CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mitos Fakta Virus Corona, Penyebab Pneumonia yang Hebohkan Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2dc98010d29569c673a410/mitos-fakta-virus-corona-penyebab-pneumonia-yang-hebohkan-dunia

Mitos Fakta Virus Corona, Penyebab Pneumonia yang Hebohkan Dunia

Mitos Fakta Virus Corona, Penyebab Pneumonia yang Hebohkan DuniaTEMPO.CO, Jakarta - Virus corona sedang menjadi perbincangan setelah menyebabkan pneumonia di Cina. Setidaknya, sebanyak 40 orang terdiagnosa masalah kesehatan ini dan satu di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Walaupun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum bisa memastikan apakah virus tersebut bisa menyebar atau tidak, masyarakat pun wajib waspada. Sayangnya, masih banyak informasi yang salah terkait virus corona penyebab pneumonia ini. Agar tidak salah langkah, situs Arab News dan Rappler pun meluruskan beberapa di antaranya.

Mitos pertama: Virus corona bisa disembuhkan dengan vaksinasi

Fakta: Banyak orang percaya tentang hal ini. Namun, berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tidak ada obat maupun vaksinasi yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan virus corona karena sebenarnya pneumonia akibat virus corona hanya bisa disembuhkan oleh diri sendiri (self-recovery). Sebagai bentuk pencegahan saja, vaksinasi baru berguna.

Mitos kedua: Tidak dibolehkan untuk mengunjungi negara yang sedang outbreak

Fakta: Sebenarnya, tidak ada peraturan yang melarang seseorang untuk mengunjungi negara yang sedang terkena wabah. Misalnya, sekarang sedang heboh pneumonia akibat virus corona di Cina sehingga orang tidak boleh ke sana. Hal ini tidak benar karena siapa pun bisa ke sana, namun dengan catatan lebih berhati-hati agar tidak mengidap penyakit serupa.

Mitos ketiga: Pneumonia akibat virus corona tidak akan menimbulkan gejala

Fakta: Layaknya pneumonia pada umumnya, gejala tentu akan timbul. Beberapa di antaranya termasuk demam, lemas, batuk kering, dan sesak atau kesulitan bernapas. Sedangkan kondisi tersebut bisa semakin parah jika pneumonia akibat virus corona terjadi pada orang dengan usia lanjut atau memiliki penyakit penyerta lain.

Mitos keempat: Semua binatang bisa membawa virus corona.

Fakta: Menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh tenaga kesehatan, tidak semua binatang bisa membawa virus corona penyebab pneumonia. Secara spesifik, ini rupanya hanya berlaku pada unta dan kelelawar. Siklus hidup penuh virus dan inkubasinya kini masih terus dipelajari, tetapi lebih baik menjauhi hewan-hewan seperti itu secara umum, selalu ada risiko bahwa mereka mungkin membawa mikroorganisme berbahaya.

https://gaya.tempo.co/read/1297995/m...a/full?view=ok

Berdasarkan yg ane baca dari beberapa ahli kedokteran di indonesia...

Tubuh kita bisa menyembuhkan diri sendiri terhadap virus corona family...

So kita cukup waspada dan mencegahnyaemoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh extreme78
Halaman 1 dari 3
Quote:

fakta no 3 gejalanya kan baru timbul setelah masa inkubasi virus
sebelum masa inkubasi virus pasiennya tetap akan terlihat sehat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 4 lainnya memberi reputasi
Bener om analisanya.. ga usah takut kematian, smua sudah dituliskan di garis tangan.. kita hanya perlu waspada dan slalu mnjaga kebersihan.. emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


virus korona yg enih rada beda.. nyamber juga ke orang2 yg sehat.. (ga lagi drop kesehatannya..)
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan extreme78 memberi reputasi
Quote:


Diem diem sebenernya ada Ebola juga di Congo, cuma belom jadi pandemi aja. Dari pertengahan 2018 ampe sekarang masih belom selesai tuh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diamondchest dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


ebola sudah dari kapan taun.. cuma penyebarannya kaga lewat udara.. jadi rada aman..


