CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Aki Mobil Mudah Soak? Ini Nih Penyebabnya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2e5b4c349d0f6fb62bc402/aki-mobil-mudah-soak-ini-nih-penyebabnya

Aki Mobil Mudah Soak? Ini Nih Penyebabnya!


Aki Mobil Mudah Soak? Ini Nih Penyebabnya!! - Pastinya Bro/Sis akan merasakan kurang nyaman apabila ketika di perjalanan, mobil Bro/Sis tiba-tiba mogok dan itu karena aki mobil soak. 


Sebenarnya hal-hal sepele seperti ini dapat dihindari, apabila Bro/Sis dapat lebih teliti dalam pemeliharaan dan pengecekan berkala mobil tersebut secara keseluruhan. 

Aki mobil biasanya bertahan antara 2 hingga 3 tahun. Nah apabila melebih waktu tersebut, Bro/Sis perlu waspada, apabila sewaktu-waktu aki drop tiba-tiba, apalagi saat berada di tengah perjalanan.

Akan tetapi, yang tidak bisa diketahui adalah aki baru dan masih berusia muda. Akan tetapi ternyata bisa tekor dan soak juga. Ya walaupun hal tersebut jarang terjadi, akan tetapi perlu diketahui apa saja hal-hal sepele penyebab aki mobil mudah soak dan tenaga aki drop tiba-tiba saat berada di tengah perjalanan, terutama lagi untuk aki basah, perlu perawatan extra supaya usia pakai aki mobil bisa bertahan lama.

Baca Juga : Bersihkan Korosi Aki Hanya Dengan 2 Langkah!

Berikut Penyebab Aki Mobil Mudah Soak, yakni : 

1. Intensitas pemakaian mobil terlalu tinggi

Pemakaian mobil secara intens, membuat air aki (aki basah) akan cepat habis, sehingga performa dan kekuatan battery bisa saja drop tiba-tiba. Untuk itu perlu pemeriksaan berkala untuk mengecek air aki agar tetap terjaga, air aki tidak boleh terlalu rendah ataupun tinggi, sudah ada tanda batas pada aki tersebut.

Baca Juga : Bikin Nangis! Harga Mobil Bekas Banjir Anjlok Parah!

2. Sering mengemudi dengan jarak pendek
Terlalu sering mengemudi jarak pendek, seperti mengemudi mobil kurang dari 20 menit, ini membuat alternator tidak cukup waktu untuk mengisi ulang battery aki secara penuh, sehingga ini bisa mengurangi usia aki dan juga tenaga battery cepat drop dan soak.

3. Mobil jarang dipakai
Ini juga salah satu faktor penyebab aki mobil cepat rusak, mobil yang jarang dipakai dan hanya dipanaskan saja, tidak akan cukup mensuplai listrik untuk mengisi ulang aki tersebut, dan ini menyebabkan battery cepat tekor dan drop.

Baca Juga : Bagaimana Cara Supaya Aki Lebih Awet

4. Kapasitas aki terlalu kecil
Ampere aki yang kecil akan membuat aki cepat rusak karena tidak sesuai dengan suplai listrik yang diperlukan oleh mobil tersebut, untuk itulah pilihlah ampere aki yang standar, bahkan mekanik mobil merekomendasikan ampere yang lebih besar agar aki tersebut awet dan tidak cepat rusak atau tekor.

5. Menambah aksesoris mobil
Penambahan berbagai aksesoris atau gadget tambahan di dalam mobil yang non standar bisa membuat aki cepat rusak sebelum waktunya salah satunya seperti audio sistem dan juga charger, jika ingin menambah berbagai aksesoris tambahan maka ampere aki juga butuh yang lebih besar.

6. Periksa usia aki
Jika Bro/Sis membeli aki baru, penting memperhatikan kapan aki tersebut dibuat, karena aki yang tersimpan terlalu lama, walaupun aki tersebut masih baru, akan menurunkan performa aki tersebut, jadi teliti sebelum membeli.

