apa yang Dikhawatirkan Tentang Virus Corona?


Apa yang Dikhawatirkan Tentang Virus Corona?
Ada begitu banyak yang tidak kita ketahui tentang virus Corona sehingga meningkatkan tingkat kekhawatiran dari pejabat kesehatan terkait.

Hingga 22 Januari, telah terjadi 17 kematian tragis (sekitar 3%) dari total 582 kasus. Ini lebih rendah daripada proporsi yang meninggal karena pneumonia yang berkaitan dengan influenza, menurut salah satu penelitian sekitar 10%. Ini hanya perbandingan kasar, tapi setidaknya dapat menjadi pertimbangan untuk saat ini.

Kita pertama kali mendengar tentang kasus pneumonia yang disebabkan oleh virus baru pada Desember dari pihak berwenang di Wuhan, sebuah kota berpenduduk 11 juta orang. Ini semua terjadi selama puncak musim influenza di Cina sehingga ada beberapa penyakit yang mungkin muncul mirip dengan corona virus. Musim influenza ini juga bertepatan dengan tradisi mudik di wilayah untuk merayakan Tahun Baru Imlek, yang berpotensi membawa virus ke tempat-tempat baru, seperti yang telah kita amati.

Empat virus corona manusia lainnya (HCoV-229E, HCoV-OC43, HCoV-NL63 dan HCoV-HKU1) menyebabkan pilek, penyakit mirip flu dan penyakit pernapasan yang lebih parah seperti pneumonia. Virus pneumonia adalah kombinasi infeksi virus pada paru-paru dengan respons imun tubuh kita terhadap kerusakan tersebut. Bayi baru lahir, orang tua, orang dengan gangguan kekebalan, dan mereka yang menderita penyakit yang mendasarinya, memiliki risiko yang lebih tinggi.

Karena kita berada pada tahap awal penemuan dan karakterisasi virus Wuhan yang baru, sangat sulit membandingkannya dengan virus lain atau bahkan menarik kesimpulan pasti tentang bagaimana cara penularannya dan dampaknya terhadap manusia.

Tidak tahu dari mana asal virus baru ini, tapi banyak dugaan virus ini berasal dari hewan, tapi pengujian sejauh ini belum mengkonfirmasikan hewan apa yang menjadi inangnya. Analisis genom menunjukkan hanya baru-baru ini virus tersebut ada di manusia. Jadi hewan mana yang menularkannya ke manusia? Dan bagaimana ia menularkannya?

Setelah kita mengetahui dari mana asal virus ini, kita dapat melacak dan menghapus sumber virus tersebut. Beberapa bukti menunjukkan virus ini dapat menyebar antar-manusia. Kami belum tahu caranya bagaimana, tapi kami memiliki beberapa dugaan.

Virus ini tampaknya merupakan virus sistem pernapasan, mengingat penyakit yang disebabkannya melibatkan paru-paru, sehingga besar kemungkinan virus menyebar melalui cara yang sama seperti pilek dan flu: bersin dan batuk mendorong tetesan cairan menyebar ke udara atau ke tangan yang kemudian tersentuh permukaan lain, atau dengan menyentuh mata, hidung, atau mulut kita setelah kontak dengan orang yang terkontaminasi.

Untuk saat ini, otoritas kesehatan memastikan kita siap dan mengawasi situasi sambil menunggu detail lebih lanjut. Jika virus ini tiba di negara kita, kita dapat melindungi diri dengan cara yang sama seperti terhadap penyakit pernapasan lainnya, yakni dengan lebih seksama saat mencuci tangan dan saat batuk dan bersin. Ini berarti kita mesti mengarahkan batuk atau bersin ke siku yang tertekuk atau menggunakan tisu, dan dengan mencuci tangan dengan sabun sampai bersih.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk pencegahan virus corona :

1. Sering bilas tangan Anda dengan sabun dan air
2. Hindari menyentuh mata, mulut, atau hidung Anda dengan tangan yang tidak bersih.
3. Hindari kontak dekat dengan orang-orang yang tidak sehat.
4. Pakailah masker saat beraktivitas di luar ruangan dan di tempat-tempat umum.
5. Jika Anda merasakan gejala seperti flu, segera periksa diri Anda.
6. Cukup beristirahat.
7. Perbanyak minum air putih.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di