dan iya.. 70% yg kena ebola almarhum...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jancoksss12 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Cuma siap2 aja gan kalo pandemi lagi kayak dulu. Soalnya masih bertambah terus kasusnya di Congo. Tapi iya sih gak airborne, cuma masalahnya kayak yang agan bilang, 70-90% mampus kalo kena
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jancoksss12 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh doombringer2211
Balasan post doombringer2211
Quote:


lantaran lalu lintas perjalanan antar negara ke Congo sedikit, jadi banyak negara yg tidak terlalu memperhatikannya
indonesia mau travel ban warga congo datang ke indonesia juga percuma, cuma sedikit warga congo dan tetanggaannya tertarik berkunjung ke Indonesia, lantaran sedikit jadi lebih mudah diawasi, ditambah kebanyakan warga afrika yg menjadi korban virus ebola mayoritas miskin mau lakukan perjalanan antar negara hanya sedikit yg mampu

apalagi soal afrika itu seperti black hole nya prioritas perhatian dunia
ada pembantaian di afrika pun beritanya nga bakal sebesar berita di timur tengah, narco di amerika latin dll

profile-picture
profile-picture
profile-picture
stygiant dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Betul gan
Cuma biasa takutnya itu tertualarnya lewat humanitarian gan

Oh iya ane baru baca di Nigeria juga bahaya nih, Lassa fever, tapi belom meledak kayak di coronavirus wuhan
https://m.guardian.ng/news/lassa-fev...o-far-in-2020/
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 0land memberi reputasi
Diubah oleh doombringer2211
Lihat 1 balasan
Quote:


tambahan..

Mitos Fakta Virus Corona, Penyebab Pneumonia yang Hebohkan Dunia

logisnya.. dari kemungkinan 1000 kasus tambahan ini.. ane yakin ga semua dari 1000 ini asalnya lagi ngedrop kesehatannya...
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh khayalan
Quote:


kita waiting perkembangannya breemoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan khayalan memberi reputasi
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh khayalan
Balasan post doombringer2211
Quote:


setau gw ebola virus outbreak terbaru sudah terjadi lama dan sudah menyebar di beberapa negara afrika
gw sempat lihat berita tetang ebola virus di afrika di mana orang sekarat di tengah-tengah jalan, lalu petugas dengan pakaian masker pelindung lengkap datang langsung menaruhnya di bag mayat tanpa dibawa ke rumah sakit langsung dibawa ke tempat kremasi.

virus ebola setau gw memang cepat masa inkubasinya tapi cepat juga pasien mati setelah muncul tanda-tanda penyakit

profile-picture
profile-picture
profile-picture
jancoksss12 dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iya gan, soalnya Ebola itu nular lewat kontak. Dia memang gak airborne kayak coronavirus, tapi kalo udah kena 70-90% kemungkinan almarhum. Denger2 kalopun sembuh biasanya ada cacat.

Kalo soal inkubasinya bener gan, ebola inkubasinya cepet banget. Makanya kalo udah kena biasa dibiarin mati di tengah jalan biar gak nular ke yang lain. Barang2 si korban juga dibakar buat matiin virusnya. Ebola setau ane emang contagious banget, makanya kalo nanganin korban harus pake safety level tinggi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jancoksss12 dan 3 lainnya memberi reputasi
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
setiap penyakit pasti ada asal muasal nya...

jngn lupa setiap mw makan cuci tangan..
emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
profile-picture
siapika dan khayalan memberi reputasi
Diubah oleh 328745
Lihat 1 balasan
virus yg menyerang manisia krn gaya hidup yg menyimpang,makan hal2 yg diluar kewajaran
profile-picture
gesermeja memberi reputasi
Quote:


buat mantau penyebaran epidemi korona breee...
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
semoga ni virus cepat teratasi lah
biar nggak nyebar lebih luas lagi...
takut juga ane tu, soalnya beritanya sampai heboh gini emoticon-No Hope
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Balasan post 328745
bener banget gan
untuk meminimalisir suatu penyakit, langkat kecilnya ya ini cuci tangan tiap mau makan ato minum
sebuah langkah kecil yang sebenarnya sangat penting tapi banyak yang mengabaikan
profile-picture
328745 memberi reputasi
yang masih jd tanda tanya sama gw sampe skrg

virus corona tipe baru muncul dr unta dan kelelawar, masalahnya unta itu udah dimakan bangsa Arab dari zaman nabi alias dari ratusan tahun yg lalu sedangkan kelelawar biasa dikonsumsi disalah satu daerah di indonesia

trus kenapa tuh virus tiba2 muncul skrg? ada rekayasa genetik kah?
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di