Baca Juga : Sudah Tau Jenis-Jenis Aki?

7. Lupa mematikan lampu kabin
Supaya lebih aman matikan lampu kabin, saat parkir kendaraan, karena tidak jarang Bro/Sis atau penumpang tidak menutup pintu mobil dengan benar, sehingga secara otomatis lampu dalam kabin mobil tetap menyala, hal ini juga akan menguras kelistrikan dan akan membuat aki soak.

8. Audio nyala saat mobil mati
Menyalakan audio atau tape mobil saat kendaraan mati, ini juga salah satu penyebab aki mobil cepat rusak, karena air aki akan terkuras digunakan untuk suplai listrik saat mobil keadaan mati, dan untuk itu perlu waktu yang cukup juga untuk charge kembali aki tersebut saat mobil hidup.

9. Korosi pada aki
Dengan adanya korosi pada aki mobil, membuat performa menurun untuk mensuplai dan pengisisan menjadi terhambat, ini penyebab aki cepat rusak dan soak, Untuk itu cek aki secara berkala bersihkan klem atau terminal kabel, biasanya berkarat seperti jamur tepung, bersihkan dengan cairan khusus yang memang dirancang untuk membersihkan terminal tersebut.

Baca Juga: Mau Touring? Cek Bagian Ini!

10. Suhu Ekstrim
Pada saat suhu ekstrim, seperti terlalu dingin dan terlalu panas akan mempengaruhi reaksi kimia pada aki mobil, energi kimia yang berubah menjadi listrik tersebut bisa terhambat, walaupun jarang terjadi di daerah tropis, seperti suhu yang terlalu panas membuat aki cepat kering dan rusak, sedangkan suhu di bawah titik beku membuat aki mobil mati.

11. Kebocoran arus listrik
Penyebab aki tidak awet dan cepat rusak dikarenakan karena kebocoran arus listrik ini bisa saja disebabkan karena konsleting, jika ini dibiarkan terus menerus dan dalam jangka waktu lama tentu akan membuat aki cepat soak dan akhirnya rusak, solusinya Bro/Sis bisa pergi ke mekanik dan bisa diketahui dengan alat Avometer.

12. Sistem pengisian aki mobil tidak normal
Jika sistem pengisian aki tidak normal tentunya akan menyebabkan kerusakan aki lebih cepat, yang mana saat pengisian suplai kelistrikan atau saat dikeluarkan berlebih, ini membuat aki menjadi cepat tekor dan soak, perlu pengecekan secara menyeluruh seperti kiprok ataupun spull mobil.

Masalah-masalah sepele di atas bisa Bro/Sis antisipasi dan bahkan lakukan sendiri ke rumah, sehingga biaya pemeliharaan mobil bisa menjadi lebih murah dan perjalanan Bro/Sis bersama keluarga bisa lebih menyenangkan tidak membuat kesal kalau tiba-tiba mobil Bro/Sis mogok.

Baca Juga : Perhatikan Hal Ini, Sebelum Ganti Aki Mobil

= = = = =

PT SELATAN MAJU SEJAHTERA
Pergudangan Marunda Center
Jl. Marunda Makmur Blok E2 No.1, Cluster Rotterdam, Tarumajaya, Kab.Bekasi, Jawa Barat Indonesia, 17211.
Call/SMS/WA : (021)88997274 / +6281310164662
E-mail : marketing.selatanmajusejahtera@gmail.com
Web : zeusbatteryonline.com



Telah terbit di : Aki Zeus Bekasi
profile-picture
perutsehat memberi reputasi
emoticon-Sundul
emoticon-Sundul Up
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
zeusbattery memberi reputasi
Lupa matiin lampu sih gan yang sering, sama ada masalah di AC yang bikin konsumsi daya makin tinggi hehehe
profile-picture
zeusbattery memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post sagit30
betullllemoticon-2 Jempol


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di