CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / ... / B-Log Personal /
Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa Sekolah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2deb4288b3cb7145343c0e/latihan-dasar-kepemimpinan-siswa-sekolah

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa Sekolah

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa

Basic Training Student Leadership

Siswa merupakan bagian dari pemuda penerus cita-cita bangsa, karenanya kita harus mendidiknya dengan baik, memberikannya pendidikan terbaik dalam rangka menyiapkan mereka menuju masa depan yang gemilang sehingga mampu menjadi tonggak kemajuan bangsa.

LDKS mencetak generasi muda yang berkarakter merupakan sebuah bentuk kegiatan yang bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya peserta untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar sebuah organisasi di sekolah, seperti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) atau kePramukaan. LDKS ini bertujuan untuk Menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan keteladanan kepada siswa.

Tahapan


Dalam LDK Fisik ini peserta dituntut untuk memiliki kedisiplinan yang tinggi, terlebih selama mengikuti 1-2 hari LDK. Beberapa peraturan yang pada umumnya diterapkan dalam LDK ialah :

Selama pelaksanaan LDK, peserta harus hadir di tempat LDK tepat waktu,
Kebersamaan ialah hal yang amat diperhatikan selama pelaksanaan LDK. Jika ada 1 peserta saja yang tidak membawa air minum, saputangan, topi, ataupun atribut-atribut lainnya yang telah ditetapkan, maka seluruh pesertalah yang akan menanggung hukumannya,
Setiap peserta wajib mematuhi seluruh peraturan dan perintah yang diberikan oleh tim pemateri LDK. Jika tidak, maka kepadanya akan diberikan hukuman
Kebersamaan juga diterapkan apabila ada salah satu peserta LDK yang melakukan kesalahan
Hukuman dalam LDK Fisik biasanya berupa push-up untuk pria atau squat jump untuk wanita. Jumlahnya tergantung perintah dari pemberi LDK.


Pelatihan Mental

Untuk LDK Mental pada umumnya, materi yang diberikan secara garis besar ialah dalam bentuk Penyuluhan Mental Kepemimpinan. Kegiatan yang biasa dilakukan dalam LDK Mental adalah :

Kegiatan Alam, seperti :

Hiking
Menyeberangi sungai
Mendaki bukit
Menyusuri terassering / pematang sawah

Pemberian materi kepemimpinan yang dibagi dalam beberapa sessi, seperti :

Sesi Kepemimpinan: Penyuluhan mengenai karakter pemimpin yang benar.
Sesi Komunikasi: Penyuluhan mengenai cara-cara berkomunikasi yang benar sebagai layaknya seorang pemimpin.
Sesi Problem Solving / Challange- Proses manajemen konflik : Penyuluhan mengenai cara-cara seorang pemimpin memecahkan masalah secara efektif dan benar.
Sesi Dinamika Kelompok: Berupa permainan.




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di