CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
Tahu Market, Tahu Kompetitor, Tahu Diri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2e20d1f4d69565e6117f20/tahu-market-tahu-kompetitor-tahu-diri

Tahu Market, Tahu Kompetitor, Tahu Diri


*TAHU MARKET, TAHU KOMPETITOR, TAHU DIRI !*
Oleh *GRUP WA*: http://bit.ly/GrupWATipsBisnisPB
 
_Di sebuah acara Car Free Day, ada 3 penjual Nasi Pecel Madiun. Penjual 1 ramai, sampai antri. Penjual 2, sepi, sampai memanggil-manggil konsumen. Penjual 3, tidak terlalu sepi, tidak terlalu ramai._
 
Setelah dilihat ternyata :
 
*Penjual 1* posisi menguntungkan, ada di posisi awal, deretan pedagang, sehingga diketahui konsumen lebih dulu. Nilai plus lainnya, *rasanya memang enak, semua makanannya, tampilan menarik*. Harga “standar” tidak mahal, tidak murah juga.
 
*Penjual 2* posisi di tengah, kalah dengan penjual 1. Tapi tampilan makanannya kurang menarik, plus rasa masih kalah jauh dari penjual 1. “Hebatnya lagi”… *harganya malah jauh lebih mahal*.
 
*Penjual 3* posisi setelah penjual 1 dan 2. Tapi tampilan menarik, rasa standar, *harga paling murah*. Pembeli lebih banyak dari penjual 2.
 
Pelajaran pentingnya, posisi _(place)_ memang penting. Tetapi yang jauh lebih penting adalah soal kualitas. Apalagi kuliner. Karena akan menentukan seseorang repeat order atau tidak.
 
Pelajaran lainnya *pelajarilah market dan kompetitor*. Apalagi makanan. Jangan hanya klaim “kita enak”, karena market-lah penentu.
 
Dan yang paling perlu diperhatikan *tahu diri*, _jangan sampai sudah kualitas kurang, posisi kurang, jual lebih mahal pula… Selesai deh…!_
 
Makanya pebisnis harus *terbuka dan membuka diri*. Siap menerima masukan dan bahkan cari masukan. Jangan sampai kita hidup dimana, konsumen dimana… Nanti jadi nggak relevan bisnisnya, ditinggalkan pelanggan.
 
Semoga bermenfaat.
.
.
.
Masih banyak tips-tips bisnis lainnya… *Mau dapat Tips Bisnis Secara Rutin Langsung ke HP Anda?* Silahkan  *Gabung Grup WA* / JOIN Channel Telegram / Email List Kami :
 
• *GRUP WA*, KLIK : http://bit.ly/GrupWATipsBisnisPB
• *CHANNEL YOUTUBE*, KLIK ️ : http://bit.ly/BelajarBisnisdiYoutube
• *CHANNEL TELEGRAM*, KLIK ️ : https://t.me/tipsbisnissuksesID
• *EMAIL LIST*, KLIK ️ : http://bit.ly/EmailListTBS
 
(boleh pilih salah satu / ketiganya)
 
*Tolong BANTU SHARE ya




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di